Cara Bikin Bisnis UMKM Menonjol dari Kompetitor

Luthfa
|
November 24, 2021

Semua pemilik bisnis UMKM pasti menginginkan bisnisnya terlihat lebih menonjol dari pesaing. Sebab dengan begitu, produk kamu akan mendapatkan tempat di hati para konsumen.

Namun, untuk membuat bisnis menonjol dibutuhkan strategi yang jitu mengingat sangat sulit untuk menjadi yang berbeda di tengah pasar yang mulai jenuh. Bukan berarti menjadi unik tidak mungkin, hanya saja bisnis kamu harus memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

Jika ingin bisnis kamu mudah diingat oleh konsumen, beberapa cara di bawah ini dapat membantu bisnis UMKM kamu terlihat lebih menarik dan pastinya menonjol. Dengan begitu, kamu juga dapat bersaing secara halus. 

Cara Bikin Bisnis Menojol dari Pesaing

cara bikin bisnis umkm menonjol

Untuk menjadi yang berbeda memang tidak mudah, apalagi produk/jasa yang kamu tawarkan sangat umum. Namun, kamu masih bisa mengupayakannya dengan pola penjualan yang anti mainstream. Berikut adalah cara memastikan bahwa bisnis UMKM kamu lebih menonjol dibandingkan yang lain.

Bagikan pengetahuan kamu tentang industri yang sedang kamu jalani

cara bikin bisnis umkm menonjol

Jika ingin mendirikan bisnis UMKM, kamu harus mengerti dan memahami apa yang sedang kamu lakukan. Jangan sampai, kamu tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang cara menggerakkan suatu bisnis.

Ya, mau tidak mau kamu harus menjadi expert atau ahli di bidang yang kamu lakukan sekarang. Dengan begitu, kamu bisa membuat dan membagikan konten mengenai industri yang tengah kamu jalani.

Faktanya, orang lebih menyukai artikel yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Jika kamu menyalurkannya dalam bentuk opini, dijamin orang akan tertarik mendengar story tentang bisnis UMKM kamu.

Ciptakan merek yang menjadi identitas produk kamu

cara bikin bisnis umkm menonjol

Sama halnya dengan cara orang tua kita memberi nama kita, kita juga harus mencari nama brand berdasarkan filosofi maupun latar belakang siapa diri kita. Jangan terburu-buru karena merek sebuah produk akan selalu melekat dengan bisnis UMKM kamu.

Luangkan waktu untuk menyusun latar belakang merek produk sehingga kamu dapat menggunakannya untuk menghasilkan keterikatan emosional dengan pelanggan. Jika merek produk kamu mampu membangun emosi pelanggan, mereka akan cenderung membeli produk kamu.

Go to the extra mile

cara bikin bisnis umkm menonjol

Go to the extra mile atau melangkah lebih jauh jadi tips selanjutnya bagi bisnis UMKM agar lebih menonjol dibandingkan yang lain. Maksud dari poin ini adalah kamu tak boleh meremehkan kemampuanmu dalam membangun sebuah bisnis, tapi kamu harus memberdayakan diri kamu dalam mengembangkan bisnis UMKM tersebut.

Lakukan apa yang menurutmu paling tepat bagi kemajuan bisnis kamu dan jangan berhenti untuk melakukannya. Sebab, sekecil apa pun usaha kamu dalam membuat bisnis ini terlihat menonjol pasti akan memberikan dampak positif di kemudian hari.

Bangun layanan pelanggan yang luar biasa

cara bikin bisnis umkm menonjol

Untuk membuat bisnis UMKM kamu menonjol, jangan melulu fokus dalam pengembangan produk saja, tapi kamu juga perlu memerhatikan pelayanan toko kamu. Dengan memberikan pelayanan terbaik, kamu dapat membebaskan diri dari stereotype.

Beri karyawan kamu kesempatan untuk memberikan ide

cara bikin bisnis umkm menonjol

Kamu memang pemilik dari bisnis UMKM, tapi tak ada salahnya untuk mendengarkan pendapat karyawan kamu mengenai ide-ide baru. Karyawan dapat membawa perspektif baru pada perkembangan bisnis kamu.

Berikan mereka kesempatan untuk bersuara dan menyumbangkan ide. Dengan berbagai ide yang kamu dapatkan, maka akan lahir sebuah gagasan terbaik.

Supaya memudahkanmu dalam memandu karyawan untuk berpikir kreatif, latihlah mereka untuk berpikir seperti seorang pengusaha. Menawarkan tanggung jawab yang besar kepada karyawan akan membuat kamu lebih dipercaya oleh mereka.

Bagimana pun, pekerja kamu adalah wajah pertama yang dilihat konsumen. Jika konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan oleh karyawan kamu, tak menutup kemungkinan bahwa konsumen akan bersikap loyal dan terus mendukung bisnis UMKM kamu.

Tingkatkan Penjualan Bisnis UMKM dengan OY! Bisnis

Menggunakan jasa payment gateway seperti OY! Bisnis adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika ingin bisnis UMKM kamu lebih menonjol. Payment gateway seperti OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagi kamu yang ingin menggali informasi mengenai bisnis UMKM di Indonesia atau ingin mengetahui bagaimana cara OY! Indonesia membantu pengelolaan keuangan UMKM, cari tahu informasinya di sini.   

Bagaimana, strategi UMKM ini cukup menjanjikan bukan? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang