5 Strategi UMKM di Era Digital yang Harus Kamu Terapkan

Atia Tobing
|
November 10, 2021

Strategi UMKM - Pesatnya perkembangan teknologi di era digital telah membuat semua kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat menjadi serba online dan instan. Alhasil, berbagai jenis bisnis harus berlomba-lomba agar bisa dilirik oleh calon pelanggan, khususnya UMKM.

Para pemilik bisnis kecil atau rumahan yang tergolong UMKM wajib merencanakan strategi UMKM secara matang untuk memajukan bisnis. Perlu diingat bahwa persaingan bisnis kini makin ketat sehingga harus lebih cermat dalam mengelola dan memasarkan bisnis.

Untuk itu, mari kita bahas 5 strategi UMKM di era digital yang harus kamu terapkan!

Era Digital: Waktu Cepat, Strategi UMKM Tepat

strategi umkm


Era digital merupakan era yang penuh dengan perubahan, misalnya cara berkomunikasi dan cara bertransaksi. Kehadiran internet telah memacu masyarakat untuk memilih metode yang serba cepat, efisien, dan mudah. Hal ini patut dipertimbangkan dalam strategi UMKM.

Di era yang serba cepat ini, para pebisnis UMKM harus bertindak cepat pula agar mampu unggul ketika bersaing dengan kompetitor, mulai dari sesama UMKM hingga korporasi. Penyusunan strategi UMKM tentu akan selalu mengikuti segala tren dan perkembangan yang ada sehingga pebisnis harus selalu tanggap terhadap perubahan.

Nah, apa saja strategi UMKM di era digital? Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

5 Strategi UMKM di Era Digital

Jika kamu merupakan seorang pemilik UMKM, kamu harus menemukan strategi yang tepat agar bisnismu dapat berkembang dengan baik. Berikut 5 strategi UMKM di era digital yang harus kamu terapkan!

Pertimbangkan Produk yang Ingin Dijual

strategi umkm


Setiap pelaku UMKM harus memiliki sifat yang inovatif dan kreatif ketika hendak memilih produk yang akan dijual. Mengapa demikian?

Sebagai contoh, apabila bisnis UMKM yang kamu miliki bergerak di bidang kuliner, jangan hanya menawarkan sejumlah jenis makanan atau minuman saja. Kembangkan menu dalam bisnismu secara berkala dengan mengikuti tren kuliner kekinian yang sedang menjadi perbincangan di media sosial. Upaya ini merupakan salah satu strategi UMKM yang bisa kamu terapkan di era digital.

Tentukan Unique Value Proposition

strategi umkm


Selanjutnya, strategi UMKM yang bisa kamu lakukan adalah menentukan unique value proposition (UVP). Apa yang dimaksud dengan UVP?

Unique value proposition atau proposisi nilai unik adalah nilai unik yang diciptakan oleh perusahaan untuk para target konsumen. Dalam bisnis UMKM, keberadaan unique value proposition sangat penting karena komponen ini berfungsi sebagai pernyataan yang menunjukkan alasan kenapa konsumen harus membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. 

Jika unique value proposition yang kamu buat terkesan meyakinkan, konsumen akan percaya bahwa produk atau jasa kamu memiliki keunggulan tersendiri dan dapat menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan mereka. Pada akhirnya, kamu akan mengubah calon konsumen menjadi konsumen sesungguhnya.

Target Pasar: “Ubah” Calon Konsumen Menjadi Konsumen

strategi umkm


Setelah berhasil menentukan UVP, strategi UMKM berikutnya adalah “mengubah” calon konsumen menjadi konsumen. Bagaimana caranya?

Caranya adalah menganalisis target pasar yang cocok dengan bisnis UMKM yang sedang kamu jalani. Mulailah dengan menentukan siapa target pasar kamu berdasarkan beberapa segmentasi, misalnya geografi, demografi, dan gaya hidup. 

Setelah berhasil menentukan siapa konsumenmu, cari tahu kebutuhan mereka. Lakukan riset dengan mengikuti bazar, webinar, atau kegiatan lainnya yang mampu membantu kamu dalam mengetahui kebutuhan konsumen.

Tingkatkan Performa Pemasaran Online

strategi umkm

Poin ini merupakan strategi UMKM yang tidak boleh kamu abaikan. Strategi UMKM di era digital tentunya tidak akan efektif apabila tidak ada strategi pemasaran yang optimal, terutama pemasaran secara online atau online marketing.

Bayangkan saja, pasti akan percuma jika produk atau jasa dalam bisnismu bagus namun tidak dipromosikan dengan baik. Oleh karena itu, pastikan kamu mempelajari dan menguasai ilmu-ilmu online marketing serta mulai menentukan strategi pemasaran yang ingin kamu terapkan.

Apabila kamu merupakan seorang pemula, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah digitalisasi UMKM. Bisnis UMKM wajib untuk go online karena bisnis offline tidak cukup untuk mengembangkan bisnis di era digital seperti sekarang.

Itulah strategi UMKM di era digital yang harus kamu terapkan agar bisnis yang kamu miliki bisa berkembang dan bertahan. Semoga bermanfaat, ya!

Untuk mengoptimalkan proses penyusunan strategi UMKM di era digital, kamu harus menyediakan metode pembayaran yang variatif untuk pelanggan kamu, termasuk e-Wallet. Nah, ada fitur yang cocok buat kamu nih: OY! E-Wallet.

Gunakan OY! E-Wallet dari OY! Bisnis untuk Mempermudah Proses Pembayaran Bisnis

strategi umkm

OY! Bisnis menghadirkan berbagai produk yang dapat meningkatkan performa pembayaran bisnis dan mendukung strategi UMKM di era digital. Terima pembayaran dari pelanggan secara mudah dan efisien dengan menggunakan salah satu fitur unggulan OY! Bisnis, yaitu OY! E-Wallet. 

OY! E-Wallet adalah produk yang menyediakan berbagai macam e-Wallet untuk menerima pembayaran bisnis UMKM secara online. Dengan produk ini, kamu bisa menerima pembayaran hanya dari satu dashboard serta memberikan pelanggan kebebasan dalam memilih metode pembayaran. 

Segera daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis untuk mendukung strategi UMKM di era digital dengan menyediakan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi kepada pelanggan!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang