Strategi Pemasaran UMKM untuk Meningkatkan Daya Saing

Shafira
|
November 12, 2021

Strategi pemasaran UMKM terus berubah mengikuti perkembangan tren bisnis dan teknologi. Perubahan teknologi yang cepat dan globalisasi pasar berdampak besar pada persaingan bisnis lingkungan dan menciptakan kemungkinan baru untuk memperkuat pengembangan UMKM. 

Kini UMKM tidak hanya bersaing dengan sesama UMKM, namun juga dengan pasar global yang menghadirkan cabang-cabang bisnis mereka di setiap penjuru Indonesia. Untuk mengantisipasi hal tersebut, para pelaku UMKM harus menyusun strategi pemasaran UMKM jitu yang dapat meningkatkan daya saing usaha untuk bertahan di kompetisi pasar.

Berikut beberapa tips strategi pemasaran UMKM yang dapat diikuti.Berikan Produk dan Layanan yang Terbaik

Strategi Pemasaran UMKM



Berikan Produk dan Layanan yang Terbaik

Jika kamu ingin mengalahkan pesaing Anda, salah satu strategi pemasaran UMKM terbaik yang dapat kamu terapkan adalah dengan menyediakan produk atau layanan yang luar biasa di dalam usahamu. Mengapa begitu? Kebanyakan konsumen sangat mengandalkan ulasan dari mulut-ke-mulut. Apabila konsumen memberikan ulasan yang positif terhadap layanan usahamu, ulasan tersebut dapat menjadi pengaruh utama dalam keputusan pembelian mereka.

Logo usaha yang bagus dan branding yang efektif tentunya juga akan memainkan peran kunci dalam kesuksesan UMKM milikmu. Namun, jika produk atau layanan tidak meninggalkan kesan positif yang bertahan lama, usahamu tidak akan berhasil mendapatkan loyalitas, pelanggan tetap, ataupun pelanggan baru. Terus perbaiki produk dan layanan usaha UMKM milikmu lalu fokuskan perhatianmu pada respon dari pelanggan.


Tetapkan Merek Usaha Milikmu

Dengan produk atau layanan yang luar biasa, saatnya untuk mengerjakan branding usahamu. Pencitraan merek usaha lebih dari sekadar logo yang menarik. Cara terbaik untuk tetap diingat pelanggan adalah menjadi beda dari yang lainnya. Usaha UMKM milikmu mungkin bukan bisnis pertama yang menawarkan apa yang kamu coba hadirkan ke masyarakat.

Apa yang akan membedakan usaha milikmu dari orang lain adalah branding yang merepresentasikan identitas usahamu. Membangun citra usaha membutuhkan waktu untuk membangun kesan di pikiran para pelanggan, jadi ketekunan dan ketelatenan dalam membangun branding merupakan kunci utama. Ciptakan kesan baru yang berbeda dari para pesaingmu.

Strategi Pemasaran UMKM

Lakukan Analisis Terhadap Usaha yang Dimiliki

Jika kamu ingin menonjol dari pesaingmu, usaha milikmu harus berbeda dari mereka. Jika kamu ingin membangun merek usaha yang kuat, kamu harus menunjukkan dengan tepat apa yang membuat usahamu unik dengan melakukan analisis SWOT. Selain itu, kamu harus memanfaatkan pembeda kompetitif.

Seperti namanya, pembeda kompetitif adalah hal-hal spesifik yang membuat usaha milikmu berbeda dari milik pesaing. Setelah melakukan brainstorming dan membuat daftar pembeda kompetitif usaha UMKM-mu, pastikan untuk menerapkannya ke dalam budaya bisnis dan strategi pemasaran UMKM milikmu.

Fokus Pada Inovasi Produk dan Layanan

Banyak usaha redup ketika mereka berhenti berinovasi. Adapun kasus dimana suatu usaha membuat produk viral lalu berhenti pada kesuksesan produk itu saja. Bisnis tidak memiliki tempat istirahat. Berinovasi dalam bisnis merupakan bentuk kerja keras untuk mengungguli apa yang sudah diciptakan sebelumnya.

Bandingkan layanan UMKM milikmu dengan layanan pesaingmu. Jika mereka benar-benar berada di tingkat yang sama, kamu perlu meningkatkan layanan usahamu dan mengalahkan mereka. Selanjutnya, bandingkan produk milikmu dengan produk pesaing. Lihat apakah usahamu sudah berada di tingkat yang sama dengan mereka. Tujuanmu adalah untuk mengungguli usaha milik mereka.

Strategi Pemasaran UMKM

Tingkatkan Performa UMKM Milikmu dengan OY! Bisnis

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis kamu. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan performa UMKM, kami menghadirkan berbagai fitur dan layanan pembayaran bisnis yang dapat membantu usaha UMKM milikmu meningkatkan performa pembayaran.

Segera daftarkan UMKM milikmu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023