Menilik Tren Live Shopping untuk Bisnis UMKM

Shafira
|
December 6, 2021

Menilik Tren Live Shopping untuk Bisnis UMKM - Tren live shopping telah membangun momentum besar selama beberapa tahun terakhir dan memiliki potensi besar di era digital ini sebagai tren besar dalam perkembangan social commerce atau niaga sosial interaktif. 

Live shopping merupakan siaran langsung secara online yang dilakukan oleh suatu brand atau usaha untuk menampilkan produk atau layanan yang mereka tawarkan kepada masyarakat. Banyak brand dan bisnis dapat memperlihatkan detail produk atau layanan, opsi pembelian, serta berinteraksi dengan pelanggan secara langsung melalui siaran langsung tersebut.

Tren ini memiliki potensi besar untuk membawa bisnis UMKM naik kelas serta meningkatkan konversi pembelian dari pelanggan. Ketahui apa saja potensi yang dimiliki oleh tren live shopping untuk bisnis UMKM.

Bisnis UMKM Live Shopping

Mengenal Tren Live Shopping

Live shopping merupakan kegiatan jual beli yang disiarkan secara langsung melalui platform streaming atau situs belanja. Biasanya live shopping diselenggarakan oleh influencer atau selebritas, tetapi baru-baru ini, banyak bisnis mulai menggunakan anggota tim mereka sendiri untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian suatu produk kepada masyarakat. Para pelanggan yang menyaksikan dapat mempelajari produk dan melakukan pembelian produk secara instan.

Pelanggan juga dapat berinteraksi dengan arus dengan berkomentar secara real time dengan para penyiar produk, hal ini membantu bisnis untuk lebih memperkuat hubungan mereka dengan pelanggan. Hal ini berfungsi sama seperti simulasi pengalaman berbelanja di dalam toko; di mana penjualan secara tradisional dilakukan melalui pembicaraan melalui produk secara tatap muka.

Perkembangan Tren Live Shopping

Live shopping berkembang secara global sebagai aspek kunci dari niaga sosial. Tren ini mengundang pembeli untuk berpartisipasi dalam pengalaman pengujian, pembelajaran, dan belanja dengan cara yang tidak dimiliki oleh proses jual-beli pada umumnya.

Belanja langsung telah diterima secara luas sebagai lebih dari sekadar cara untuk memasarkan produk dan mempengaruhi penjualan volume tinggi dalam waktu singkat. Live shopping akan menjadi tren yang akan berkembang jauh lebih luas seiring berjalannya perkembangan teknologi.

Mengapa Tren Live Shopping Dapat Mengembangkan UMKM

Bisnis UMKM Live Shopping

Ada banyak alasan mengapa live shopping memiliki peluang besar untuk membesarkan bisnis UMKM. Alasan yang pertama adalah live shopping membangun komunikasi dan hubungan dengan pelanggan. Dengan konsep siaran langsung, bisnis UMKM dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung melalui platform siaran. Pelanggan dapat menanyakan secara langsung mengenai spesifikasi produk atau layanan kepada bisnis UMKM tanpa perlu menghubungi atau mengunjungi lokasi usaha bisnis UMKM. 

Kedua, live shopping dapat membantu pembeli membuat keputusan pembelian yang lebih tepat dengan menunjukkan produk secara langsung dan memberikan detail produk yang dibutuhkan pelanggan sebelum membeli. Hal ini dapat meningkatkan minat keingintahuan pelanggan sehingga membentuk keputusan pembelian secara lebih cepat. Selain itu, pelanggan dapat langsung melakukan pembelian melalui platform streaming tersebut. Cukup sediakan tautan pembelian produk saat melakukan siaran untuk memudahkan pelanggan melakukan pembelian produk tanpa harus keluar dari platform siaran.

Live shopping juga dapat menumbuhkan rasa komunitas dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis UMKM. Pelanggan diberikan akses mudah untuk melihat bagaimana suatu bisnis mempresentasikan produk dan layanan secara langsung sehingga pelanggan dapat melihat bahwa bisnis UMKM tersebut merupakan bisnis yang kredibel dan asli.

OY! Bisnis Mudahkan Bisnis UMKM Sediakan Opsi Pembayaran Saat Siaran Live Shopping

Bisnis UMKM Live Shopping

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bagi bisnis UMKM milikmu. Sebagai salah satu platform money moving terlengkap, OY! Bisnis memiliki fitur OY! Payment Link yang akan membantu kamu mengatur kanal pembayaran bagi bisnis kamu. 

Metode pembayaran yang dihadirkan oleh fitur ini sangat beragam. Mulai dari bank transfer, kartu debit, kartu kredit, serta QRIS. Kamu juga dapat melakukan kustomisasi lengkap untuk suatu link pembayaran. Kamu juga dapat menyematkan tautan pembayaran ini saat kamu melakukan siaran live shopping untuk memudahkan pelanggan melakukan pembelian.

Mari daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan rasakan kenyamanan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang