Tingkatkan Penjualan dengan Strategi Pemasaran UMKM

Atia Tobing
|
November 16, 2021

Tingkatkan Penjualan dengan Strategi Pemasaran UMKM - Pengelolaan suatu bisnis tentu memerlukan berbagai strategi yang efektif agar bisa bersaing dengan para kompetitor. Salah satu strategi yang harus dilakukan adalah strategi pemasaran atau marketing.

Tak hanya bisnis korporasi, bisnis UMKM juga perlu menyusun strategi pemasaran UMKM. Jika dilaksanakan secara maksimal, penjualan bisa meningkat drastis karena masyarakat dipengaruhi oleh pemasaran bisnis tersebut.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan strategi pemasaran UMKM? Telusuri alasannya pada artikel OY! berikut ini!

Mengapa Strategi Pemasaran UMKM Harus Dilakukan?

strategi pemasaran umkm

Salah satu hal yang wajib diterapkan oleh seluruh usaha, mikro, kecil, dan menengah adalah menyusun strategi pemasaran UMKM. Coba bayangkan, apa artinya jualan tanpa pemasaran? 

Dalam suatu bisnis, pemasaran bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon pelanggan. Strategi pemasaran UMKM dibagi menjadi dua macam, yaitu pemasaran secara online dan offline.

Penerapan strategi pemasaran UMKM yang tepat mampu mempengaruhi bisnis secara keseluruhan, loh. Jika diiringi dengan perencanaan yang baik, kamu bisa meningkatkan penjualan bisnis kamu!

Strategi Pemasaran UMKM Meningkatkan Penjualan: Kok Bisa?

strategi pemasaran umkm

Setiap bisnis memiliki strategi pemasaran (marketing) yang berbeda dari bisnis lain. Penyusunan strategi pemasaran UMKM pastinya tidak bisa disamakan dengan strategi bisnis korporasi. Mengapa demikian?

Perlu diketahui bahwa strategi pemasaran UMKM harus lebih gencar dibandingkan bisnis korporasi karena usaha mikro, kecil, dan menengah perlu mempromosikan brand mereka terlebih dahulu agar lebih dikenal oleh masyarakat. Hal ini berbeda dengan strategi pemasaran bisnis-bisnis terkenal yang hanya bertujuan untuk menggaet pelanggan yang lebih banyak.

Setelah kamu berhasil membuat masyarakat tahu tentang bisnismu, kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni mempromosikan produk atas jasa yang ditawarkan. Dengan strategi yang tepat, omzet bisnismu otomatis akan bertambah dan pelanggan akan terus melakukan pembelian!

Di era digital seperti sekarang, strategi pemasaran UMKM yang cukup menjanjikan adalah pemasaran secara digital atau digital marketing. Hal ini disebabkan oleh maraknya penggunaan internet telah membuat masyarakat gemar berbelanja secara online dan mencari tahu tentang produk atau jasa yang mereka butuhkan melalui media sosial atau mesin pencari.

Yuk, kenal lebih lanjut tentang digital marketing!

Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Digital

strategi pemasaran umkm


Seperti yang telah dijelaskan di atas, jenis strategi pemasaran UMKM ada dua, yakni pemasaran secara online dan offline. Di antara keduanya, pemasaran secara online terbukti lebih efektif karena strateginya jauh lebih komprehensif daripada pemasaran secara langsung (offline). 

Sebelumnya, pastikan bisnis UMKM kamu sudah didigitalisasi terlebih dahulu. Digitalisasi UMKM merupakan langkah awal dalam proses digital marketing.

Digital marketing dapat dilakukan melalui berbagai platform, seperti media sosial, aplikasi perpesanan (aplikasi chatting), email, dan lain sebagainya. Jadi, jenis strategi pemasaran UMKM ini bisa memaksimalkan peningkatan penjualan bisnis dengan memasarkan produk atau jasa secara luas.

Metode digital marketing pun bervariasi, mulai dari penulisan konten media sosial, promosi melalui grup aplikasi perpesanan, video deskripsi produk atau review yang diunggah secara online, webinar, dan masih banyak lagi!

Nah, ada satu cara lagi yang perlu kamu terapkan sebagai strategi pemasaran UMKM. Bisnis kecil seperti UMKM disarankan untuk menghadirkan promo atau diskon secara berkala untuk menarik perhatian masyarakat. Siapa sih yang tidak mau beli produk atau jasa dengan harga diskon?

Promosikan UMKM dengan Memberikan Promo kepada Pelanggan

strategi pemasaran umkm

Pengadaan diskon atau promo ternyata mampu mengundang banyak pelanggan, loh. Jangan khawatir, kamu tidak akan rugi kok!

Banyak pelaku UMKM menganggap bahwa pemberian diskon kepada pelanggan akan mengurangi keuntungan mereka. Faktanya, upaya ini merupakan salah satu risiko yang harus diambil oleh seorang pengusaha dan berpotensi menjadi strategi pemasaran UMKM yang efektif.

Tahukah kamu bahwa penawaran produk atau jasa dengan harga diskon mampu mempengaruhi psikologi para pelanggan? Artinya, orang akan terpacu untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan, apalagi para shopaholic yang gemar berbelanja. Jangan kaget kalau kehabisan stok barang, ya!

Sudah jelas kan pentingnya menerapkan strategi pemasaran UMKM untuk meningkatkan penjualan? Semoga bermanfaat!

Ingin memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan? Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah meningkatkan performa pembayaran dengan mempermudah proses transaksi bisnis kamu. Bagaimana caranya?

Caranya adalah mendaftarkan bisnis UMKM kamu di OY! Bisnis!

Daftarkan Bisnis Kamu di OY! Bisnis untuk Meningkatkan Performa Pembayaran Bisnis

strategi pemasaran umkm

OY! Bisnis merupakan penyedia layanan keuangan yang bertujuan untuk membantu para pengusaha dalam meningkatkan performa bisnis mereka, khususnya UMKM. Sebagai penyedia sistem pembayaran terbaik di Indonesia, OY! Bisnis akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi kepada pelanggan.

Berbagai produk yang dapat mendukung strategi pemasaran UMKM tersedia di OY! Bisnis. Dengan menggunakan produk dari OY! Bisnis, kamu bisa mempermudah proses transaksi sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat bertransaksi. Alhasil, penjualan bisnis pun akan meningkat!

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai sistem pembayaran digital terbaik untuk UMKM, cari tahu di sini.

Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis untuk mengoptimalkan strategi pemasaran UMKM dan meningkatkan penjualan melalui sistem pembayaran terbaik dan terlengkap!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang