5 Ide Bisnis UMKM yang Paling Menjanjikan

Luthfa
|
November 18, 2021

Tak bisa dimungkiri bahwa bisnis UMKM kini menjadi salah satu bisnis yang paling tinggi peminatnya. Bagaimana tidak, bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah ini tidak membutuhkan modal besar tapi dinilai sangat menjanjikan.

Selain itu, bisnis UMKM juga minim risiko kerugian, justru malah bisa bertahan di situasi apa pun. Istilahnya, meski ada badai menerjang, usaha kecil akan tetap kokoh berdiri. Hal inilah yang membuat perkembangan UMKM di Indonesia berkembang semakin pesat.

Ditambah lagi, pemerintah pusat dan daerah semakin gencar memajukan bisnis UMKM. Pemerintah sampai memberikan dana bantuan UMKM atau yang biasa disebut Bantuan Langsung Tunai (BLT). Tentunya ini adalah peluang bagi kamu yang ingin merintis bisnis kecil.

Namun, tidak sedikit dari kamu yang kebingungan dalam memilih bisnis UMKM yang menjanjikan untuk dijalankan. Nah, bagi kamu yang sedang mengalami hal tersebut, berikut kami berikan ide bisnis UMKM yang menjanjikan di Indonesia.

Ide Bisnis UMKM yang Paling Menjanjikan

ide bisnis UMKM

Menentukan bisnis UMKM memang tidak semudah itu karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Misalnya skill, modal, atau tidak adanya pengalaman bisnis. Mungkin kamu tertarik di bidang kuliner, tapi tidak punya skill memasak.

Hambatan memang pasti ada, tapi selama kamu mau belajar dan menekuninya, kamu pasti bisa menjalani bisnis UMKM yang sesuai dengan keinginanmu. Nah, ini dia beberapa rekomendasi ide bisnis UMKM yang bisa kamu pertimbangkan.

Kuliner

ide bisnis UMKM

Bisa dibilang, ini adalah ide bisnis UMKM yang memiliki paling banyak peminat. Mungkin saat ini ada ribuan bisnis UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain karena modalnya yang tidak terlalu besar, usaha di bidang kuliner juga tidak akan pernah mati. Kenapa?

Hal ini karena makanan adalah kebutuhan manusia. Maka dari itu, peluangnya sangat besar jika ingin berbisnis kuliner. Nah, jika tertarik merintis bisnis UMKM di bidang ini, kamu harus fokus terhadap kualitas rasa makanan yang dijual sebab sukses atau tidaknya usaha ini bergantung pada kualitas produk yang kamu tawarkan.

Fashion

ide bisnis UMKM

Sama halnya dengan kuliner, bisnis UMKM di bidang fashion juga tidak akan pernah tenggelam. Fashion memiliki potensi yang begitu besar karena pakaian adalah kebutuhan sekunder manusia. Selain itu, tren fashion juga selalu berkembang dan berganti setiap tahunnya sehingga meningkatkan peluang untuk mendulang keuntungan.

Jika kamu tidak punya modal dan skill dalam dunia fashion, tidak perlu khawatir karena kamu bisa menjadi reseller terlebih dahulu. Menjadi dropship dari brand-brand fashion ternama juga bisa menjadi ide yang tepat.

Sambal berbisnis, kamu bisa melakukan upgrade kemampuan bisnis kamu dan mengumpulkan modal untuk memulai usaha sendiri.

Agribisnis

ide bisnis UMKM

Sesuai namanya, ini adalah bisnis UMKM yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan. Peluang agribisnis di Indonesia boleh dibilang cukup besar. Semenjak pandemi COVID-19, usaha agribisnis kian meroket sebab saat ini lebih banyak orang yang belanja kebutuhan pangan melalui online.

Ya, besarnya permintaan masyarakat akan pembelian sayur mayur secara online membuat banyak pihak tertarik untuk berbisnis di bidang ini. Tentunya ini menjadi peluang bagi kamu yang ingin membuka usaha di bidang agribisnis.

Perlengkapan bayi

ide bisnis UMKM

Bisnis UMKM satu ini mungkin terlihat biasa-biasa saja, padahal pasar produk ini begitu besar. Banyak orang yang membutuhkan perlengkapan bayi untuk diri sendiri maupun kado untuk teman atau kerabat yang baru melahirkan.

Kamu bisa memulai usaha kecil ini dengan menjadi reseller atau mendirikan baby gift shop dan menjual berbagai kebutuhan ibu dan bayi, seperti botol susu, popok, baju bayi, mainan bayi, baju menyusui, dan lain sebagainya.

Digital marketing agency

ide bisnis UMKM

Tak bisa dimungkiri bahwa perkembangan teknologi telah mengubah kebiasaan belanja masyarakat. Semua orang kini lebih tertarik belanja online. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan toko online meningkat tajam.

Meski begitu, kenaikan online shop tidak sejalan dengan kemampuan pemiliknya dalam memasarkan produk secara online. Ya, masih banyak pemilik toko online yang tidak mengerti cara menjalankan digital marketing.

Nah, inilah peluang bagi kamu untuk membuka bisnis UMKM di bidang digital agency. Jika kamu memiliki keahlian di bidang digital marketing seperti Search Engine Optimization (SEO), content writing, copywriting, hingga website, usaha digital marketing agency sangat disarankan.  

Tingkatkan Penjualan Bisnis UMKM dengan OY! Bisnis

Setelah mencari tahu ide bisnis UMKM, kini saatnya kamu memikirkan cara mengembangkan bisnis kamu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Jika kamu membutuhkan informasi tambahan mengenai UMKM dan pengin tahu lebih lanjut bagaimana OY! Bisnis dapat membantu UMKM kamu berkembang, kamu bisa cek informasinya di sini.

Bagaimana, tertarik bergabung dengan OY! Bisnis untuk tingkatkan penjualan bisnis UMKM? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang