5 Tips Usaha UMKM Tetap Eksis dan Bertahan Lama

Atia Tobing
|
December 8, 2021

5 Tips Usaha UMKM Tetap Eksis dan Bertahan Lama - Dunia bisnis tak pernah lepas dari persaingan ketat. Kompetitor bisnis kian bermunculan sehingga kamu harus bisa mengatur dan mengelola bisnis kamu dengan baik agar dapat bertahan lama.

Sebagai seorang pengusaha, kamu pasti berharap bisnis kamu dapat bertahan lama dan selalu berkembang, kan? Apalagi kalau usaha yang kamu miliki adalah usaha UMKM. Kamu perlu menyusun strategi yang tepat agar bisa menyaingi segala jenis bisnis, baik dengan sesama UMKM maupun bisnis korporasi seperti perusahaan besar.

Untuk mempertahankan bisnis kamu, penerapan sejumlah tips dapat kamu lakukan. Apa saja tips usaha UMKM agar tetap eksis dan bertahan lama? Pelajari selengkapnya pada artikel OY! berikut ini!

Usaha UMKM Tetap Eksis dan Bertahan Lama: Bagaimana Caranya?

Mempertahankan suatu bisnis agar tidak kalah saing dengan kompetitor merupakan salah satu tantangan terbesar para pemilik usaha, terutama usaha UMKM. Walaupun demikian, setiap pemilik usaha UMKM mampu membuat usahanya tetap eksis di kalangan masyarakat jika diiringi dengan penerapan strategi yang efektif.

Penyusunan strategi tentu bukanlah hal yang mudah. Namun, apabila kamu telah menemukan strategi yang tepat, kamu bisa berhasil mempertahankan eksistensi usaha UMKM kamu dan bahkan unggul di pasar.

Lantas, apa strategi yang cocok untuk mengupayakan usaha UMKM agar tetap eksis dan bertahan lama? Tanpa harus bingung, ikuti saja 5 tips yang telah kami siapkan untuk kamu pada ulasan di bawah ini. Simak terus, ya!

Tips Usaha UMKM Tetap Eksis dan Bertahan Lama

Jika kamu ingin usaha UMKM kamu maju dan dikenal banyak orang, kamu bisa mulai dengan mengembangkan strategi bisnis yang kini kamu terapkan dengan cara mengikuti beberapa tips. Berikut tips-tips yang bisa kamu terapkan agar usaha UMKM kamu tetap eksis dan bertahan lama.

Menyusun Perencanaan Bisnis yang Jelas

usaha umkm

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mempertahankan usaha UMKM kamu adalah menyusun perencanaan bisnis yang jelas. Umumnya, bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki perencanaan yang jelas dan strategi yang matang. 

Jika suatu usaha UMKM tidak memiliki perencanaan, pastinya usaha tersebut tidak akan berjalan mulus dan bertahan lama. Oleh karena itu, susun perencanaan bisnis berisi target-target yang ingin dicapai, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Jadikan perencanaan bisnis ini sebagai panduan dalam berbisnis!

Memiliki Sifat Kreatif dan Inovatif

usaha umkm

Semua pemilik usaha UMKM wajib memiliki 2 sifat apabila ingin bisnisnya tetap eksis, yaitu kreatif dan inovatif. Kedua sifat tidak hanya penting saat merancang atau menciptakan produk yang kamu jual, tetapi juga ketika melayani pelanggan, memasarkan produk, dan lain sebagainya!

Nah, sebagai seorang pemula, kamu dapat mulai berinovasi dan memanfaatkan kreativitas yang kamu punya dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil yang merugikan usaha UMKM kamu. Perhatikan dan atasi kelemahan bisnismu, kemudian pikirkan sebuah inovasi yang bisa menjadi solusi dari kelemahan tersebut. 

Menganalisis dan Belajar dari Kompetitor

usaha umkm

Tips selanjutnya adalah menganalisis dan belajar dari kompetitor usaha UMKM kamu. Jangan salah, mempelajari kompetitor bisa bikin usaha kamu semakin jaya dan dikenal oleh masyarakat, loh!

Pelajari hal yang menjadi kelemahan dari kompetitor agar kamu bisa mencegah kelemahan tersebut terjadi dalam usaha UMKM kamu. Ikuti berbagai strategi kompetitor yang terbukti berhasil membuat bisnis unggul. 

Perlu diketahui bahwa kamu harus melakukan analisis kompetitor secara berkala karena strategi bisnis akan terus berubah dari waktu ke waktu. Jangan menyerah, ya!

Mengikuti Perkembangan Pasar

usaha umkm

Kunci utama dari usaha UMKM yang mampu bertahan lama adalah mengikuti perkembangan pasar. Pengetahuan akan kebutuhan konsumen yang terus berubah harus kamu miliki. Setelah itu, kamu juga harus bisa beradaptasi terhadap perubahan tersebut.

Lakukan riset dan survei langsung terhadap perkembangan pasar yang terjadi. Apabila kamu tidak mengikuti perkembangan pasar, usaha UMKM kamu akan ketinggalan zaman dan tidak up-to-date dengan tren bisnis. Alhasil, kemungkinan besar calon pelanggan akan beralih pada kompetitor yang selalu mengikuti perkembangan pasar.

Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan

usaha umkm

Poin terakhir ini tidak boleh diabaikan! Agar bisa bertahan lama, usaha UMKM harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Hal ini dapat memicu kesetiaan pelanggan terhadap bisnismu sehingga usaha UMKM kamu dapat berkembang dan bertahan lama. 

Karakter pelanggan tentunya berbeda-beda, bahkan ada juga yang sifatnya kurang kooperatif. Sikapilah pelanggan tersebut dengan bijak dan jangan melakukan hal-hal yang akan merugikan bisnismu, seperti membuat pelanggan kecewa atas pelayanan yang kamu berikan.

Pelanggan yang memiliki pengalaman memuaskan dengan pelayanan usaha UMKM kamu cenderung akan berpikir untuk melakukan repeat order (memesan kembali) atau merekomendasikannya kepada orang lain. Lalu, kamu juga bisa memberi hadiah atau diskon sebagai tanda terima kasih atas kesetiaannya.

Begitulah tips agar usaha UMKM tetap eksis dan bertahan lama versi OY! Indonesia. Semoga berhasil, ya!

Nah, berhubung kita baru saja membahas tentang memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, ada satu bentuk pelayanan yang perlu kamu pertimbangkan nih. Usaha UMKM kamu perlu menyediakan metode pembayaran yang mudah, cepat, dan menguntungkan tidak hanya bagi pelanggan tetapi juga kamu sebagai penjual.

Apakah ada metode pembayaran seperti itu? Tentu saja! 

Pakai saja Reusable Payment Link dari OY! Bisnis. Ketahui lebih lanjut tentang Reusable Payment Link pada ulasan berikut ini!

Tingkatkan Kualitas Sistem Pembayaran Bisnis dengan Reusable Payment Link dari OY! Bisnis

usaha umkm


OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis, termasuk usaha UMKM. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk memudahkan segala proses pembayaran, OY! Bisnis memiliki produk OY! Payment Link yang dapat membantu kamu dalam mengatur kanal pembayaran bisnis secara efektif. 

OY! Payment Link kini memiliki satu fitur baru untuk memudahkan kamu dalam membuat tautan pembayaran. Fitur tersebut adalah Reusable Payment Link.

Apabila kamu ingin menggali informasi mengenai UMKM Indonesia dan mencari tahu bagaimana OY! Bisnis dapat membantu usaha UMKM berkembang di era digital dan selama pandemi berlangsung, jangan khawatir! Kamu bisa telusuri informasinya di sini.

Fitur baru ini memungkinkan kamu untuk membuat tautan pembayaran yang dapat digunakan untuk lebih dari satu transaksi pembayaran. Tautan pembayaran ini dapat digunakan secara terus menerus tanpa batas waktu!


Tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur Reusable Payment Link dan fitur-fitur OY! Bisnis lainnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang