5 Platform Terbaik untuk Penjualan Bisnis UMKM

Atia Tobing
|
November 17, 2021

5 Platform Terbaik untuk Penjualan Bisnis UMKM - Dalam suatu bisnis, banyak hal yang harus diputuskan agar mampu mencapai target atau tujuan bisnis. Salah satunnya adalah memutuskan platform yang akan digunakan untuk penjualan bisnis UMKM.

Di era yang serba canggih seperti sekarang, banyak platform yang bisa kamu manfaatkan dalam bisnis kamu. Persaingan bisnis UMKM di Indonesia makin ketat sehingga kamu perlu mencari cara agar bisa lebih unggul, seperti memilih platform terbaik yang berpotensi memajukan bisnis.

Lantas, apa saja platform terbaik untuk penjualan bisnis UMKM? Simak terus artikel OY! berikut ini, ya!

Menentukan Platform yang Cocok untuk Penjualan Bisnis UMKM

Semakin canggih eranya, semakin banyak pilihannya. Hal ini juga terjadi pada jumlah platform yang kian meningkat.

Banyaknya platform yang tersedia bukan berarti kamu harus memanfaatkan semuanya, loh. Kamu perlu memilah dan memilih platform yang terbukti mampu meningkatkan penjualan bisnis UMKM.

Jika dilihat dari popularitas, platform digital kini merupakan tempat untuk mencari informasi, termasuk produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk itu, setiap bisnis UMKM harus beradaptasi dan beralih ke platform digital.

Kira-kira apa saja platform yang cocok untuk penjualan bisnis UMKM? Tenang, kami sudah menyiapkan daftar platform terbaik untuk bisnis kamu di bawah ini!

Platform Terbaik untuk Penjualan Bisnis UMKM

Sebagai seorang pemilik UMKM, kamu harus platform apa saja yang mampu memajukan bisnis kamu. Kamu pasti tidak mau salah pilih platform dan menyia-nyiakan strategi bisnis yang telah kamu terapkan, kan?

Berikut 5 platform terbaik untuk penjualan bisnis UMKM.

Marketplace

bisnis umkm

Salah satu platform digital terbaik untuk penjualan bisnis UMKM adalah marketplace. Marketplace adalah platform yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli di internet.

Saat ini, banyak platform marketplace yang bisa dipilih oleh pemilik UMKM untuk mulai berjualan secara online. Keunggulan dari marketplace adalah jumlah penggunanya terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. 

Di samping itu, modal yang dibutuhkan juga jauh lebih murah dibandingkan biaya pengelolaan toko fisik. Situs marketplace juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat meningkatkan penjualan bisnis UMKM secara optimal.

Media Sosial

bisnis umkm

Platform digital yang paling digemari oleh para pelaku bisnis UMKM untuk berjualan adalah media sosial, mengingat banyaknya jumlah pengguna media sosial. Selain mudah dan praktis, kamu tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali ketika mulai berjualan, loh. 

Dengan memanfaatkan media sosial, kamu bisa menerapkan strategi pemasaran bisnis UMKM untuk menarik perhatian calon pelanggan. Misalnya, pembuatan konten tentang manfaat dari produk yang kamu jual mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa produk kamu dapat menjadi solusi dari kebutuhan mereka.

Media sosial juga memungkinkan kamu untuk menggunakan fitur iklan agar dapat memperluas jangkauan dan memilih target pasar secara spesifik. Ketika berjualan di media sosial, jangan lupa untuk menyertakan informasi tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan secara lengkap serta kontak dan metode pembayaran untuk mempermudah proses transaksi.

E-Commerce

bisnis umkm

Selanjutnya, platform yang bisa kamu gunakan untuk penjualan bisnis UMKM adalah e-Commerce. Pengertian dari e-Commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya.

Penggunaan e-Commerce sangat menguntungkan bagi UMKM, terutama bisnis yang baru saja mulai. E-Commerce membantu mengurangi biaya operasional, termasuk sewa toko, strategi pemasaran dan logistik, serta rantai pasokan. Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan platform ini untuk bisnis kamu!

Aplikasi Perpesanan (Chatting Application)

bisnis umkm

Tahukah kamu bahwa aplikasi perpesanan atau chatting application tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga dapat digunakan sebagai platform berjualan online untuk bisnis UMKM? 

Penjualan melalui aplikasi perpesanan merupakan cara penawaran produk atau jasa yang dilakukan secara personal. Berhubungan langsung dengan pelanggan merupakan salah satu kelebihan dari platform ini. Mengapa demikian?

Umumnya, pelanggan akan lebih yakin untuk melakukan pembelian dari bisnis UMKM setelah berkomunikasi atau chatting secara personal dengan penjual. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan informasi lainnya seperti promosi, produk baru, atau update status pesanan kepada pelanggan melalui aplikasi ini.

Situs Berbagi Video

bisnis umkm

Nah, platform yang satu ini tak kalah penting! Situs berbagi video merupakan platform digital yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat untuk mencari informasi, terutama saat mereka sedang mencari produk atau jasa yang cocok untuk kebutuhan mereka. Jadi, kamu wajib menjual melalui situs ini!

Faktanya, mayoritas masyarakat lebih memilih untuk menonton video daripada membaca. Video-video seperti review produk atau rekomendasi produk mampu menggaet pelanggan secara efektif karena mereka bisa melihat langsung dan mendapatkan informasi tentang produk yang akan dibeli.

Itulah penjelasan tentang 5 platform terbaik untuk penjualan bisnis UMKM. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan saat kamu memilih platform untuk bisnis kamu, ya!

Sebagai seorang pemilik UMKM, kamu harus selalu mencari cara untuk memajukan bisnis kamu. Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas pelayanan yang kamu berikan kepada pelanggan. 

Kualitas pelayanan dapat berupa banyak hal, termasuk metode transaksi bisnis. Metode pembayaran yang mudah dan cepat tentu akan membuat pelanggan nyaman saat melakukan pembelian.

Mari tingkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan bergabung di OY! Bisnis!

Tingkatkan Kualitas Pelayanan kepada Pelanggan dengan Bergabung di OY! Bisnis

bisnis umkm

OY! Bisnis merupakan penyedia layanan keuangan yang bertujuan untuk membantu para pengusaha dalam meningkatkan performa bisnis mereka, khususnya bisnis UMKM. Dengan menggunakan produk dari OY! Bisnis, kamu bisa mempermudah proses transaksi sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat bertransaksi.

Begitu pun sebaliknya, kamu juga akan dimudahkan saat hendak melakukan transaksi dengan pelanggan. Jika bisnismu tergabung di OY! Bisnis, proses transaksi bisnis dijamin cepat, aman, dan nyaman.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai sistem pembayaran digital terbaik untuk UMKM, cari tahu di sini.


Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis UMKM dengan sistem pembayaran terbaik dan terlengkap!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023