Tips Bisnis UMKM untuk Tingkatkan Penjualan di Marketplace

Luthfa
|
December 28, 2021

Kini banyak dari pemilik bisnis UMKM yang mengandalkan situs berjualan online untuk memasarkan produknya. Bukan tanpa sebab, perkembangan teknologi telah mengubah cara masyarakat dalam berbelanja. Dari yang tadinya langsung datang ke toko, kini hanya mengandalkan online shop.

Hal inilah yang membuat para pelaku usaha berbondong-bondong untuk membuka toko online di berbagai situs belanja online, termasuk marketplace. Marketplace sendiri bisa dibilang jadi salah satu ‘wadah’ yang mampu meningkatkan pendapatan pemilik bisnis UMKM.

Dalam hitungan detik, produk yang kamu unggah di toko online kamu bisa dilihat oleh jutaan masyarakat. Tak heran kalau banyak pelaku usaha yang sukses berjualan online di marketplace.

Jualan di marketplace memang sangat mudah, terlebih kamu tidak membutuhkan biaya untuk ‘membuka’ toko di marketplace tersebut. Namun, kamu harus pintar dalam mengatur strategi mengingat ada banyak pesaing yang menjual produk serupa.

Supaya jualan kamu laris manis saat berjualan di marketplace, berikut tips sukses jualan online di marketplace untuk pemilik bisnis UMKM.

Tips Bisnis UMKM untuk Tingkatkan Penjualan di Marketplace

tips bisnis umkm berjualan di marketplace

Baru mau mencoba jualan di marketplace? Jangan khawatir, meskipun jumlah toko online di marketplace sangat banyak, kamu tidak perlu cemas. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa bersaing dengan toko lainnya.

Berikut beberapa tips bisnis UMKM untuk tingkatkan penjualan di marketplace.

Lengkapi profil toko

tips bisnis umkm berjualan di marketplace

Pertama-tama, lengkapi hal-hal dasar terlebih dahulu. Mulai dari nama toko bisnis UMKM, display picture, deskripsi toko, dan link ke website toko online dan media sosial. Buat nama toko semenarik mungkin agar mudah diingat dan tampilkan display picture yang profesional guna membuat toko kamu terlihat meyakinkan.

Deskripsi toko yang kamu hendak kamu isi juga harus diisi sedemikian rupa agar pembeli dapat mengetahui gambaran dari produk kamu. Dengan begitu, orang pun tidak akan ragu untuk berbelanja di toko online kamu.

Foto produk

tips bisnis umkm berjualan di marketplace

Selain hal-hal dasar, kamu juga harus melengkapi foto produk bisnis UMKM kamu. Foto yang digunakan harus yang memiliki resolusi yang bagus serta menampilkan detail produk dengan sangat jelas.

Cantumkan pula informasi produk, mulai dari spesifikasi, warna, ukuran, material, stok, dan sebagainya. Informasi produk ini sangat penting karena kalau ada informasi yang tidak lengkap, calon pembeli harus bertanya dulu kepada kamu.

Hal ini tentu memakan waktu dan membuat calon pembeli jadi enggan untuk bertransaksi. Mereka pasti akan lebih tertarik untuk berbelanja di toko lain yang menampilkan informasi produk lebih jelas.

Sediakan pilihan jasa pengiriman yang beragam

tips bisnis umkm berjualan di marketplace

Poin satu ini mungkin terdengar kurang penting, tapi ternyata bisa memengaruhi calon pembeli saat hendak melakukan checkout belanjaannya. Pemilik bisnis UMKM sudah sewajarnya untuk menyediakan berbagai pilihan jasa pengiriman.

Harga pengiriman yang berbeda-beda ke tiap wilayah membuat calon pembeli dapat memilih jasa pengiriman termurah apabila disediakan pilihan jenis ekspedisinya. Dengan adanya pilihan ini, konsumen jadi lebih fleksibel saat berbelanja di toko online kamu.

Harga terjangkau

tips bisnis umkm berjualan di marketplace

Salah satu alasan konsumen belanja di marketplace adalah karena harga barang yang cenderung terjangkau. Di marketplace, orang bisa dengan mudah membandingkan harga produk di satu lapak dengan lapak lainnya.

Maka dari itu, jika produk bisnis UMKM ingin laku diborong konsumen, sebaiknya lakukan riset harga terlebih dahulu. Baru setelah itu, tetapkan harga yang bersahabat agar bisa bersaing dengan lapak-lapak lainnya.

Manfaatkan fitur-fitur marketplace

tips bisnis umkm berjualan di marketplace

Umumnya setiap marketplace memiliki fitur-fitur tertentu yang bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis UMKM kamu. Nah, pelajari fitur-fitur tersebut untuk mendukung kegiatan jualan kamu.

Salah satu contoh fitur yang bisa kamu manfaatkan adalah fitur premium seller. Dengan mengupgrade toko kamu menjadi premium seller, maka toko kamu akan muncul di halaman pertama kolom pencarian marketplace.

Tentunya hal ini sangat menguntungkan kamu karena kamu dapat meningkatkan peluang untuk meraih lebih banyak pelanggan yang datang dan berbelanja di ke toko online kamu. Namun, pastikan kamu sudah membaca ketentuan dan syaratnya terlebih dahulu sebelum menjadi premium seller.

Tingkatkan Performa Usaha UMKM Kamu dengan Bergabung di OY! Bisnis

Menggunakan OY! Bisnis milik OY! Indonesia adalah kewajiban jika ingin meningkatkan performa usaha UMKM. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagi kamu yang ingin menggali informasi mengenai usaha UMKM di Indonesia atau ingin mengetahui bagaimana cara OY! Indonesia membantu pengelolaan keuangan UMKM, cari tahu informasinya di sini.  

Bagaimana, tertarik menggunakan OY! Indonesia? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023