5 Strategi UMKM agar Bisa Bersaing di Pasar Global

Shafira
|
November 11, 2021

Strategi UMKM kini tidak hanya berkutat di ranah domestik. Dengan semakin terbukanya pasar global, banyak kesempatan dan potensi yang dapat dicapai oleh UMKM lokal dalam bersaing dengan kompetitor di seluruh dunia. 

Setiap pemilik UMKM tahu bahwa persaingan mereka tidak hanya terbatas pada sesama usaha kecil. Ada banyak brand raksasa di seluruh penjuru negeri yang memiliki jangkauan pelanggan yang luas. Untuk mencapai pasar global, dibutuhkan strategi jitu dan tepat yang harus diterapkan oleh para pelaku UMKM. 

Di bawah ini adalah lima strategi yang diperlukan untuk meningkatkan usaha UMKM kamu di pasar internasional yang sedang booming.

Strategi Pemasaran UMKM

Bangun Presensi Digital yang Solid untuk UMKM Anda

Melalui pemasaran digital, sangat mudah bagi usaha kecil untuk menciptakan ruang kehadiran di internet secara besar. Saat ini, kegiatan pemasaran bisnis tidak perlu lagi dilakukan secara offline. Pemasaran melalui media sosial yang dilakukan secara organik merupakan salah satu cara terbaik bagi kamu untuk bertemu dengan konsumen dan menaikkan nama usaha di dunia maya. 

Kehadiran digital juga dapat membuat usaha UMKM tampak lebih kredibel. Calon pelanggan akan memiliki kesempatan untuk melakukan ‘penelitian kecil’ sebelum membeli dan mempertimbangkan kredibilitas usaha. Dengan memiliki presensi digital, kamu memiliki kesempatan untuk menawarkan informasi mengenai UMKM milikmu yang berguna bagi calon pelanggan.

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Sebagai pelaku usaha UMKM, kamu memiliki kemampuan untuk mengembangkan hubungan yang lebih dalam, lebih kuat, dan lebih pribadi dengan pelanggan. Layanan pelanggan (customer service) memiliki nilai yang sama besarnya dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Pelanggan menghargai pengalaman dan hubungan yang dialami saat menggunakan suatu produk atau layanan. Ketika suatu usaha berhasil menciptakan kesan yang positif melalui layanan pelanggan, pelanggan akan cenderung senang dan nyaman dengan usaha milikmu.

Segmentasikan & Saring Target Audiens Bisnis

Strategi UMKM ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu dapat melihat prospek usaha UMKM milikmu ke depannya. Untuk meraih pasar global, dibutuhkan proses riset mendalam mengenai audiens bisnis di luar dari pasar yang sekarang sedang menjadi fokus utama usahamu.

Segmentasi memungkinkan kamu untuk membidik target bisnis dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan kamu untuk fokus dan mengoptimalkan cara kamu berinteraksi dengan pelanggan berdasarkan minat, perilaku, dan demografi mereka. Dengan segmentasi dan penyaringan target audiens, kamu dapat mencapai target pasar yang jauh lebih akurat.

Strategi pemasaran UMKM

Melakukan Ekspansi dengan Logistik

Saat memulai bisnis, kamu harus mengembangkan pendekatan yang dipersonalisasi dan mekanisme pengiriman cepat untuk pelanggan. Proses pengiriman yang stabil meningkatkan pemenuhan kepuasan pelanggan. Faktor-faktor ini memainkan peran yang menentukan dalam membangun citra merek UMKM milikmu. Sangat penting untuk memilih metode pengiriman yang sesuai.

Sebagian besar usaha menggabungkan beberapa opsi pengiriman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Apabila kamu ingin mulai menjelajahi pasar internasional, kamu perlu merancang kebijakan logistik yang strategis serta dibarengi dengan rencana pendanaan yang tepat.

Meningkatkan Performa Pembayaran

Teknologi pembayaran makin berkembang pesat tiap harinya. Berawal dari metode pembayaran yang hanya berkutat dengan uang tunai, kini pembayaran dapat dilakukan tanpa harus memiliki uang tunai. Tidak hanya bergantinya metode pembayaran, masyarakat juga dapat melakukan pembayaran tanpa perlu harus melakukan kontak fisik dengan pihak merchant

Akhir-akhir ini pembayaran model contactless atau nirsentuh semakin digaungkan di kalangan pelaku UMKM. Strategi UMKM ini sangat cocok untuk menanggapi fenomena pandemi. Berbagai bisnis sudah mulai beralih ke pembayaran nirsentuh untuk membantu memotong rantai virus di masyarakat. Menerapkan pembayaran nirsentuh dalam usaha UMKM bukanlah hal yang sulit dilakukan dengan hadirnya platform pembayaran.

Strategi Pemasaran UMKM

Tingkatkan Performa Anda dengan OY! Bisnis

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis kamu. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan performa UMKM, kami menghadirkan berbagai fitur dan layanan pembayaran bisnis yang dapat membantu usaha UMKM milikmu meningkatkan performa pembayaran.

Segera daftarkan UMKM milikmu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023