Tips Menyusun Strategi Pemasaran UMKM

Luthfa
|
November 18, 2021

Strategi pemasaran UMKM menjadi hal paling penting yang perlu dipikirkan oleh pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah. Bukan tanpa alasan, sebab dengan strategi yang tepat, kamu bisa mengembangkan usaha dan menjalankannya dengan lancar.

Untuk itulah, dibutuhkan pemikiran yang matang agar bisa menghasilkan strategi pemasaran UMKM yang baik. Meski bukan perkara mudah, tapi cobalah untuk fokus pada hal-hal yang menjadi kelebihan produkmu. Dengan begitu, kamu jadi tahu poin apa saja yang bisa dijadikan strategi untuk meningkatkan penjualan.

Supaya lebih memudahkan kamu dalam menentukan strategi pemasaran UMKM, berikut kami berikan beberapa cara jitu menyusun strategi pemasaran usaha kecil.

Tips Menyusun Strategi Pemasaran UMKM

strategi pemasaran UMKM

Dalam menyusun strategi pemasaran UMKM, ada beberapa hal agar yang penting kamu perhatikan agar strategi pemasaran yang kamu buat berjalan dengan baik. Apa saja?

Konsistensi

strategi pemasaran UMKM

Semua orang pasti setuju kalau merintis bisnis adalah hal yang tidak mudah. Persaingan yang begitu kuat dengan banyaknya kompetitor yang ada tentu membuat kamu harus pintar dalam memikirkan cara untuk bertahan. Jika tidak mampu, kamu harus rela untuk gulung tikar.

Nah, kunci untuk bertahan di tengah gempuran bisnis UMKM adalah konsistensi. Strategi pemasaran UMKM satu ini memang terdengar klise, tapi dengan tekad yang kuat, kamu pasti bisa bersaing dengan kompetitor.

Cobalah untuk menghindari pikiran negatif, lakukan hal baru, dan terus belajar. Selain itu, evaluasi produk serta cara pemasaran secara berkala. Bila perlu, libatkan orang-orang di sekitar kamu yang memiliki usaha serupa untuk sharing informasi seputar tips dan trik pemasaran produk.

Perencanaan

strategi pemasaran UMKM

Penyusunan strategi pemasaran UMKM tak lepas dari yang namanya perencanaan. Oleh karenanya, luangkan waktu untuk merencanakan visi dan misi usaha, tujuan usaha, konsep dan strategi pemasarannya serta anggaran marketing yang hendak digelontorkan.

Dengan perencanaan yang tepat dan benar, maka akan membantu kamu dalam menentukan target jangka panjang. Selain itu, adanya perencanaan juga akan memudahkan kamu dalam melakukan pengawasan dan pengendalian usaha setiap harinya.

Strategi

strategi pemasaran UMKM

Inilah tahap penyusunan strategi pemasaran UMKM yang paling penting. Bisa dibilang strategi adalah dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan. Dengan adanya strategi pemasaran, pemilik UMKM dapat dengan mudah menentukan target pasar dan bagaimana cara membidik pelanggan agar tepat sasaran.

Selain itu, strategi juga akan memudahkan kamu dalam menjaga konsumen sebagai pelanggan tetap. Namun, strategi harus dipikirkan matang-matang agar semua rencana yang sudah kamu susun berjalan sesuai harapan.

Anggaran

strategi pemasaran UMKM

Menghitung anggaran merupakan bagian dari proses penyusunan strategi pemasaran UMKM. Dari anggaran yang dibuat, kamu bisa menentukan seberapa banyak dana yang dibutuhkan  untuk kegiatan pemasaran. Umumnya, anggaran berisi pengeluaran, harga jual barang, jumlah penjualan, dan waktu serta tempat penjualan.

Branding

strategi pemasaran UMKM

Branding dibutuhkan agar kamu lebih mudah dalam menerapkan strategi pemasaran UMKM yang telah dibuat. Sebab dengan branding, bisnis kamu memiliki identitas sehingga lebih mudah dikenali oleh masyarakat. Mulailah branding produk kamu dengan membuat logo, gambar, nama dagang/merk, dan tentukan keunikan dari produk milik kamu.

Website

strategi pemasaran UMKM

Untuk mempermudah kamu dalam melakukan strategi pemasaran UMKM, penting untuk membuat website UMKM kamu sendiri. Dengan adanya website, kamu akan mempermudah calon pelanggan untuk membeli produk kamu.

Terlebih saat ini, masyarakat lebih senang belanja online ketimbang datang langsung ke toko. Oleh karenanya, website menjadi salah satu unsur strategi pemasaran UMKM yang tak boleh kamu lewatkan.

Promosi

strategi pemasaran UMKM

Dalam menyusun strategi pemasaran UMKM, jangan lupakan promosi. Bagaimana pun semua orang menyukai promo, baik berupa diskon, cashback, atau promo seperti buy 1 get 1.

Lakukan promosi secara rutin guna menarik konsumen. Agar keuangan kamu tetap stabil, sebaiknya sediakan anggaran khusus untuk promosi. Selain itu, jangan takut untuk beriklan guna membuat produk kamu lebih dikenal luas.

Tingkatkan Penjualan Usaha UMKM dengan OY! Bisnis

Menggunakan OY! Bisnis adalah salah satu strategi pemasaran UMKM yang bisa kamu lakukan jika ingin usaha UMKM kamu lebih dikenal publik. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, strategi UMKM ini cukup menjanjikan bukan? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran! 

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023