Langkah Memulai Bisnis Online Shop

Luthfa
|
August 12, 2021

Dibandingkan berjualan secara offline (konvensional), kini lebih banyak orang yang tertarik untuk merintis bisnis online shop. Sistem online yang dirasa lebih mudah dan efektif jadi alasan mengapa banyak orang kini berlomba-lomba untuk berjualan secara daring.

Bisnis online shop juga dinilai menguntungkan karena tak perlu menyewa toko sehingga bisa menghemat pengeluaran. Jenis usaha ini tentu sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak modal. Tertarik utnuk memulai bisnis online shop?

Sebelum Anda memulainya, sebaiknya simak dulu langkah awal memulai bisnis online shop agar bisnismu berjalan lancar!

Langkah Awal Memulai Bisnis Online Shop

langkah memulai bisnis online shop

Merintis bisnis online bukanlah perkara sulit, tapi juga tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi, ada begitu banyak pesaing yang juga memiliki produk yang sama dengan produk yang Anda jual.

Untuk itulah, penting mempelajari tips dan trik berjualan secara online agar bisnis online shop dapat bersaing dan bertahan. Lantas, bagaimana langkah awal memulai bisnis online shop? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Pahami produk apa yang mau dijual

langkah memulai bisnis online shop

Ketahuilah bahwa akan ada risiko yang terjadi jika Anda memutuskan berjualan secara online. Salah satunya adalah risiko saat proses pengiriman. Ya, Anda harus memastikan bahwa barang yang dikirim selamat sampai tujuan tanpa adanya kerusakan sedikit pun.

Maka dari itu, Anda harus mencari kurir yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Misalnya Anda berjualan barang pecah belah, Anda tidak disarankan untuk menggunakan jasa kurir ekspedisi karena berisiko menyebabkan barang hancur meskipun Anda sudah meminta pihak ekspedisi untuk menempelkan stiker fragile di paket produk Anda.

Atau, bila Anda berjualan makanan tidak tahan lama, maka Anda harus menggunakan jasa pengiriman instant atau same day agar ketika makanan sampai ke tangan pembeli rasa dan bentuk makanan masih dapat dinikmati.

2. Tentukan platform untuk berjualan bisnis online shop

langkah memulai bisnis online shop

Saat ini ada begitu banyak platform yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan online. Tentukanlah platform apa saja yang mau Anda gunakan agar Anda bisa menyusun strategi yang tepat untuk bisnis online Anda.

Pastikan bahwa platform yang Anda pilih dapat mempermudah para pelanggan untuk membeli produk Anda. Jadi, misalnya Anda menjual barang otomotif yang harganya mencapai jutaan, pilihlah platform yang memang dikenal menjual barang-barang tersebut.

3. Foto produk dengan jelas dan detail

Dikarenakan pembeli Anda hanya bisa melihat produk Anda melalui layar gadget, pastikan foto produk yang Anda upload jelas dan menampilkan seluruh bagian produk secara detail. Selain itu, foto yang diambil juga harus semenarik mungkin agar menarik perhatian para pembeli.

4. Atur keuangan Anda

Untuk memulai bisnis online shop, Anda harus membuka rekening khusus untuk bisnis Anda. Hal ini diperlukan guna memisahkan antarauang pribadi dan uang bisnis agar tidak bercampur. Cara ini juga memudahkan Anda untuk menghitung pada asaat tutup buku.

Selain itu, Anda perlu memerhatikan sistem pembayaran yang akan Anda gunakan. Mengingat ini adalah bisnis online, sistem pembayarannya pun harus dilakukan secara online. Jika Anda kesulitan untuk menyediakan metode pembayaran otomatis, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa pembayaran online seperti payment gateway.

Jasa pembayaran online akan memudahkan Anda dalam memfasilitasi para pembeli saat melakukan pembayaran. Dengan bantuan mereka, Anda dapat menerima pembayaran secara otomatis tanpa harus meminta konfirmasi dari pembeli.

Selain itu, jasa pembayaran online juga akan membantu Anda dalam hal rekonsiliasi keuangan sehingga Anda tidak perlu mengecek mutasi rekening saat kegiatan tutup buku. Tentunya hal ini sangat menguntungkan Anda sebagai pemilik bisnis online shop.

5. Perhatikan kualitas produk

langkah memulai bisnis online shop

Anda harus menjaga kepercayaan pelanggan mengenai produk yang Anda jual dengan cara memerhatikan kualitas produk. Ingatlah bahwa menarik pelanggan bukan hanya dari platform saja, tapi juga bisa dari mulut ke mulut.

Ketika produk yang Anda tawarkan memang bagus dan tidak mengecewakan pembeli, maka besar kemungkinannya bahwa pembeli akan merekomendasikan produk Anda ke orang lain. Begitu pun sebaliknya, ketika produk yang mereka dapatkan ternyata mengecewakan, maka nama toko online Anda pun akan tercoreng.

Tingkatkan Penjualan dengan Mendaftarkan Bisnis Anda di OY! Bisnis

Jika Anda sudah siap untuk berjualan online, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari cara dalam menyediakan metode pembayaran untuk pelanggan. Ya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa berjualan secara online artinya Anda harus siap dengan sistem pembayaran yang juga harus dilakukan secara online.

Untuk memfasilitasi pelanggan dalam melakukan pembayaran, Anda bisa menggunakan jasa pembayaran online seperti OY! Bisnis. Dengan OY! Bisnis, Anda dapat menyediakan sistem pembayaran otomatis yang memudahkan konsumen.

Sebagai pemilik toko online, Anda juga bisa dengan mudah menerima pembayaran dari konsumen. Sebab dengan OY! Bisnis, Anda bisa mendapatkan konfirmasi pembyaran otomatis sehingga Anda tidak perlu mengecek transaksi satu per satu.

Tentunya hal ini dapat menguntungkan bisnis Anda. Maka dari itu, segeralah daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis dan nikmati keuntungan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang