Cara Efektif Mengembangkan Usaha UMKM

Atia Tobing
|
November 5, 2021

Usaha UMKM telah menjadi peluang usaha yang diincar oleh masyarakat, mengingat banyaknya pengusaha UMKM yang sukses. Jangan salah, kamu juga bisa membangun dan mengembangkan usaha UMKM hingga menjadi usaha yang sukses dan laris, loh.

Mengembangkan usaha UMKM perlu diiringi dengan strategi yang tepat karena tidak sedikit jumlah UMKM di Indonesia yang berdiri namun tidak berkembang. Pada kasus tertentu, banyak pemilik UMKM yang mengalami kerugian besar sehingga mengharuskan mereka untuk gulung tikar. Kamu tentunya tidak ingin hal ini terjadi pada bisnismu, kan?

Untuk itu, mari kita bahas beberapa cara efektif yang mampu membantu kamu dalam mengembangkan usaha UMKM. Simak selengkapnya di artikel OY! berikut ini, ya!

Pentingnya Menyusun Strategi yang Tepat untuk Mengembangkan Usaha UMKM

usaha umkm


Pentingnya melakukan penyusunan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha UMKM sudah bukan lagi hal yang perlu diragukan. Suatu bisnis tentu harus mencari cara agar bisa lebih unggul daripada bisnis lain.

Semua pemilik bisnis pasti awalnya mulai dari nol. Oleh sebab itu, terapkan strategi yang realistis dan mulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu.

Nah, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah menerapkan beberapa cara yang telah OY! sediakan untuk kamu. Ketahui caranya pada ulasan di bawah ini!

5 Cara Efektif Mengembangkan Usaha UMKM

Jika kamu ingin mengembangkan suatu bisnis UMKM, kamu harus menentukan cara yang tepat agar usahamu bisa berkembang dan bertahan lama. Ikuti 5 cara efektif mengembangkan usaha UMKM di bawah ini!

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan (Customer Service)

usaha umkm


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan atau customer service. Perlu diingat bahwa sebagus apa pun produk atau jasa yang kamu tawarkan, tidak akan ada artinya apabila mutu pelayanan yang kamu terapkan buruk.

Sebagai contoh, salah satu bentuk pelayanan yang baik adalah sikapmu saat menerima kritik dan saran dari pelanggan dengan lapang dada. Kamu harus merespon mereka dengan baik dan memperbaiki hal-hal yang sekiranya mengecewakan pelanggan. Hal ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan usaha UMKM kamu.

Melakukan Survey Tempat Strategis

usaha umkm

Apabila kamu ingin mengembangkan usaha UMKM, cara efektif yang bisa kamu terapkan adalah membuka cabang baru di lokasi yang strategis. Seorang pengusaha disarankan tidak boleh memiliki sifat yang mudah puas dan harus selalu berusaha untuk mencoba hal baru hal baru, seperti membangun bisnis di lokasi yang berpotensi menghasilkan penjualan yang tinggi. 

Untuk mendapatkan lokasi strategis, lakukan survey atau observasi ke berbagai tempat yang memiliki target pasar. Cari tahu apakah tempat tersebut cocok untuk usaha UMKM kamu.

Selanjutnya, susun sejumlah pertanyaan yang mendukung riset pasar kamu, misalnya berapa banyak orang yang kemungkinan akan membeli produk atau memakai jasa dari bisnis kamu di tempat tersebut. Data survey ini bisa dikumpulkan dan menjadi bahan pertimbangan sebelum membuka usaha di lokasi strategis.

Memanfaatkan E-Commerce

usaha umkm

Tidak bisa dimungkiri bahwa era digital telah mengubah cara belanja masyarakat.  Kini, masyarakat lebih memilih untuk berbelanja secara online melalui e-Commerce karena prosesnya cenderung lebih mudah dan praktis. Nah, jika kamu ingin mengembangkan usaha UMKM, kamu harus mulai berjualan via e-Commerce!

Pastikan untuk memanfaatkan beberapa situs e-Commerce untuk menjual produk atau jasa kamu sekaligus memperluas area pasar target. Untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat, manfaatkan fitur yang ditawarkan oleh platform e-Commerce tersebut agar proses penjualan dapat berjalan dengan lancar. 

Mengikuti Perkembangan Teknologi dalam Bisnis

usaha umkm


Perkembangan teknologi telah mempengaruhi berbagai hal, mulai dari kehidupan masyarakat hingga dunia bisnis. Dengan mengikuti perkembangan teknologi, kamu bisa mengembangkan usaha UMKM baik dalam segi administrasi, transaksi, komunikasi, maupun penjualan. 

Maka dari itu, biasakan membaca artikel tentang teknologi yang berkaitan dengan bisnis. Hal ini penting karena memiliki pengetahuan tentang teknologi dalam bisnis mampu menjadi nilai plus dan keunggulan kamu dari para kompetitor.

Menerapkan Sistem Keuangan Digital

usaha umkm

Terakhir, cara efektif yang bisa kamu lakukan adalah menerapkan sistem keuangan digital. Kehadiran teknologi yang canggih bisa dijadikan sebagai peluang kamu untuk meningkatkan performa pembayaran usaha UMKM.

Penggunaan sistem keuangan digital dalam suatu bisnis tentu akan memudahkan para pelanggan saat melakukan pembayaran. Alhasil, pelanggan akan mendapat payment experience yang jauh lebih baik dibandingkan pembayaran secara offline.

Berbicara tentang layanan keuangan digital, kita punya rekomendasi yang cocok banget nih buat para pemilik usaha UMKM. Ketika ingin menerima pembayaran dari pelanggan, pakai OY! Virtual Account dari OY! Bisnis saja! 

Yuk, ketahui lebih lanjut tentang OY! Virtual Account!

Terima Pembayaran dengan Mudah via OY! Virtual Account dari OY! Bisnis

usaha umkm

Penggunaan fitur OY! Virtual Account yang dihadirkan oleh OY! Bisnis dapat meningkatkan efisiensi pembayaran usaha UMKM. Kamu bisa menerima pembayaran melalui fitur ini dengan mudah melalui OY! Bisnis.

OY! Bisnis adalah salah satu penyedia layanan finansial terbaik di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi bisnismu. Dengan menggunakan layanan dari OY! Bisnis seperti Virtual Account, efisiensi penerimaan pembayaran dijamin akan lebih optimal!

Mari daftarkan bisnismu di OY! Bisnis sekarang untuk mendapatkan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam mengelola pembayaran usaha UMKM.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023