Cara Jualan Online untuk Pemula

Atia Tobing
|
February 4, 2022

Cara Jualan Online untuk Pemula - Memulai suatu bisnis dari nol mungkin merupakan hal yang menakutkan bagi kalangan yang tidak memiliki pengalaman di dunia bisnis. Sebab, mereka tentu tidak ingin berhadapan dengan risiko yang mampu merugikan mereka, baik dari segi keuangan, waktu, maupun tenaga.

Jika kamu memiliki niat yang kuat untuk mencapai sesuatu, kamu tentu bisa mewujudkannya. Hal ini juga berlaku apabila kamu ingin membangun suatu bisnis, terutama bisnis jualan online.

Berbeda dengan bisnis offline, banyak hal yang perlu kamu persiapkan dan pelajari agar bisnis online yang kamu bangun berjalan mulus, misalnya proses digitalisasi bisnis. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memahami cara jualan online yang mampu menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda!

Lantas, bagaimana cara jualan online? Jangan khawatir, kami akan menjelaskan 5 cara jualan online yang akan sangat berguna bagi para pemula. Simak terus artikel OY! berikut ini!

Memulai Bisnis Jualan Online: Bagaimana Caranya?

cara jualan online

Merintis suatu bisnis jualan online bukanlah perkara sulit, tapi juga tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi ada begitu banyak pesaing di luar sana yang akan bersaing dengan bisnis kamu.

Saat ini, banyak orang yang berminat untuk memulai bisnis online sehingga kamu harus lebih cermat dan mengetahui cara jualan online yang tepat. Kecanggihan teknologi yang semakin maju membuat masyarakat terbiasa mengandalkan teknologi dan internet untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk mengelola bisnis mereka. 

Di samping itu, jualan online dianggap jauh lebih efektif dibandingkan jualan secara konvensional di toko atau pasar. Dengan menjual barang secara online, pengeluaran otomatis akan lebih hemat karena tidak perlu menyewa dan mengurus toko.

Meskipun banyak kemudahannya, jualan online tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus dipelajari dan dipertimbangkan oleh setiap orang yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis online. Sebab, persaingan tidak hanya dengan kompetitor dalam negeri, tetapi juga kompetitor dari luar negeri, mengingat dunia maya yang tersebar secara global.

Kira-kira bagaimana cara jualan online yang bisa dicoba oleh para pemula? Nah, kami punya 5 cara jualan online untuk pemula. Telusuri selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

5 Cara Jualan Online untuk Pemula

Jika kamu berencana untuk membangun suatu bisnis online, alangkah baiknya kamu tahu cara jualan online yang tepat. Berikut 5 cara jualan online untuk pemula!

Siapkan Mental sebelum Bertindak

jualan online

Cara jualan online pertama yang wajib dilakukan oleh pemula adalah mempersiapkan mental sebelum memulai suatu bisnis online. Mengingat persaingan yang begitu banyak, tidak sedikit jumlah bisnis yang harus gulung tikar akibat kalah bersaing. 

Di awal membangun bisnis, kamu pasti akan melewati situasi ketika produk atau layanan yang kamu tawarkan belum dilirik oleh konsumen. Hal tersebut wajar dan seringkali terjadi bagi pengusaha yang baru merintis bisnis. Jadi, siapkan mental yang kuat agar dapat menghadapi berbagai situasi yang sulit dengan lancar!

Tentukan Jasa atau Produk yang Ingin Dijual

cara jualan online


Penentuan produk yang ingin dijual atau jasa yang ingin ditawarkan merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan secara matang. Bagaimana cara menentukannya?

Cara jualan online berikutnya yang perlu kamu terapkan adalah menentukan produk atau jasa yang dibutuhkan atau digemari oleh masyarakat. Sebagai seorang pebisnis, kamu harus cermat dalam memilih layanan atau produk yang akan dijual. 

Umumnya, barang atau layanan yang sedang viral akan dicari oleh masyarakat, misalnya produk herbal untuk meningkatkan sistem imunitas di masa pandemi. Namun, jika kamu tetap mengalami kesulitan dalam menentukannya, amati jualan online yang sudah lebih dulu dijual oleh pebisnis lain. Kemudian, lakukan modifikasi dan inovasi baru agar produk atau layanan kamu memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri!

Susun Rencana Bisnis dan Aktif di Media Sosial & Website

jualan online

Cara jualan online untuk pemula selanjutnya adalah menyusun rencana bisnis yang akan dijalankan serta aktif di media sosial dan website untuk memasarkan bisnis secara online. Apa saja hal yang perlu dilakukan?

Susun strategi bisnis secara jelas dengan mempertimbangkan strategi penjualan produk atau jasa secara daring, penentuan harga produk atau jasa yang akan dipasarkan, dan pemasaran bisnis secara daring (digital marketing). Semua hal ini harus direncanakan secara teratur agar dapat berjalan dengan mulus.

Nah, cara yang tepat untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis secara online adalah membangun online presence. Online presence bisa diartikan sebagai kehadiran online. Artinya, platform bisnis kamu, baik website maupun media sosial, mendapatkan perhatian yang lebih banyak dari para pengguna internet dibandingkan dengan kompetitor. Alhasil, bisnismu akan dikenal dan diminati oleh banyak orang!

Tetapkan Harga Produk atau Jasa yang Wajar 

cara jualan online

Cara jualan online untuk pemula yang cukup berisiko tinggi adalah penentuan harga produk atau jasa. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu perlu menetapkan harga yang wajar agar tidak membuat calon pelanggan menolak untuk membeli dari bisnis kamu setelah melihat harga yang tidak masuk akal.

Apabila kamu bingung, strategi termudah untuk menentukan harga adalah melihat harga yang ditetapkan oleh para pesaing. Cari tahu berapa harga yang digunakan oleh pesaing agar bisa mempertimbangkan harga yang akan kamu tetapkan. Di samping itu, penentuan harga jual juga bisa ditentukan oleh biaya operasionalnya, misalnya biaya pembuatan produk.

Jika ingin jualan online cepat terjual, kamu bisa menggunakan strategi pemotongan harga atau diskon secara berkala. Jangan ragu untuk menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi apabila produk atau layanan yang dijual memiliki kualitas tinggi!

Tetap Semangat dan Jangan Putus Asa!

jualan online

Dalam memulai bisnis jualan online, rasa bosan dan tidak percaya diri, hilang semangat pasti akan dirasakan oleh para pemula. Namun, jangan biarkan perasaan-perasaan tersebut membuat kamu putus asa, ya! 

Bisnis yang baru dibangun membutuhkan evaluasi secara rutin sehingga kamu harus tetap semangat mencari strategi atau cara jualan online yang tepat. Jangan berkecil hati ketika bisnis kamu belum dilirik oleh konsumen lakukan berbagai evaluasi seperti dengan memperbaiki kualitas produk atau layanan dan menerapkan berbagai macam strategi pemasaran.

Itulah 5 cara jualan online yang wajib kamu terapkan apabila kamu merupakan seorang pemula. Jadikan penjelasan di atas sebagai panduan dalam mengelola bisnis online, ya!

Untuk meningkatkan penjualan online, kami punya solusi yang tepat nih! Pakai saja OY! Payment Link dari OY! Bisnis.

Apa itu OY! Payment Link? Telusuri lebih lanjut pada ulasan berikut ini!

Tingkatkan Penjualan Online dengan OY! Payment Link dari OY! Bisnis

cara jualan online

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan menggunakan produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan banyak pilihan metode pembayaran, seperti transfer bank, e-Wallet, virtual account, kartu kredit, dan QRIS. Proses pembayarannya pun mudah, cepat, dan tidak ribet sama sekali!

Jika metode pembayaran yang kamu sediakan untuk pelanggan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan, jumlah penjualan bisnis jualan online kamu pasti akan meningkat! Produk OY! Payment Link akan mengoptimalkan kualitas pelayanan, termasuk dalam hal rekonsiliasi keuangan. Semua transaksi yang kamu lakukan akan tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Apabila kamu ingin menggali informasi untuk mencari tahu bagaimana OY! Bisnis dapat membantu bisnis UMKM atau bisnis korporat/perusahaan berkembang di era digital dan selama pandemi berlangsung, jangan khawatir! Klik tautan ini untuk UMKM dan tautan ini untuk bisnis korporat/perusahaan.


Tertarik untuk bergabung di OY! Bisnis? Yuk, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis untuk mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi dengan pelanggan. Tingkatkan penjualan bisnis sehingga kamu bisa mengoptimalkan cara jualan online yang telah kamu terapkan.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023