5 Alasan Mengapa Bisnis UMKM Harus Punya Website

Shafira
|
November 25, 2021

5 Alasan Mengapa Bisnis UMKM Harus Punya Website - Perilaku konsumen telah berubah dari waktu ke waktu untuk beradaptasi dengan teknologi yang berkembang di era digital ini. Oleh karena itu, jika ingin bisnis UMKM milikmu berkembang di depan para kompetitor lainnya, bisnismu harus mulai ditemukan secara online. Hal tersebut berarti bahwa kamu harus memiliki sebuah website khusus untuk bisnismu.

Bagi banyak bisnis UMKM, sangat penting untuk mengenalkan bisnis ke hadapan masyarakat luas. Mengenalkan bisnis UMKM milikmu ke kalangan luas secara online merupakan jawaban yang tepat, terutama di masa pandemi yang belum usai ini. Selain mengurangi biaya pemasaran, website dapat menjadi titik permulaan untuk mengembangkan citra bisnis UMKM milikmu.

Terdapat lima alasan penting mengapa bisnis UMKM harus memiliki sebuah website. Simak artikel berikut ini.

Bisnis UMKM

Bisnis UMKM Terlihat Makin Profesional

Di dunia modern saat ini, setiap perusahaan terkemuka memiliki presensi online. Artinya, setiap perusahaan atau badan usaha memiliki laman yang dapat diakses di internet oleh para pelanggan. Kebanyakan calon pelanggan kemungkinan besar akan kurang mempercayai bisnis apapun yang tidak memiliki nomor telepon, alamat toko, dan juga laman sosial media atau website. Banyak pelanggan yang berpikir bahwa suatu bisnis akan semakin terlihat kredibel dan profesional apabila memiliki laman sosial media dan website yang lengkap. Oleh karena itu, menyediakan website merupakan salah satu cara tercepat untuk membuat bisnis UMKM milikmu terlihat profesional di hadapan pelanggan.

Dapat Menarik Pelanggan Baru Melalui Google

Website dapat memberikan segmentasi pelanggan yang baru bagi bisnis untuk mendorong perluasan demografi pasar. Oleh karena itu, kamu perlu menarik pelanggan baru. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat bisnis UMKM kamu terlihat di Google.

Situs web yang optimal dapat membantu peringkat bisnis UMKM milikmu tampil di laman pencarian Google dengan baik. Mengapa harus optimal? Karena website bisnis UMKM kamu akan muncul di berbagai istilah pencarian untuk menarik aliran pelanggan baru. Ada beberapa alat SEO gratis yang memudahkan proses optimasi situs web bisnis kamu tanpa perlu mengikuti pelatihan sebelumnya.

Mendorong Pelanggan untuk Menemukan Bisnis UMKM Milikmu

Dunia maya memiliki rentang jangkauan yang sangat luas. Hampir siapa saja dapat mengaksesnya karena sifatnya yang terbuka. Mempromosikan bisnis lewat website merupakan salah satu cara untuk menjangkau pelanggan yang jauh dari lokasi bisnismu berada. Kamu tidak hanya dapat menjangkau pelanggan dari satu negara, bahkan calon pelanggan yang berada di luar negeri dapat menemukan bisnismu. Jika menurutmu memiliki halaman media sosial sudah cukup untuk menarik pelanggan baru, pikirkan lagi. Setiap bisnis pesaingmu sudah pasti memiliki setidaknya satu halaman sosial media. 

Oleh karena itu, banyak bisnis kini tidak hanya mengandalkan jaringan media sosial saja dan mulai membangun website. Walaupun jaringan media sosial memiliki potensi untuk meningkatkan ROI bisnis, mengandalkan hanya pada satu opsi pemasaran dapat menjadi penghambat bisnis UMKM-mu untuk meraih segmentasi pelanggan yang lebih luas.

Tempat yang Tepat untuk Menampilkan Produk dan Layanan

Website merupakan wadah yang tepat bagi kamu untuk menunjukkan kepada calon pelanggan produk atau layanan apa saja dari bisnismu. Kamu dapat menampilkan tampilan produk dengan foto berkualitas tinggi dan menarik di halaman situs webmu. 

Selain itu, kamu juga memiliki ruang yang tepat untuk menjelaskan mengenai bisnismu secara ekstensif terhadap pelanggan. Memiliki website merupakan solusi tepat yang dapat membantumu untuk memasarkan produk dan layanan secara mudah.

Bisnis UMKM

Memudahkan Pelanggan Untuk Langsung Berbelanja di Website

Pelanggan menyukai hal yang mudah. Kamu dapat memberikan pengalaman berbelanja secara langsung melalui situs web tersebut. Dengan menyediakan layanan belanja di dalam website, kamu dapat meningkatkan konversi bisnis secara langsung tanpa perlu melakukan transaksi pembelian di medium yang lain. Kamu juga dapat menyediakan metode pembayaran yang aman dan lengkap untuk melengkapi proses pembelian di situs webmu.

Tingkatkan Performa Pembayaran Bisnis UMKM dengan OY! Bisnis

Bisnis UMKM

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran untuk bisnis UMKM. Sebagai platform penggerak keuangan terlengkap, OY! Bisnis memiliki fitur OY! Payment Checkout yang akan membantu bisnis UMKM mengatur kanal pembayaran untuk aktivitas pembayaran bisnis. Kenali cara penggunaannya di sini.

Metode pembayaran yang dihadirkan oleh fitur ini sangat beragam. Mulai dari bank transfer, kartu debit, kartu kredit, serta QRIS. Selain itu, link pembayaran dapat dikustomisasi lengkap sesuai kebutuhan. 

OY! Bisnis hadir untuk memfasilitasi segala kebutuhan transaksi dalam bisnis UMKM. Fitur OY! Payment Checkout akan sangat memudahkan bisnis UMKM dalam mengatur skema pembayaran di dalam bisnis. Mari daftarkan bisnis UMKM-mu sekarang di OY! Bisnis.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang