Tips Sukses Jualan Online yang Perlu Kamu Terapkan

Atia Tobing
|
January 6, 2022

Tips Sukses Jualan Online yang Perlu Kamu Terapkan - Jumlah bisnis online kian meningkat seiring berjalannya waktu. Hal ini disebabkan oleh ketertarikan masyarakat dalam memperoleh keuntungan melalui kegiatan berbisnis secara daring.

Apakah kamu juga berminat untuk jualan online? Jangan salah, walaupun hampir semua prosesnya dilakukan via gadget atau komputer, banyak hal yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai suatu bisnis, loh!

Untuk mencapai kesuksesan jualan online, kamu tentu harus berusaha semaksimal mungkin! Perlu diketahui bahwa persaingan bisnis di ranah digital sangat ketat karena banyaknya strategi bisnis yang dapat diterapkan secara online.

Jika kamu ingin bisnis jualan online kamu sukses, kamu perlu menerapkan beberapa tips yang mampu membantu kamu dalam menyukseskan bisnis. Apa saja tipsnya?

Tenang, kami sudah menyiapkan tips sukses jualan online untuk kamu. Simak terus artikel OY! berikut ini!

Ingin Jualan Online? Kamu Harus Cermat!

Di Indonesia, bisnis tidak hanya berlangsung di toko, pasar, atau pusat perbelanjaan saja. Perkembangan teknologi telah memungkinkan para pemilik bisnis untuk jualan online.

Sebagian besar masyarakat pun telah mengandalkan teknologi dan internet untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk saat berbelanja. Alhasil, para pengusaha perlu menyesuaikan kebiasaan masyarakat yang telah berubah dengan menyediakan metode belanja secara daring.

Jualan online tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus dipelajari dan dipertimbangkan oleh setiap orang yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis online. Sebab, persaingan tidak hanya dengan kompetitor dalam negeri, tetapi juga kompetitor dari luar negeri, mengingat dunia maya yang tersebar secara global!

Lantas, bagaimana cara jualan online dengan baik dan benar? Ikuti 5 tips sukses jualan online versi OY! Indonesia di bawah ini!

5 Tips Sukses Jualan Online

Jika kamu berencana untuk memiliki bisnis online, kamu harus tahu beberapa tips agar bisnis kamu sukses. Berikut 5 tips sukses jualan online yang perlu kamu terapkan!

Buat Website Khusus untuk Bisnis

jualan online

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat website khusus untuk bisnis kamu. Mengapa demikian?

Pembuatan website tentu akan menjadi nilai plus untuk bisnis kamu. Alasannya adalah website akan memudahkan pelanggan dalam melihat jualan online kamu secara lebih detail, baik produk maupun jasa. 

Untuk membuat website, jasa pembuatan website online shop adalah solusi terbaik dalam mendesain situs belanja online yang diinginkan. Setelah website berhasil dibuat, kamu bisa langsung jualan online melalui website tersebut!

Ingin memakai jasa pembuatan website untuk bisnis? Ikuti tipsnya di sini.

Manfaatkan E-Commerce dan Marketplace

jualan online

Poin ini sangat penting dan wajib kamu terapkan! Apa artinya jika kamu ingin jualan online tapi tidak memanfaatkan platform jualan online yang tersedia, misalnya e-Commerce dan marketplace?

Buka akun di berbagai platform jualan online untuk meningkatkan penjualan kamu serta memperluas target pasar. Tampilkan foto produk atau jasa yang akan kamu jual di platform tersebut dan tulis deskripsi produk secara lengkap, tentunya dengan bahasa yang menjual!

Aktifkan Media Sosial dan Susun Strategi Digital Marketing

jualan online

Di era digital seperti sekarang, media sosial sudah menjadi hobi banyak orang. Penggunaan media sosial bukan hanya untuk hiburan saja tapi juga untuk belanja online serta mencari tahu tentang produk atau jasa yang dibutuhkan. Jadi, kamu harus jualan online dengan mengaktifkan berbagai media sosial yang ramai pengguna di Indonesia.

Tak hanya media sosial, kamu juga bisa menerapkan pemasaran secara online (digital marketing) melalui berbagai platform, seperti aplikasi chatting, email, dan lain sebagainya. Sebelumnya, susun strategi pemasaran yang dapat memaksimalkan peningkatan jualan online.

Metode digital marketing yang bisa kamu coba pun bervariasi. Sebagai contoh, penulisan konten media sosial, promosi melalui grup aplikasi chatting, pembuatan video deskripsi produk atau review, pengadaan webinar, dan masih banyak lagi!

Belajar tentang Strategi Jualan Online secara Mendalam

jualan online

Apa salahnya belajar untuk mengembangkan bisnis, kan? Nah, bagi kalian yang masih bingung dan belum terlalu memahami cara jualan online secara efektif, kamu bisa belajar tentang hal-hal tersebut.

Untuk mempelajari cara jualan online, kamu bisa belajar sendiri, loh! Saat ini, banyak media edukasi yang membahas tentang strategi pengelolaan bisnis online, seperti webinar, workshop, kelas online, dan video edukasi yang diunggah di internet.

Berikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan

jualan online

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap pemilik bisnis, khususnya mereka yang jualan online. Faktanya, mayoritas pelanggan akan beralih pada bisnis yang menerapkan pelayanan dengan baik, responsif, dan pastinya tidak ribet!

Selain memberikan pelayanan pelanggan (customer service) terbaik, ada satu hal lagi yang wajib kamu lakukan. Kamu juga harus memastikan bahwa sistem pembayaran bisnis jualan online kamu mampu memudahkan pelanggan ketika melakukan transaksi atau pembelian.

Kualitas pelayanan pelanggan yang tinggi dan proses pembayaran yang mudah mampu meningkatkan penjualan, loh! Kepuasan pelanggan terhadap bisnis kamu akan memicu mereka untuk melakukan pembelian kembali (repeat order) di kemudian hari.

Sekian tips sukses jualan online yang perlu kamu terapkan. Apabila kamu seorang pemula, jadikan penjelasan di atas sebagai panduan dalam mengelola bisnis online, ya!

Untuk memudahkan proses pembayaran kepada pelanggan, kami punya solusi yang tepat untuk kamu. Pakai saja OY! Payment Link dari OY! Bisnis.

Apa itu OY! Payment Link? Telusuri lebih lanjut pada ulasan berikut ini!

Sediakan Kemudahan dalam Bertransaksi kepada Pelanggan dengan OY! Payment Link

jualan online

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan menggunakan produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan banyak pilihan metode pembayaran, seperti transfer bank, e-Wallet, virtual account, kartu kredit, dan QRIS. Proses pembayarannya pun mudah, cepat, dan tidak ribet sama sekali!

Jika metode pembayaran yang kamu sediakan untuk pelanggan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan, jualan online kamu pasti akan ramai pembeli! Produk OY! Payment Link mengoptimalkan kualitas pelayanan, termasuk dalam hal rekonsiliasi keuangan. Semua transaksi yang kamu lakukan akan tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Apabila kamu ingin menggali informasi mengenai UMKM Indonesia dan mencari tahu bagaimana OY! Bisnis dapat membantu usaha jualan online kamu berkembang di era digital dan selama pandemi berlangsung, jangan khawatir! Kamu bisa telusuri informasinya di sini.


Ingin menggunakan produk OY! Payment Link? Tunggu apa lagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis untuk menikmati kemudahan dalam bertransaksi dengan pelanggan serta meningkatkan penjualan online kamu!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang