Platform Jualan Online untuk Bisnis UMKM

Luthfa
|
November 22, 2021

Terjun ke dunia digital dapat menjadi salah satu cara bisnis UMKM untuk berkembang dan naik kelas. Bukan tanpa alasan, dunia digital akan membantu pemilik usaha dalam menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga berpotensi meningkatkan penjualan.

Untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk berjualan, bisnis UMKM bisa menggunakan berbagai platform jualan online. Platform tersebut dapat diakses secara gratis sehingga menghemat biaya operasional.

Bentuk platform jualan online bermacam-macam dan memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut beberapa platform digital yang dapat dimanfaatkan bisnis UMKM untuk berjualan online. 

Platform Jualan Online untuk Bisnis UMKM

bisnis UMKM

Berjualan secara online bisa dibilang lebih menguntungkan daripada berjualan dengan menyewa toko. Cukup bermodalkan laptop/smartphone dan jaringan internet, kamu sudah bisa memasarkan produkmu ke seluruh masyaratak Indonesia.

Nah, supaya bisnis UMKM yang kamu jalani dapat menyasar target yang diharapkan, sebaiknya gunakan platform digital yang tepat. Berikut kami berikan rekomendasi platform jualan online terbaik untuk bisnis UMKM.

Marketplace

bisnis UMKM

Salah satu platform jualan online terbaik untuk bisnis UMKM adalah marketplace. Saat ini ada begitu banyak marketplace yang bisa kamu tuju sehingga memudahkanmu untuk berjualan secara daring.

Marketplace memiliki keunggulan tersendiri, yakni pengunjungnya yang terus meningkat. Ya, marketplace memang didesain untuk mengumpulkan calon pembeli yang hendak mencari barang incarannya.

Penggunaan marketplace juga tidak sulit karena kamu hanya tinggal mengikuti step by step-nya saja. Terlebih marketplace telah dilengkapi dengan fitur maupun program yang dapat mendongkrak penjualanmu.

Meski begitu, sebelum menentukan marketplace mana yang ingin kamu sasar, sebaiknya cari tahu dulu mengenai marketplace itu sendiri. Sebab, masing-masing marketplace sudah memiliki target pasarnya masing-masing. Ada marketplace yang dikenal dengan penjualan produk otomotifnya, ada pula marketplace yang dikenal orang sebagai tempat berjualan item fashion terlengkap.

Setelah menentukannya, kamu bisa melakukan riset kompetitor. Dengan melakukan riset, kamu jadi bisa mengetahui strategi pemasaran bisnis UMKM yang tepat. Jangan lupa manfaatkan fitur-fitur yang dapat membantu penjualanmu, seperti live, feed, broadcast chat, dan lain sebagainya.

Media sosial

bisnis UMKM

Selain marketplace, bisnis UMKM juga bisa menjual produknya secara online di media sosial. Ya, media sosial bukan hanya tempat untuk berteman maupun bersosialisasi, tapi juga menjadi platform berjualan online.

Kini sudah banyak pengusaha yang fokus berjualan di media sosial karena peluangnya begitu besar. Apalagi, pengguna media sosial terus bertambah sehingga kamu bisa menambah jumlah target audiens.

Media sosial yang umumnya dapat digunakan untuk berjualan online di antaranya Facebook, Instagram, Twitter, dan yang terbaru TikTok. Dalam memasarkan produk kamu di media sosial, kamu juga harus menerapkan strategi pemasaran bisnis UMKM agar calon pembeli lebih tertarik.

Misalnya, buatlah konten yang menarik, seperti manfaat yang akan dirasakan konsumen jika membeli produkmu atau gunakan foto produk yang relevan dengan kehidupan sehari-hari target pasarmu.

Selain itu, berikan promo berupa giveaway produk atau diskon/buy 1 get 1 saat momen-momen tertentu, misalnya harbolnas. Manfaatkan pula fitur-fitur yang ada di media sosial seperti Instagram Story, Live, Reels, threads (Twitter) dan fitur lainnya yang ada di TikTok.

Jika punya budget lebih, kamu bisa gunakan media sosial Ads untuk menjaring lebih banyak pelanggan. Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Aplikasi chatting

bisnis UMKM

Bisnis UMKM juga bisa mengandalkan aplikasi chatting untuk berjualan online. Lewat aplikasi ini, kegiatan jual beli akan berjalan lebih personal sehingga membuat pelanggan lebih nyaman untuk bertanya-tanya dengan sang penjual.

Menurut data yang ada, konsumen akan lebih yakin untuk melakukan transaksi jika sudah berkomunikasi secara personal dengan penjual. Oleh karena itu, bisnis UMKM bisa menggunakan aplikasi chatting, seperti WhatsApp, LINE Official, atau Facebook Messenger untuk menawarkan produk kepada pelanggan.

Selain itu, lewat aplikasi chatting kamu juga bisa memberikan update mengenai proses pengiriman produk (nomor resi) atau invoice serta link pembayaran jika kamu menggunakan OY! BIsnis.

Website sendiri

bisnis UMKM

Platform jualan online untuk bisnis UMKM lainnya adalah website toko online. Dengan memiliki website sendiri, bisnis UMKM milikimu akan terlihat lebih professional sehingga calon pembeli lebih yakin untuk membeli produkmu.

Buatlah tampilan website yang user friendly agar bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja. Selain itu, gunakan foto produk yang high quality agar nampak jelas. Lampirkan juga detail produk untuk dijadikan sebagai bayangan calon pelanggan.

Kategorikan produk supaya konsumen lebih mudah mencari produknya. Sediakan metode pembayaran yang praktis sesuai dengan keinginan konsumen. Misalnya, metode pembayaran dengan virtual account, bank transfer, e-wallet, dan QRIS.

Tingkatkan Penjualan Bisnis UMKM dengan OY! Bisnis

Bisnis UMKM yang dijalani secara online tidak akan lengkap tanpa sistem pembayaran yang praktis. Nah, untuk menerapkan sistem pembayaran yang praktis, kamu bisa menggunakan OY! Bisnis.

OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik bisnis UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital. OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan.

Lewat produk OY! E-wallet, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan dompet digital yang mereka miliki. OY! E-wallet sudah terhubung dengan berbagai e-wallet paling populer di Indonesia sehingga pelanggan akan dimudahkan saat harus melakukan pembayaran.

Secara tidak langsung, cara ini akan meningkatkan penjualan bisnis UMKM kamu karena kamu dapat membuat pelanggan nyaman berbelanja di toko online kamu. Selain itu, produk OY! E-wallet juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Jika kamu menggali informasi mengenai UMKM Indonesia dan ingin mencari tahu bagaimana OY! Bisnis dapat membantu bisnis UMKM berkembang dan bersaing di pasar global, kamu bisa mengecek informasinya di sini.

Bagaimana, tertarik bergabung dengan OY! Bisnis? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

 


Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang