Wujudkan UMKM Go Online dengan 5 Cara Ini!

Luthfa
|
November 3, 2021

Digitalisasi UMKM atau UMKM go online adalah salah satu langkah pemerintah dalam memajukan UMKM di Indonesia. Dengan beralih ke digital diharapkan para pelaku usaha kecil menengah dapat bertahan di tengah persaingan bisnis yang kian kencang.

Untuk membawa usaha kamu ke arah digital sebenarnya bukan perkara sulit. Kamu hanya perlu beradaptasi dengan tren pasar saat ini serta mempelajari tools apa saja yang dapat membantu kamu dalam memasarkan produk secara daring.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap mengenai cara mewujukan UMKM go online berikut ini!

Cara Mewujudkan UMKM Go Online

Sebagaimana yang kita tahu UMKM adalah salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Itulah mengapa pemerintah menginginkan UMKM Tanah Air beralih ke digital agar bisa berkembang dan mendongkrak roda perekonomian negara.

Jika kamu memiliki usaha yang tergolong ke dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah penting untuk mempertimbangkan hal tersebut. Apalagi saat ini masyarakat lebih menyukai sistem belanja online ketimbang belanja langsung di toko.

Untuk mewujudkan UMKM go online, dibutuhkan beberapa langkah sederhana yang perlu dilakukan oleh pemilik UMKM. Berikut di antaranya:

1. Bekali diri dengan dunia digital

UMKM go online

Cara pertama untuk menerapkan UMKM go online adalah dengan menggali informasi seputar dunia digital. Pertama-tama, lakukan pengamatan dan analisis mengenai tren pasar saat ini, serta cari tahu kebutuhan masyarakat saat sedang belanja daring.

Setelah itu, bekali diri kamu tentang media atau tools apa saja yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk secara online. Ketika semua informasi telah didapatkan, maka akan sangat mudah bagi bisnis kamu untuk go digital.

Dengan wawasan yang kamu miliki, kamu juga dapat mengatasi permasalahan yang bisa saja terjadi di awal-awal peralihan.

2. Gunakan media sosial

UMKM go online

UMKM go online tak lepas dari peran media sosial. Bisa dibilang media sosial adalah wadah bagi kamu untuk melakukan promosi. Tingginya jumlah user media sosial saat ini adalah bukti bahwa platform satu ini begitu menjanjikan, terlebih untuk kebutuhan bisnis.

Manfaatkan seluruh jejaring media sosial agar kamu bisa menggaet lebih banyak pelanggan. Selain itu, posting konten yang menarik supaya lebih banyak orang yang tertarik dengan produk kamu. Usahakan untuk aktif berkomunikasi dengan konsumen di media sosial guna meningkatkan customer experience yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis kamu.

3. Mempunyai website yang profesional

UMKM go online

Poin ini memang bisa menjadi opsional, tapi alangkah lebih baik bila kamu memiliki website bisnis sendiri agar UMKM milikmu terlihat lebih profesional. Dengan adanya website, kamu bisa menggaet lebih banyak pelanggan karena website mampu menarik minat orang.

Selain itu, hadirnya website juga akan membuat pelanggan nyaman berbelanja karena konsumen akan lebih leluasa memilih produk yang mereka inginkan. Meski begitu, dibutuhkan biaya lebih untuk menggunakan jasa pembuat website agar website bisnis kamu tampak mengesankan.

4. Ikuti tren saat ini

UMKM go online

Demi mewujudkan UMKM go online, kamu juga perlu mengikuti tren pasar saat ini. Bagaimana pun konsumen akan melihat langsung produk yang kamu tawarkan. Jika produk tersebut sesuai dengan tren yang berkembang, konsumen pasti akan tertarik.

Keberlangsungan tren pasar harus terus dipantau agar kamu bisa membuat produk yang lebih berinovasi. Dengan memanfaatkan tren pasar, UMKM kamu dapat mengeluarkan produk-produk yang memang disukai dan dibutuhkan oleh masyarakat.

5. Berjualan di marketplace

UMKM go online

Tren belanja online saat ini memaksa para pemilik UMKM untuk beradaptasi dengan dinamika yang terjadi. Untuk itulah berjualan di marketplace menjadi salah satu cara mudah untuk mewujudkan UMKM go online

Marketplace sendiri adalah salah satu ruang bagi pengusaha yang ingin memasarkan produknya secara online dengan cuma-cuma. Ya, cukup dengan melakukan registrasi dan mengupload beberapa foto produk, kamu sudah bisa membuka toko online.

Dengan begini, orang bisa dengan mudah menemukan produk kita tanpa ada lagi batasan jarak dan waktu. Tentunya ini sangat menguntungkan kamu sebagai pemilik UMKM, bukan?

Bergabung dengan OY! Bisnis untuk Wujudkan UMKM Go Online!

Selain cara di atas, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, perwujudan UMKM go online melalui OY! Bisnis ini tentu sangat menguntungkan kamu, bukan? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023