5 Tips Jualan Online untuk Bisnis UMKM

Atia Tobing
|
December 31, 2021

5 Tips Jualan Online untuk Bisnis UMKM - Di era digital seperti sekarang, berjualan di toko saja tidak cukup untuk mengembangkan bisnis UMKM. Faktanya, hampir seluruh kegiatan masyarakat terlaksana secara online, termasuk kegiatan jual-beli antara penjual dan pelanggan.

Kini, belanja online dinilai praktis, efisien, dan bisa menjadi solusi aman belanja di tengah pandemi COVID-19. Kehadiran toko online telah memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehingga sebagian besar dari mereka cenderung memilih untuk belanja secara daring.

Sebagai seorang pemilik bisnis UMKM, kamu harus mengikuti tren belanja online masyarakat. Caranya adalah dengan berjualan secara online, misalnya melalui platform e-Commerce. Nah, sebelum mulai jualan online, kamu harus tahu caranya terlebih dahulu!

Lantas, bagaimana cara berjualan online dengan baik dan benar? Ikuti tips jualan online untuk bisnis UMKM versi OY! Indonesia berikut ini!

Mengapa Semua Bisnis UMKM Harus Berjualan Online?

Berjualan secara online perlu dilakukan oleh setiap bisnis UMKM. Mengapa demikian?

Mayoritas masyarakat telah mengandalkan teknologi dan internet untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk saat berbelanja. Alhasil, para pelaku bisnis UMKM perlu menyesuaikan kebiasaan masyarakat yang gemar belanja online dengan melakukan digitalisasi atau go online. Untuk mendigitalisasi bisnis, kamu harus mulai berjualan online menggunakan berbagai platform digital, seperti e-commerce, media sosial, dan lain sebagainya.

Pihak pemerintah pun telah menganjurkan para pemilik UMKM untuk mendigitalisasikan bisnis mereka. Pada tahun 2020, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia mengajak para pelaku usaha rumahan untuk beralih ke sistem bisnis online. Hal ini dikarenakan platform digital memiliki banyak manfaat yang mampu memajukan bisnis UMKM, seperti mempromosikan bisnis secara luas (branding dan digital marketing), memudahkan pelanggan dalam mencari produk yang diinginkan, menghemat biaya operasional, dan meningkatkan inovasi produk penjualan.

Sudah jelas kan pentingnya berjualan online di era digital? Untuk itu, kamu juga harus mengembangkan bisnis UMKM kamu dengan mengelola bisnis online!

Nah, sebelum mengembangkan bisnis secara online, para pelaku bisnis UMKM harus mengetahui beberapa tips jualan online agar berhasil unggul di ranah digital. Apa saja tipsnya?

Pelajari tips jualan online versi OY! Indonesia pada ulasan di bawah ini!

Tips Jualan Online untuk Bisnis UMKM

Sebagai seorang pemula, kamu tentunya tidak boleh memulai sesuatu tanpa mengetahui caranya. Usaha tanpa strategi yang tepat pasti akan sia-sia. Begitu pula saat kamu mulai berjualan online!

Berikut 5 tips jualan online untuk bisnis UMKM yang patut kamu terapkan.

Tentukan Target Pasar

bisnis umkm

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan target pasar bisnis UMKM kamu. Bagaimana caranya?

Penentuan target pasar bisa berdasarkan demografi konsumen, umur, perilaku, lokasi geografis, budaya, dan lain-lain. Cari tahu kalangan masyarakat yang kemungkinan akan membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis kamu. Lalu, pastikan penentuan target pasar sudah sesuai dengan kebutuhan pemasaran, ya!

Setelah mengetahui target pasar yang tepat, kamu bisa menyusun strategi pemasaran yang paling cocok untuk bisnis UMKM kamu. Mengetahui target pasar secara spesifik akan memudahkan kamu dalam memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan secara daring!

Susun Strategi Pemasaran Online

bisnis umkm

Selanjutnya, penyusunan strategi pemasaran online wajib kamu lakukan sebelum bertindak. Pemasaran bisnis UMKM tentu tidak akan efektif apabila kamu tidak menerapkan strategi pemasaran online yang tepat.

Coba bayangkan, pasti akan percuma jika produk atau jasa yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang tinggi namun tidak dipromosikan dengan baik. Oleh karena itu, kamu harus mempelajari dan menguasai ilmu-ilmu online marketing serta mulai menentukan strategi pemasaran yang ingin kamu terapkan.

Perlu diketahui bahwa membangun online presence merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengoptimalkan digitalisasi bisnis UMKM. Online presence sendiri dapat diartikan sebagai kehadiran online. Artinya, platform online bisnis kamu (media sosial dan website) mendapatkan perhatian yang lebih banyak dari para pengguna internet dibandingkan dengan kompetitor. 

Jadi, kamu perlu membuat media sosial dan website khusus untuk bisnismu agar masyarakat tertarik dan melirik produk atau jasa yang kamu tawarkan!

Tawarkan Diskon secara Berkala

bisnis umkm

Pengadaan diskon atau promo secara berkala merupakan salah satu tips jualan online yang mampu menggaet banyak pelanggan. Jangan khawatir, kamu tidak akan rugi kok!

Banyak pemilik bisnis UMKM menganggap bahwa pemberian diskon kepada pelanggan akan mengurangi keuntungan mereka. Tidak banyak orang yang tahu kalau pemberian diskon merupakan salah satu risiko yang harus diambil oleh seorang pengusaha untuk mendapatkan pelanggan

Dengan strategi yang tepat, kamu tidak akan mengalami kerugian dan justru akan memperoleh banyak keuntungan. Pemberian diskon akan meningkatkan online presence, menarik perhatian masyarakat, dan membantu memaksimalkan strategi pemasaran online bisnis UMKM.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan kepada Pelanggan

bisnis umkm

Poin ini tidak boleh diabaikan! Agar bisnis UMKM online kamu bertahan lama, kamu harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Hal ini dapat memicu kesetiaan pelanggan sehingga bisnis UMKM kamu dapat berkembang dan bertahan lama di ranah digital. 

Karakter pelanggan tentunya berbeda-beda, bahkan ada juga yang sifatnya kurang kooperatif. Sikapilah pelanggan tersebut dengan bijak dan jangan melakukan hal-hal yang akan merugikan bisnismu, seperti membuat pelanggan kecewa atas pelayanan yang kamu berikan.

Pelanggan yang memiliki pengalaman memuaskan dengan pelayanan bisnis UMKM kamu cenderung akan berpikir untuk melakukan repeat order (memesan kembali) atau merekomendasikannya kepada orang lain. Untuk membuat pelanggan senang, kamu juga bisa memberi hadiah atau diskon sebagai tanda terima kasih atas kesetiaannya.

Permudah Proses Pembayaran kepada Pelanggan

bisnis umkm

Menyediakan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap pemilik bisnis. Hal ini sangat penting karena mayoritas pelanggan akan beralih pada bisnis yang menerapkan pelayanan dengan baik, responsif, dan cepat. 

Di samping kualitas pelayanan pelanggan (customer service) yang baik, kamu juga harus memastikan bahwa sistem pembayaran bisnis UMKM kamu sudah lengkap dan mampu memudahkan pelanggan ketika melakukan transaksi. 

Kualitas pelayanan pelanggan yang tinggi dan proses pembayaran yang mudah mampu meningkatkan penjualan, loh! Jika pelanggan merasa puas, kemungkinan besar mereka akan menyukai bisnis kamu dan sering melakukan pembelian.

Itulah 5 tips jualan online yang dapat kamu terapkan. Semoga bermanfaat!

Berbicara tentang memudahkan proses pembayaran kepada pelanggan, kami punya solusi yang tepat untuk kamu. Pakai saja OY! Payment Link dari OY! Bisnis.

Apa itu OY! Payment Link? Telusuri lebih lanjut pada ulasan berikut ini!

Permudah Proses Pembayaran dan Tingkatkan Penjualan Online dengan OY! Payment Link

bisnis umkm

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan menggunakan produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan banyak pilihan metode pembayaran, seperti transfer bank, e-Wallet, virtual account, kartu kredit, dan QRIS. Proses pembayarannya pun mudah, cepat, dan tidak ribet sama sekali!

Jika metode pembayaran yang kamu sediakan untuk pelanggan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan, penjualan bisnis UMKM kamu pasti akan meningkat! Produk OY! Payment Link akan mengoptimalkan kualitas pelayanan, termasuk dalam hal rekonsiliasi keuangan. Semua transaksi yang kamu lakukan akan tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Apabila kamu ingin menggali informasi mengenai UMKM Indonesia dan mencari tahu bagaimana OY! Bisnis dapat membantu bisnis UMKM berkembang di era digital dan selama pandemi berlangsung, jangan khawatir! Kamu bisa telusuri informasinya di sini.


Tertarik bergabung di OY! Bisnis? Tunggu apa lagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan bisnis UMKM kamu secara online!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang