Inilah Biaya Transfer via Jaringan ATM Bersama, Catat Ya!

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Kini, berbagai layanan perbankan telah menyediakan metode transaksi keuangan yang lebih variatif dan inovatif dari sebelumnya. Proses pengiriman uang menjadi lebih mudah dan nggak rumit seperti dulu lagi, apalagi saat ingin transfer uang ke bank lain. Nah, tahukah kamu kalau ada jaringan ATM di Indonesia yang melayani koneksi antar bank?

Jaringan ATM yang dimaksud di sini adalah jaringan ATM Bersama. Jadi, ATM Bersama merupakan gabungan dari beberapa bank di Indonesia yang telah terjalin suatu koneksi untuk layanan keuangan antar bank.

Jika berbicara tentang transaksi antar bank, jaringan ATM Bersama juga akan mengenakan biaya transfer atau biaya admin bagi para penggunanya setiap kali bertransaksi. Kira-kira berapa ya biaya transfer antar bank melalui jaringan ATM Bersama? Simak terus artikel berikut ini!

ATM Bersama

ATM Bersama

ATM Bersama merupakan salah satu jaringan ATM yang didirikan pada 1993 dan hingga kini telah menggabungkan 21 bank yang ada di Indonesia. Secara keseluruhan, ATM ini telah memiliki 70 anggota dan sekitar 17.000 mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Jaringan ATM Bersama dimiliki oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronik.

Fasilitas yang ditawarkan oleh ATM Bersama berupa pelayanan koneksi interbank, yaitu koneksi antar bank yang memungkinkan kamu untuk mengakses layanan berupa cek saldo, penarikan uang tunai, serta online transfer antar bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, hanya pada satu mesin ATM.

Bank-bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama meliputi Bank Bukopin, HSBC Bank, Commonwealth Bank, Bank Muamalat, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri,  CIMB Niaga, UOB Indonesia, Citibank, Bank daerah (Bank DKI, Bank Jatim, Bank Kalbar, dll.), dan masih banyak lagi.

Jaringan ATM Bersama mengenakan biaya transfer bagi para nasabahnya karena proses transaksi yang dilayani adalah transaksi antar bank. Ingin tahu berapa biaya transfer jaringan ATM Bersama? Simak ulasannya di bawah ini.

Biaya Transfer Jaringan ATM Bersama

Biaya Transfer Jaringan ATM Bersama

Untuk menggunakan layanan ATM Bersama ini tentunya kamu akan dikenai biaya, jumlah biaya yang dikenakan pun juga beragam tergantung pada kebijakan pihak bank. Namun umumnya biaya yang ditetapkan di ATM Bersama terhitung rendah jika dibandingkan dengan layanan di jaringan internasional seperti Cirrus, Mastercard, atau VISA. 

Berdasarkan situs web resmi ATM Bersama, berikut daftar biaya per transaksi melalui jaringan ATM Bersama.

Transfer Antar Bank Melalui Jaringan ATM Bersama

Transfer Antar Bank Lewat ATM Bersama

Pengiriman uang ke rekening bank lain di seluruh Indonesia melalui jaringan ATM Bersama tentunya bisa kamu lakukan dengan syarat harus membayar biaya transfer yang telah ditentukan.

Contohnya, saat kamu ingin transfer untuk membayar belanjaan online kamu atau membayar uang pendidikan, kamu memerlukan kode bank sebagai alamat bank yang ingin kamu tuju. Untuk melihat kode bank yang kamu tuju, kamu bisa menekan menu daftar kode bank di mesin ATM, atau melalui tautan ini.

Nah, sudah jelas kan mengenai tarif atau biaya admin yang akan dikenakan saat melakukan berbagai jenis transaksi melalui jaringan ATM Bersama? Semua jenis transaksi memiliki biaya adminnya masing-masing.

Transfer antar bank melalui ATM Bersama memang bisa dilakukan ke berbagai bank karena ATM Bersama bergabung dengan banyak bank di seluruh Indonesia. Namun sayangnya masih dikenakan biaya transfer antar bank yang bahkan lebih mahal daripada biaya transfer antar bank pada umumnya, yaitu Rp7.500.

Sekiranya ada layanan transfer antar bank yang nggak mengenakan biaya transfer antar bank, kamu pasti mau pakai layanan tersebut, kan? Kebetulan nih, OY! Indonesia punya layanan transfer antar bank secara gratis loh!

Transfer Antar Bank Gratis Lewat OY! Indonesia

Melalui OY! Indonesia, kamu nggak perlu khawatir lagi dengan biaya transfer atau biaya admin, apalagi kalau kamu harus melakukan transaksi berkali-kali. Dengan mengunduh aplikasi OY! Indonesia di gadget kamu, kamu langsung bisa menikmati keuntungan ini!


Tunggu apa lagi? Download aplikasi OY! Indonesia sekarang! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023