Strategi UMKM yang Baru Berkembang agar Lebih Dikenal

Luthfa
|
November 18, 2021

Strategi UMKM yang Baru Berkembang - Baru merintis bisnis UMKM tapi takut kalah saing dengan produk lain? Untuk bersaing di tengah gempuran bisnis UMKM memang tidak mudah, apalagi jika produk yang kamu jual terbilang umum di pasaran.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir. Selama kamu bisa konsisten dalam menjaga kualitas produk serta memiliki teknik pemasaran yang baik, kamu pasti dapat bersaing dengan kompetitor yang produknya lebih dulu dikenal masyarakat.

Lantas, cara seperti apa yang bisa dilakukan guna membuat UMKM berkembang? Berikut strategi UMKM untuk membuat bisnis UMKM kamu jadi lebih dikenal pasar.

Strategi UMKM agar Lebih Dikenal Masyarakat

strategi UMKM

Saat menjalani bisnis, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Apalagi kalau kamu tergolong baru di bidang ini sehingga dibutuhkan banyak informasi agar usaha UMKM kamu dapat bertahan dan berkembang pesat.

Bagi kamu yang baru menjalani bisnis dan menginginkan usaha kamu lebih dikenal pasar, berikut kami berikan strategi UMKM yang bisa dilakukan.

Jual produk yang diminati konsumen

strategi UMKM

Strategi UMKM yang pertama adalah dengan menjual produk yang diminati konsumen. Untuk membuat produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar, kamu harus mengikuti tren yang berkembang.

Lakukan riset terlebih dahulu dan cari produk serupa agar kamu bisa mengamati kekurangan dan kelebihan produkmu. Setelah itu, lihat peluangnya dan buatlah inovasi produk yang sekelas dengan produk yang beredar di pasar global.  

Tentukan harga yang masuk akal

strategi UMKM

Selanjutnya, tentukan harga yang masuk akal dan pastinya terjangkau. Strategi UMKM satu ini memang cukup tricky karena kamu harus benar-benar menentukan harga yang bisa masuk ke semua kalangan. Jangan sampai terlalu mahal atau sebaliknya.

Ketika menentukan harga, hitunglah biaya produksinya ditambah 30 persen keuntungan. Cek juga harga kompetitor agar kamu bisa menentukan harga yang lebih murah tapi dengan kualitas yang sama.

Lakukan endorsement

strategi UMKM

Strategi UMKM satu ini mungkin jadi salah satu yang memiliki dampak paling besar terhadap usaha UMKM kamu sekarang. Bagaimana tidak, endorsement jadi strategi marketing yang paling banyak dilakukan oleh pemilik usaha UMKM.

Banyak dari pelaku UMKM yang mengendorse selebgram maupun artis di media sosial. Dengan endorsement, kamu tidak hanya mendapatkan exposure atas brand kamu saat ini tapi juga peluang untuk meningkatkan penjualan. 

Meski begitu diperlukan budget lebih agar kamu bisa mengendorse selebgram atau public figure. Selain itu, pastikan selebgram atau artis yang mau kamu endorse sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Buat promo yang menarik

strategi UMKM

Buatlah promo semenarik mungkin agar semakin banyak orang yang mengenal produk kamu. Strategi UMKM yang mengharuskan kamu untuk berpikir kreatif ini dapat berupa potongan harga, kupon hadiah, cashback, dan lain sebagainya. Lakukan promo di momen-momen penting, seperti Harbolnas, Lebaran Idul Fitri, Hari Raya Natal dan tahun baru, atau momen penting lainnya.

Manfaatkan iklan di media sosial

Strategi UMKM

strategi UMKM

Jika punya budget lebih, tak ada salahnya untuk memasang iklan di media sosial. Terlebih saat ini, hampir semua jejaring media sosial memiliki fasilitas Ads. Tentunya ini adalah strategi UMKM yang paling tepat guna menjangkau lebih banyak pelanggan.

Tingkatkan Penjualan Usaha UMKM dengan OY! Bisnis

Menggunakan OY! Bisnis adalah salah satu strategi UMKM yang bisa kamu lakukan jika ingin usaha UMKM kamu lebih dikenal publik. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, strategi UMKM ini cukup menjanjikan bukan? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023