Potensi Twitter Marketing untuk Promosi Jualan Online

Shafira
|
February 4, 2022

Potensi Twitter Marketing untuk Promosi Jualan Online - Saat ini, memilih satu platform media sosial untuk bisnis jualan online tidak lagi cukup – kamu perlu memastikan merek bisnis jualan online milikmu terlihat di semua platform media sosial utama. Menggunakan Twitter marketing untuk bisnis adalah salah satu cara lain yang efektif untuk menambah nilai pada strategi pemasaran media sosial bisnis jualan online milikmu. Twitter memiliki fitur khusus yang dirancang untuk membantumu mengembangkan audiens dan mencapai tujuan bisnis.

Pemasaran dengan Twitter telah terbukti bermanfaat bagi banyak bisnis, merek, dan pengusaha kecil. Platform ini telah berkembang dari jaringan yang ramah pengguna awam teknologi hingga menjadi sumber pendapatan dan perolehan prospek yang menguntungkan.

Memiliki strategi pemasaran media sosial Twitter terbaik mungkin akan membutuhkan waktu bagi para pemilik bisnis dan pemasar digital. Artikel ini membahas manfaat dan fitur Twitter, potensi Twitter marketing, dan cara menggunakan Twitter untuk promosi jualan online.



Twitter Marketing Jualan Online OY Bisnis OY Indonesia


Apa itu Twitter dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Jualan Online?


Twitter adalah situs jejaring sosial yang didirikan oleh Jack Dorsey pada tahun 2006. Per Februari 2020, Twitter melaporkan terdapat 152 juta pengguna aktif harian di platform tersebut.

Awalnya dibangun sebagai platform berbasis SMS, Twitter memiliki batas 280 karakter untuk setiap post. Terlepas dari transisinya ke aplikasi berbasis web dan seluler, pengembang media sosial tersebut tetap memutuskan untuk mempertahankan batas karakter untuk mempertahankan merek Twitter sebagai micro social media.

Sebagai platform media sosial, Twitter menonjol karena memiliki bentuk platform yang tepat untuk mengkonsumsi dan berinteraksi dengan konten secara cepat. Dengan batasan karakter, pengguna harus ‘meringkas’ konten mereka, sehingga sangat menguntungkan bagi audiens yang ingin menikmati konten secara ringkas. Twitter marketing sangat efektif dalam menjangkau pengguna yang sedang bepergian dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan smartphone mereka.

Bentuk post di Twitter disebut sebagai Tweet dan dapat dilihat oleh pengikut akun si pengguna. Tweet dapat mencakup teks, tautan, gambar, dan video. Retweet adalah post yang diterbitkan ulang dari sumber lain. Nama pengguna di Twitter disebut sebagai handle dan dimulai dengan tanda @.

Dengan Twitter, pengguna individu hingga korporasi dapat mempublikasikan pembaruan terkait industri, menggunakan tagar (#) untuk membantu pengguna menemukan konten mereka, berinteraksi dengan pengguna lain, dan membagikan post terbaru dari mereka. Dashboard pengguna Twitter juga menyoroti topik yang sedang tren setiap harinya, biasanya dikategorikan berdasarkan negara tempat si pengguna sedang berada.

Berbagai usaha bisnis telah menggunakan Twitter untuk kegiatan pemasaran karena platform tersebut relatif mudah untuk menumbuhkan followers dan menghasilkan awareness untuk merek bisnis mereka. Menyiapkan akun Twitter untuk bisnis jualan online milikmu sangat mudah dan cepat hanya dengan beberapa klik.



Twitter Marketing Jualan Online OY Bisnis OY Indonesia


Cara Menggunakan Twitter Marketing Untuk Promosi Jualan Online


Menggunakan Twitter sebagai platform media sosial mungkin tampak mudah bagi kebanyakan orang. Namun, tidak semua pemilik bisnis dapat memahami cara menggunakan Twitter untuk tujuan pemasaran bisnis.

Merek jualan online milikmu membutuhkan strategi pemasaran Twitter yang solid yang memungkinkan untuk:


  • Mendapatkan eksposur
  • Memelihara relevansi merek bisnis
  • Berinteraksi dan terlibat dengan pelanggan
  • Mendapatkan prospek pemasaran yang berkualitas
  • Berpartisipasi dalam topik yang relevan dan sedang tren


Banyak merek bisnis yang berhasil menggunakan Twitter marketing karena mereka telah mengembangkan strategi pemasaran Twitter yang terbukti dan efektif yang sangat cocok untuk merek mereka. Mereka juga memahami cara kerja pemasaran di Twitter untuk merek dan audiens mereka tersendiri.

Ada pun beberapa kiat Twitter marketing untuk membantumu memulai strategi pemasaran Twitter jualan online milikmu sendiri, seperti:

Mempublikasikan Konten Secara Konsisten

Salah satu faktor penting yang akan membuat audiens tertarik dengan bisnis jualan online-mu adalah dengan mempublikasikan konten yang berkaitan dengan jualan online-mu secara konsisten.

Ada ribuan konten yang dipublikasikan di akun bisnis Twitter setiap hari. Kamu dapat mencari ide dan strategi untuk membuat konten yang cocok dengan visi bisnismu. Twitter juga merekomendasikan penggunaan konten video untuk mendapatkan angka keterlibatan dan retensi pemirsa yang lebih baik. Sebuah survei Statista mengungkapkan bahwa 32 persen pengguna Twitter senang menonton video melalui platform tersebut.

Gunakan Tagar (#) yang Tepat

Salah satu strategi pemasaran Twitter yang paling umum sangat bergantung pada hashtag atau tagar. Tagar berfungsi sebagai cara untuk menemukan konten yang berfokus pada kata kunci di Twitter. Namun, kamu perlu melakukan banyak penelitian untuk menemukan tagar yang paling banyak dicari yang terkait dengan merek jualan online milikmu. Ada banyak layanan Twitter marketing yang menyertakan penelitian kata kunci dan tagar untuk mencapai hasil yang diinginkan secara efektif.

Pahami Audiens Dengan Analytics

Twitter memiliki analytics dashboard gratis yang menampilkan informasi berguna tentang pertumbuhan dan aktivitas akun bisnis Twitter milikmu. Cukup akses analytics dengan membuka analytics.twitter.com, pastikan kamu sudah masuk ke akun Twitter milikmu. Di sini, kamu dapat melihat:


  • Keterlibatan pengguna termasuk likes, retweet, dan reply
  • Pengikut Twitter
  • Aktivitas Tweet (per tweet)
  • Tayangan Twitter (berapa kali tweet muncul di timeline pengguna)


Dengan akses ke data berharga ini, kamu dapat membuat strategi pemasaran konten yang akan memperkuat kampanye Twitter bisnis jualan online milikmu. Kamu tidak hanya belajar lebih banyak tentang konten apa saja yang berfungsi, tetapi juga siapa audiens akun Twitter jualan online-mu.


Hadirkan Berbagai Sistem Pembayaran untuk Bisnis Jualan Online dengan OY! Bisnis

 

Twitter Marketing Jualan Online OY Bisnis OY Indonesia

 

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bagi bisnis jualan online milikmu. Sebagai salah satu platform money moving terlengkap, OY! Bisnis memiliki fitur OY! Payment Link yang akan membantu kamu mengatur kanal pembayaran bagi bisnis kamu. 

Metode pembayaran yang dihadirkan oleh fitur ini sangat beragam. Mulai dari bank transfer, kartu debit, kartu kredit, serta QRIS. Kamu juga dapat melakukan kustomisasi lengkap untuk suatu link pembayaran.

Mari daftarkan bisnis jualan online milikmu di OY! Bisnis dan rasakan kenyamanan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023