Daftar Tools Gratis untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis UMKM

Luthfa
|
December 28, 2021

Menjalankan bisnis UMKM di era digital kelihatannya memang mudah karena kamu bisa berjualan di berbagai platform yang telah tersedia. Kamu juga tidak membutuhkan modal untuk berjualan di situs berjualan online karena semuanya bisa dimanfaatkan secara gratis.

Hanya saja, kamu membutuhkan bantuan marketing tools guna membantu memasarkan produk kamu agar lebih dikenal publik. Tools tersebut adalah aplikasi yang bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis, khususnya di bagian promosi.

Ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk mengelola bisnis UMKM kamu. Jika belum punya budget untuk hal ini, kamu bisa memanfaatkan versi yang gratisnya terlebih dahulu. Nah, apa saja tools yang kamu butuhkan untuk tingkatkan penjualan bisnis UMKM?

Berikut rekomendasinya!

Daftar Tools Gratis untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis UMKM

daftar tools gratis untuk bisnis UMKM

Selain mencari cara dan menjalankan strategi yang tepat, salah satu cara yang bisa kamu lakukan guna meningkatkan penjualan bisnis UMKM adalah dengan memanfaatkan marketing tools. Dengan bantuan tools ini, kamu tidak hanya bisa membuat konten produk yang lebih menarik, tapi juga bisa memantau performa website toko online kamu sendiri.

Berikut perangkat yang dapat membantu efektivitas penjualan bisnis UMKM kamu.

Buffer

daftar tools gratis untuk bisnis UMKM

Merintis bisnis di era digital tentu tak lepas dari peran media sosial. Sebab media sosial akan membuka jalan kamu untuk meraih pelanggan yang lebih banyak. Nah, untuk membantu kamu dalam mengelola media sosial bisnis UMKM kamu, kamu membutuhkan tools seperti Buffer.

Lewat tools ini, kamu dapat mengatur pesan apa saja yang ingin disampaikan, menjadwalkan dan memposting konten, serta mengukur aktivitas yang terjadi di media sosial. Dengan begitu, kamu jadi bisa memastikan konten diunggah dalam waktu yang tepat diterima pada orang yang tepat.

Selain itu, kamu juga menganalisis seperti apa aktivitas yang terjadi dalam media sosial dan bisa mengoptimalkannya.

Canva

daftar tools gratis untuk bisnis UMKM

Tools selanjutnya yang wajib kamu gunakan adalah Canva. Ini adalah tools yang akan membantu kamu dalam pembuatan konten produk bisnis UMKM kamu. Tak perlu jago desain untuk membuat konten yang menarik karena Canva telah menyiapkan template dan layout desain yang bagus dan pastinya tidak monoton.

Desain yang dihadirkan Canva telah terbukti disukai audiens sehingga bisa dipastikan kalau konten produk bisnis UMKM yang kamu buat di Canva akan menarik perhatian konsumen. Dengan begitu, lebih banyak orang yang akan mengunjungi media sosial kamu atau website toko online kamu.

Unsplash

daftar tools gratis untuk bisnis UMKM

Butuh stok foto untuk dijadikan konten produk bisnis UMKM kamu? Tidak perlu pusing memotret berbagai objek terlebih dahulu karena kamu bisa mendapatkan berbagai foto yang dibutuhkan di Unsplash. Untuk menyimpan semua fotonya, kamu bisa langsung mendownload dan menyimpannya dalam bentuk JPEG.

Google Analytics

daftar tools gratis untuk bisnis UMKM

Bisnis UMKM kamu sudah punya website sendiri? Untuk mengetahui seberapa bagus performa website kamu, gunakan Google Analytics. Melalui tools ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai berapa banyak audiens yang masuk ke dalam website dan dari mana saja mereka menemukannya.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek traffic yang berhasil didapatkan melalui konten yang telah kamu buat selama ini. Dengan kemudahan analisis tersebut, kamu bisa mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk meningkatkan performa bisnis UMKM kamu.

Hot Jar

daftar tools gratis untuk bisnis UMKM

Tools satu ini akan membantu kamu untuk menyelami konten lebih dalam lagi. Kelebihan Hot Jar adalah kamu bisa mengetahui perilaku audiens. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui bagian website mana saja atau konten apa saja yang biasanya tidak menarik minat calon pembeli.

Melalui Hot Jar, kamu bisa mendapatkan berbagai insight mengenai laman yang banyak menarik perhatian konsumen. Tentunya cara ini bisa membantu kamu untuk mempelajari struktur terbaik dari website yang kamu tampilkan kepada audiens dan mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi.   

Tingkatkan Performa Usaha UMKM Kamu dengan Bergabung di OY! Bisnis

Menggunakan OY! Bisnis milik OY! Indonesia adalah kewajiban jika ingin meningkatkan performa usaha UMKM. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagi kamu yang ingin menggali informasi mengenai usaha UMKM di Indonesia atau ingin mengetahui bagaimana cara OY! Indonesia membantu pengelolaan keuangan UMKM, cari tahu informasinya di sini.  

Bagaimana, tertarik menggunakan OY! Indonesia? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023