Inilah Alasan Mengapa Bisnis UMKM Harus Pakai QRIS

Atia Tobing
|
December 6, 2021

Inilah Alasan Mengapa Bisnis UMKM Harus Pakai QRIS - Kemajuan teknologi yang terjadi di era digital telah membiasakan masyarakat untuk melakukan segala kegiatan secara online. Salah satu kegiatan yang sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi adalah cara masyarakat melakukan transaksi, dari manual ke digital.

Saat ini, masyarakat mengandalkan gadget mereka untuk bertransaksi, baik ketika belanja online maupun belanja secara langsung di toko. Mayoritas toko atau pusat perbelanjaan menyediakan alternatif pembayaran digital, misalnya QRIS. Namun, belum banyak bisnis UMKM yang menggunakan jenis pembayaran ini untuk menerima pembayaran dari pelanggan. 

Meskipun begitu, setiap bisnis UMKM perlu memakai QRIS. Banyak alasan yang membuat QRIS penting digunakan oleh pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah.

Lantas, mengapa bisnis UMKM harus pakai QRIS? Ketahui alasannya pada artikel OY! di bawah ini!

Apa itu QRIS?

bisnis UMKM

Sebelumnya, alangkah baiknya kita bahas tentang QRIS terlebih dahulu. Berikut ulasannya!

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah standar kode QR nasional yang memfasilitasi pembayaran digital melalui berbagai platform, seperti aplikasi e-Money berbasis server, dompet digital, dan mobile banking. QRIS merupakan terobosan transaksi non tunai yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Seperti namanya, QRIS merupakan upaya standardisasi oleh Bank Indonesia untuk semua perusahaan yang memanfaatkan aplikasi teknologi finansial atau fintech. QRIS menyatukan berbagai macam QR code dari beragam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Kehadiran QRIS diharapkan dapat mewujudkan proses transaksi dengan QR Code yang lebih mudah, cepat, dan aman. Hal ini dilakukan demi menciptakan sistem pembayaran digital yang efisien, efektif, dan handal serta mengutamakan aspek higienitas dalam bertransaksi.

Kini, QRIS dapat digunakan di seluruh jenis toko, termasuk bisnis UMKM. Di era yang serba canggih dan instan seperti sekarang, bisnis UMKM sangat dianjurkan untuk menyediakan metode pembayaran QRIS kepada pelanggan. Mengapa demikian?

Mengapa Bisnis UMKM Harus Menyediakan Metode Pembayaran QRIS?

bisnis UMKM

Tahukah kamu bahwa QRIS adalah metode pembayaran digital yang jumlah penggunanya kian meningkat di seluruh Indonesia? Oleh karena itu, semua bisnis UMKM wajib menyediakan metode pembayaran ini!

Selain untuk mendigitalisasikan bisnis UMKM, QRIS memiliki banyak keuntungan tidak hanya bagi pihak pebisnis tetapi juga pelanggan yang melakukan pembayaran. Menurut Bank Indonesia, QRIS memiliki karakteristik UNGGUL yang merupakan kepanjangan dari:

UNiversal

QRIS dapat menerima pembayaran aplikasi pembayaran apa pun yang menggunakan QR Code sehingga masyarakat tidak perlu memiliki berbagai macam aplikasi pembayaran.

GampanG

Prosesnya mudah bagi masyarakat dan merchant.

Masyarakat: Hanya perlu scan dan klik untuk melakukan pembayaran.

Merchant: Tidak perlu memajang banyak QR Code, cukup satu QRIS yang dapat dipindai menggunakan berbagai macam aplikasi pembayaran QR.

Untung

Penggunaanya menguntungkan bagi para pengguna dan merchant.

Pengguna: Dapat menggunakan akun pembayaran QR apa pun untuk membayar.

Merchant: Cukup memiliki minimal 1 akun untuk menerima semua pembayaran QR Code.

Langsung

Pembayaran dengan QRIS langsung diproses seketika. Setelah melakukan pembayaran, pengguna dan merchant akan langsung mendapat notifikasi transaksi.​​​

Terapkan Digitalisasi Bisnis UMKM dengan QRIS

bisnis UMKM

Dari penjelasan yang telah diterangkan di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan QRIS adalah memudahkan proses pembayaran digital yang dilakukan oleh masyarakat. Secara tidak langsung, penerapan digitalisasi juga dapat dilakukan apabila bisnis UMKM kamu belum go digital! Tak hanya bisnis ternama saja, bisnis UMKM pun wajib menyediakan alternatif pembayaran digital, termasuk QRIS.

Dengan menggunakan QRIS, kamu sebagai pemilik toko tidak perlu repot-repot menyediakan banyak kode QR yang harus menyesuaikan dengan bank atau e-Wallet milik pelanggan. Cukup sediakan satu QR code saja, pelanggan bisa membayar melalui aplikasi yang mendukung.

Nah, sudah jelas kan pentingnya memakai QRIS dalam sistem pembayaran bisnis UMKM kamu? Tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih metode pembayaran dengan QRIS yang dapat diandalkan.

Bingung mau pilih yang mana? Jangan khawatir, kami punya solusi terbaik untuk bisnis kamu! Solusi pembayaran QRIS yang bisa kamu andalkan adalah OY! Bisnis.

Sediakan Metode Pembayaran dengan QRIS untuk Pelanggan dengan Bergabung di OY! Bisnis

bisnis UMKM

Jika kamu tertarik menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran bisnis UMKM kamu, kamu bisa memanfaatkan layanan dari OY! Bisnis. Lewat OY! Bisnis, kamu dapat menyediakan QRIS untuk menerima pembayaran dari berbagai e-Wallet dan mobile banking.

OY! Bisnis akan membantu kamu dalam mengatur sistem pembayaran bisnis UMKM. Dengan menggunakan produk OY! Payment Link dari OY! Bisnis, pelanggan kamu dapat mengunduh kode QR yang berada di laman checkout dan memasukkan kode QR ke dalam fitur scan QR yang berada di dalam aplikasi e-Wallet dan mobile banking. Hal ini tentunya memudahkan pelanggan untuk memindai kode QR secara virtual!

Apabila kamu ingin menggali informasi mengenai UMKM Indonesia dan mencari tahu bagaimana OY! Bisnis dapat membantu usaha UMKM berkembang di era digital dan selama pandemi berlangsung, jangan khawatir! Kamu bisa telusuri informasinya di sini.


Tertarik bergabung di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis untuk memajukan sistem pembayaran bisnis UMKM kamu!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023