Apa Saja Tips Transfer Beda Bank? Cari Tahu Di Sini!

Atia Nadira
|
June 28, 2021

Pusing dengan biaya transfer yang selalu dikenakan setiap kali melakukan transfer beda bank? Wajar saja karena pengeluaran kamu bisa membengkak akibat sering transfer antar bank.

Coba bayangkan, jika transfer beda bank dilakukan secara berulang kali, kamu pasti akan mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk membayar biaya transfer antar bank. Kamu pasti nggak mau hal tersebut terjadi, kan?

Nah, selain memerhatikan biaya transfer antar bank, ada beberapa hal yang perlu kamu cermati tentang kegiatan transfer beda bank. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu dapat menghindari hal-hal yang merugikan kamu saat bertransaksi.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang nggak diinginkan, OY! punya beberapa tips transfer beda bank nih buat kamu. Penasaran apa saja tipsnya? Baca selengkapnya di artikel OY! berikut ini, ya!

Kenal Lebih Lanjut tentang Transfer Beda Bank

Transfer Beda Bank

Kegiatan transfer beda bank telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat di era digital. Faktanya, masyarakat kini banyak yang sudah bergantung pada kegiatan transfer beda bank secara online untuk melakukan segala macam transaksi.

Keperluan untuk melakukan transfer beda bank yang kian meningkat karena hampir seluruh transaksi yang dilakukan, mulai dari bayar tagihan bulanan hingga bayar belanjaan online, merupakan jenis transfer beda bank. Jadi, kamu nggak boleh menyepelekan karena transfer beda bank bisa bikin kamu boros jika sering dilakukan.

Mari kita ambil dua contoh kasus. Anggap saja kamu merupakan orang yang sering banget belanja online. Kamu tentu akan transfer uang ke rekening penjual untuk membayar belanjaan kamu. Apabila rekening penjual berasal dari bank yang berbeda, kamu harus membayar biaya admin yang umumnya sebesar Rp6.500 untuk satu kali transaksi.

Selanjutnya, kamu memiliki 2 rekening bank. Di dalam rekening bank A, uang kamu sisa Rp50.000, sedangkan di rekening B masih sisa Rp30.000. Tiba-tiba saja kamu perlu transfer uang dari rekening A ke rekening B untuk keperluan penting, otomatis kamu harus bayar biaya admin walaupun kedua rekening tersebut merupakan rekening kamu sendiri.

Bisa lihat kan betapa ruginya kamu jika sering transfer beda bank? Untuk mencegah hal ini agar nggak terjadi secara rutin, kamu perlu menerapkan beberapa tips dalam melakukan transaksi antar bank.

Mau tahu apa saja tips transfer beda bank? Tenang, OY! telah merangkum tips-tipsnya di bawah ini. Simak terus, ya!

3 Tips Transfer Beda Bank yang Wajib Kamu Ketahui

Agar kamu bisa mengubah kebiasaan kamu dalam melakukan transfer beda bank, kamu tentu harus menerapkan beberapa tips yang mampu mengarahkan kamu. Berikut 3 tips transfer beda bank yang wajib kamu ketahui.

1. Pahami Cara Transfer Beda Bank dengan Teliti

Tips Transfer Antar Bank

Yakin sudah memahami cara transfer beda bank secara keseluruhan? Pastikan kamu nggak keliru dalam melakukan transfer beda bank ya! 

Jangan salah, jika kamu melakukan kesalahan saat transfer uang antar bank, akibatnya bisa fatal dan bahkan merugikan loh. Kamu pasti nggak mau mengalami kegagalan dan kekeliruan dalam melakukan transfer beda bank, kan?

Sebelum melakukan transfer beda bank, kamu harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu secara teliti. Hal-hal yang perlu diperhatikan meliputi nama pemilik rekening tujuan, nomor rekening tujuan, bank tujuan, dan jumlah uang yang ingin ditransfer.

2. Cari Tahu Jumlah Biaya Transfer dan Limit Transfer Beda Bank yang Dikenakan

Tips Transfer Antar Bank

Seperti yang sudah diterangkan di atas, biaya transfer antar bank berlaku bagi kamu yang ingin transfer beda bank. Alhasil, kamu harus tahu tentang jumlah biaya admin yang akan dikenakan untuk layanan transfer beda bank sebelum melakukan transaksi.

Kamu bisa cari tahu dengan melakukan riset tentang biaya transfer antar bank yang dikenakan oleh beberapa bank yang ada di Indonesia. Selain biaya transfer antar bank, kamu juga bisa cari tahu tentang limit transfer sebagai patokan jumlah uang yang dapat ditransfer.

Jangan khawatir, kami punya beberapa referensi yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui biaya transfer antar bank dari beberapa bank nih. Kamu bisa langsung klik tautan di bawah ini untuk menelusuri lebih lanjut.

Biaya Transfer Antar Bank dan Limit Transfer BRI

Biaya Transfer Antar Bank dan Limit Transfer PermataBank

Biaya Transfer Antar Bank dan Limit Transfer Bank Mandiri

Biaya Transfer Antar Bank dan Limit Transfer Jenius

Biaya Transfer Antar Bank dan Limit Transfer Bank DBS

Biaya Transfer Antar Bank BCA

Biaya Transfer Antar Bank BNI

Biaya Transfer Antar Bank ATM Bersama

3. Bandingkan Alternatif Lain 

Tips selanjutnya adalah membandingkan alternatif metode transfer antar bank yang tersedia. Kini, kamu sudah nggak perlu lagi pergi ke bank untuk melakukan transaksi antar bank karena ada banyak alternatif lain sebagai hasil dari perkembangan teknologi.

Banyak opsi yang bisa kamu pilih untuk melakukan transfer beda bank, mulai dari layanan langsung dari bank, pemanfaatan mobile banking, hingga penggunaan aplikasi transfer online. Dari ketiga contoh metode transfer beda bank tersebut, aplikasi transfer online merupakan metode yang paling menguntungkan. Mengapa demikian?

Aplikasi transfer online dapat diunduh secara gratis di smartphone kamu, seperti halnya mobile banking. Namun, perbedaannya adalah penggunaan mobile banking mengharuskan kamu untuk mengurus dan mengaktivasi akun mobile banking kamu di bank secara langsung, sedangkan aplikasi transfer online nggak mewajibkan penggunanya melakukan hal tersebut.

Di samping itu, aplikasi transfer online memungkinkan kamu untuk bertransaksi di mana saja dan kapan saja. Hal ini tentu berbeda dengan layanan bank. Pada umumnya, kamu harus mengunjungi bank secara fisik untuk mendapatkan layanan dari bank selama jam operasional bank.

Sekian tips transfer beda bank yang wajib kamu ketahui ketika hendak melakukan transaksi antar bank. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk kedepannya, ya!

Selain tips transfer beda bank, kami punya rekomendasi buat kamu yang bingung mau pilih metode transfer beda bank yang mana. Untuk segala transaksi antar bank, kamu bisa pakai fitur OY! Plus yang penuh dengan keuntungan dan kenyamanan dalam bertransaksi. 

Apa itu OY! Plus? Cermati ulasannya di bawah ini.

Ingin Memperoleh Keuntungan Saat Transfer Beda Bank? Pakai OY! Plus Saja!

Transfer Antar Bank Gratis Lewat OY! Plus

Siapa sih yang nggak kesal kalau harus bayar biaya admin yang mahal? Kira-kira apa solusi hemat untuk transaksi antar bank?

Solusinya adalah fitur OY! Plus. OY! Plus adalah fitur transfer antar bank gratis yang tersedia di aplikasi OY! Indonesia.

Dengan menggunakan OY! Plus, kamu bisa transfer ke bank mana pun secara gratis! Adapun paket berlangganan OY! Plus yang cocok banget buat kamu yang sering transfer antar bank dengan nominal yang besar.

Bagaimana cara menggunakan OY! Plus? Ketahui caranya di tautan ini.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera unduh aplikasi OY! Indonesia agar bisa menggunakan fitur OY! Plus dan fitur-fitur menguntungkan lainnya. Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023