Tips Membuat Promo yang Menarik untuk Bisnis UMKM

Luthfa
|
November 24, 2021

Baru merintis bisnis UMKM dan ingin menggaet lebih banyak pelanggan? Tak perlu bingung, lakukan saja promosi besar-besaran! Mengingat semua orang menyukai promo, tentunya ini adalah cara paling tepat untuk menarik pelanggan baru.

Meski begitu, kamu harus berhati-hati dalam membuat promo karena mungkin kompetitor juga sedang melakukan hal serupa. Oleh karenanya, penting untuk memikirkan trik supaya konsumen mau memilih untuk membeli produkmu alih-alih produk pesaing.

Berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan agar promo bisnis UMKM kamu lebih menarik sehingga mendorong konsumen untuk belanja di toko kamu.

Tips Membuat Promo yang Menarik untuk Bisnis UMKM

Tips membuat promo untuk bisnis umkm

Dalam membuat promo bisnis UMKM, kamu harus bisa membuat calon pelanggan yang tadinya tidak ingin belanja apa-apa tapi saat melihat promo yang kamu buat mereka malah tergoda untuk membelinya. Inilah promosi yang berhasil karena mampu membuat orang menjadi tertarik untuk membeli apa saja yang ditawarkan.

Nah, bagi kamu yang ingin produknya laris manis dan diserbu pelanggan, berikut cara-cara promosi menarik yang bisa kamu coba terapkan dalam bisnis UMKM milikmu.

Berikan promo pada hari spesial

Tips membuat promo untuk bisnis umkm

Agar promosi bisnis UMKM kamu sukses, buatlah promo spesial di hari yang spesial pula. Misalnya, pada Harbolnas, Lebaran, Natal, dan tahun baru. Sebab dengan mengadakan promo musiman seperti itu, kamu tidak hanya menjaga pelanggan lama supaya tidak kabur, tapi juga berkesempatan untuk menggaet konsumen baru.

Saat mengadakan promo, gunakan tema campaign yang sesuai dengan momen agar promo terlihat lebih menarik dan up to date. Selain itu, promo yang diberikan juga harus tampak besar-besaran mengingat momen yang kamu sasar adalah hari spesial.

Misalnya, kamu bisa membuat promosi seperti “SALE UP TO 70%” atau “CUCI GUDANG UP TO 50%”. Penulisan angka tersebut akan membuat orang lebih tertarik dengan promo yang kamu buat.

Buat konsep yang unik

Tips membuat promo untuk bisnis umkm

Selain memberikan potongan harga, kamu juga bisa harus membuat konsep yang unik untuk promosi bisnis UMKM milikmu. Misalnya, berikan diskon khusus untuk pemilik nama tertentu atau yang berulang tahun pada tanggal tertentu.

Konsep promosi yang ditawarkan juga bisa berupa bundling, cross selling, atau upper selling di mana kamu akan memberikan nilai tambah pada produk yang hendak dibeli konsumen. Semakin unik promo bisnis UMKM yang ditawarkan, semakin mudah pula untuk kamu menarik pelanggan. 

Ada batas waktunya

Tips membuat promo untuk bisnis umkm

Tips membuat promosi yang menarik untuk bisnis UMKM selanjutnya adalah memberikan batas waktu. Ya, setiap promo yang dibuat harus memiliki durasi promo masing-masing. Durasi promo bisa beragam jangka waktunya, baik mingguan, harian, atau bahkan hanya beberapa jam seperti flash sale.

Dengan cara ini, dijamin konsumen akan buru-buru membeli produk kamu agar tidak kehabisan. Selain batas waktu, kamu juga memberikan limit pada jumlah pembeli, misalnya promo hanya berlaku untuk 100 orang customer pertama.

Tetapkan minimal pembelian

Tips membuat promo untuk bisnis umkm

Kalau kamu menginginkan konsumen bertransaki dalam jumlah besar, tetapkan saja minimal pembeliannya. Sebagai contoh, pelanggan hanya akan mendapatkan diskon jika total barang yang dibeli mencapai harga tertentu. Dengan begini, bisnis UMKM kamu akan laris manis!

Promosi dalam bentuk gratis ongkir

Tips membuat promo untuk bisnis umkm

Jika bingung menentukan promosi dalam bentuk apa, kamu bisa mencoba promosi gratis biaya ongkir. Tak bisa dimungkiri bahwa masyarakat lebih senang belanja produk bisnis UMKM secara online sehingga promo ini tentu akan menyenangkan hati konsumen.

Meski promosinya tidak seberapa, tapi pemberian gratis ongkir setidaknya akan meringankan biaya konsumen saat belanja online. Terlebih bagi konsumen yang lokasinya berada di pulau Jawa pasti sangat terbantu dengan adanya promosi gratis ongkir.

Tingkatkan Penjualan Usaha UMKM dengan OY! Bisnis

Menggunakan jasa payment gateway seperti OY! Bisnis adalah salah satu strategi bisnis UMKM yang bisa kamu lakukan jika ingin bisnis UMKM kamu lebih dikenal publik. Payment gateway seperti OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagi kamu yang ingin menggali informasi mengenai bisnis UMKM di Indonesia atau ingin mengetahui bagaimana cara OY! Indonesia membantu pengelolaan keuangan UMKM, cari tahu informasinya di sini.   

Bagaimana, strategi UMKM ini cukup menjanjikan bukan? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!


Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang