Strategi Jitu Menggunakan Twitter Marketing untuk Bisnis UMKM

Atia Tobing
|
February 4, 2022

Strategi Jitu Menggunakan Twitter Marketing untuk Bisnis UMKM - Media sosial merupakan platform digital dengan segudang manfaat. Selain untuk mengisi waktu luang, penggunaan media sosial sangat direkomendasikan untuk pemilik bisnis, termasuk bisnis UMKM. 

Salah satu platform media sosial yang perlu dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis UMKM adalah Twitter. Dengan ratusan juta pengguna aktif, Twitter berpotensi untuk mengembangkan bisnis UMKM secara digital sebagai bagian dari proses digitalisasi.

Banyak strategi pengembangan bisnis UMKM yang dapat diterapkan apabila kamu menggunakan Twitter. Sebagai contoh, pemasaran bisnis bisa kamu lakukan dengan strategi twitter marketing

Apa yang dimaksud dengan twitter marketing dan seperti apa strategi pemasarannya? Pelajari strategi jitu menggunakan twitter marketing untuk bisnis UMKM pada artikel OY! berikut ini!

Twitter Marketing: Strategi Pemasaran Bisnis di Ranah Digital

twitter marketing

Apakah kamu mendengar tentang strategi pemasaran di Twitter yang disebut twitter marketing? Jika belum, jangan khawatir! Kami akan membahas sekilas tentang twitter marketing!

Seperti yang kita ketahui, nama lain dari strategi pemasaran adalah marketing. Jadi, twitter marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan platform media sosial Twitter.

Twitter dikenal oleh mayoritas masyarakat sebagai platform untuk berkomunikasi secara online, mencari berita/informasi, dan mengonsumsi atau mengunggah konten. Di sisi lain, platform ini juga sangat menguntungkan bagi para pemilik bisnis yang memanfaatkannya untuk jualan online, khususnya bisnis UMKM.

Bisnis UMKM yang tergolong sebagai bisnis kecil atau menengah tentu akan menghadapi banyak tantangan agar bisa sukses dan unggul. Maka dari itu, usaha mikro, kecil, dan menengah harus menerapkan berbagai strategi bisnis, seperti strategi pemasaran. Nah, strategi pemasaran yang patut kamu coba bila kamu punya bisnis adalah twitter marketing!

Kini, banyak bisnis yang telah menggunakan Twitter untuk kegiatan pemasaran bisnis. Hal ini disebabkan oleh mudahnya menumbuhkan jumlah followers yang nantinya akan berujung pada peningkatan brand awareness.

Sekarang waktunya kita bahas tentang strategi jitu menggunakan twitter marketing untuk bisnis UMKM. Telusuri lebih lanjut pada ulasan di bawah ini!

Strategi Jitu Twitter Marketing untuk Bisnis UMKM

bisnis umkm

Sebelum bertindak, penting untuk memahami strategi pemasaran di Twitter agar sukses memanfaatkan twitter marketing. Berikut penjelasannya!

Buat Akun Twitter untuk Bisnis dan Maksimalkan Profil

Untuk memulai strategi twitter marketing, hal pertama yang tentunya harus kamu lakukan adalah membuat akun khusus untuk bisnis UMKM yang sedang kamu kelola. Setelah itu, maksimalkan profil akun Twitter tersebut untuk menarik perhatian audiens terhadap bisnis kamu.

Tampilan profil akun media sosial untuk bisnis perlu kamu perhatikan. Ibaratnya, profil adalah wajah dari bisnis UMKM kamu yang akan menentukan reputasi bisnis. Oleh sebab itu, maksimalkan profil akun Twitter sebagai upaya memasarkan bisnis di Twitter, mulai dari penentuan username akun yang tepat, pemilihan foto profil yang menampilkan logo bisnis, dan penulisan bio yang mendeskripsikan bisnis secara jelas.

Unggah Postingan/Konten pada Waktu yang Tepat (Peak Hours)

Agar postingan yang kamu telah kamu buat mencapai banyak audiens, unggah konten pada waktu yang tepat. Waktu ini sering disebut dengan peak hours. Artinya, kamu perlu memerhatikan waktu yang tepat untuk mempublikasikan tweet yang diunggah melalui akun Twitter bisnis UMKM. 

Waktu yang tepat untuk mengunggah konten adalah saat jam makan siang, sore hari, dan malam hari, terutama pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Umumnya, masyarakat sering mengakses Twitter atau media sosial lainnya pada waktu luang dan menjelang akhir pekan.

Manfaatkan Fitur yang Tersedia

Strategi jitu menggunakan twitter marketing untuk bisnis UMKM berikutnya yang wajib kamu terapkan adalah memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di Twitter. Apa saja fitur tersebut?

Ada berbagai macam fitur yang bisa kamu kombinasikan dalam tweet yang telah kamu buat untuk mengoptimalkan konten promosi bisnis. Fitur-fitur tersebut adalah gambar, video, GIF, dan polling. Selain interaktif, penggunaan fitur-fitur ini pastinya akan membuat tweet kamu jauh lebih menarik dibandingkan hanya mengunggah tweet yang hanya berisi teks saja.

Gunakan Hashtag (#) dalam Tweet

Selanjutnya, strategi jitu twitter marketing untuk bisnis UMKM yang harus kamu lakukan adalah menggunakan hashtag dalam setiap tweet yang kamu unggah. Mengapa demikian?

Hashtag berpengaruh kuat terhadap suatu tweet, terutama konten promosi. Faktanya, tweet yang menggunakan hashtag biasanya memiliki impression atau engagement dua kali lebih besar dibandingkan tweet tanpa hashtag.

Meskipun begitu, penggunaan hashtag juga tidak boleh berlebihan. Hal ini justru dapat menurunkan engagement konten promosi kamu. Alangkah lebih baik jika kamu menggunakan satu atau dua hashtag yang sedang trending dan tentunya berhubungan dengan konten yang kamu buat.

Pakai Kata-Kata Ajakan (Call To Action)

Seperti halnya strategi pemasaran lainnya, pemakaian kata-kata ajakan atau call to action kerap dilakukan untuk menggiring calon pelanggan agar membeli produk atau layanan dari bisnis kamu. Selain ajakan untuk berbelanja, kamu juga bisa menggunakan kata-kata ajakan seperti “kunjungi website kami”, “baca lebih lanjut di sini”, dan masih banyak lagi!

Pastikan untuk memakai kata-kata ajakan jika diperlukan saja. Sebab, penggunaan kata ajakan yang terlalu sering akan menimbulkan kesan agresif pada bisnis kamu.

Itulah strategi jitu menggunakan twitter marketing untuk bisnis UMKM. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Untuk mengoptimalkan strategi twitter marketing, kami punya satu solusi yang dapat kamu gunakan! Solusinya adalah bergabung di OY! Bisnis.

Yuk, tingkatkan performa bisnis untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan melalui OY! Bisnis.

Tingkatkan Performa Bisnis UMKM dengan Bergabung di OY! Bisnis

twitter marketing

OY! Bisnis merupakan solusi terbaik untuk semua jenis transaksi bisnis, termasuk bisnis UMKM. Layanan dari OY! Bisnis dijamin akan memenuhi ekspektasi pelanggan dalam bertransaksi karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan melalui produk-produk yang dapat diakses di situs web OY! Indonesia.

Selain memasarkan bisnis dengan twitter marketing, kamu juga harus menyederhanakan sistem pembayaran yang kompleks untuk menyediakan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan. Keunggulan dari penggunaan produk OY! Bisnis adalah kamu bisa menghemat biaya operasional bisnis serta mengatasi segala hambatan transaksi. Hal ini hanya bisa kamu dapatkan melalui layanan dari OY! Indonesia!

Ingin cari tahu bagaimana OY! Bisnis dari OY! Indonesia dapat membantu bisnis UMKM berkembang di era digital dan selama pandemi COVID-19? Cari tahu informasinya di sini.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis untuk mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi dengan pelanggan serta mengoptimalkan strategi twitter marketing bisnis UMKM kamu!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang