5 Kiat Sukses Bisnis UMKM di Bidang Fashion

Shafira
|
November 24, 2021

5 Kiat Sukses Bisnis UMKM di Bidang Fashion - Industri fashion merupakan industri yang kompetitif, setiap pelaku industri harus terus berusaha untuk menjadi yang terbaik dan berbeda di antara yang lainnya. Memiliki kepribadian kreatif atau kecintaan terhadap industri fashion pun tidak cukup, penting juga untuk memahami aspek bisnisnya. 

Mengelola bisnis UMKM di bidang fashion merupakan suatu tantangan yang unik. Kamu tidak hanya bersaing secara bisnis, tetapi juga dengan aspek kreativitas. Lantas, apa yang diperlukan agar bisnis UMKM milikmu bisa maju dan sukses di industri ini?

Simak lima kiat sukses bisnis UMKM fashion berikut ini.

Bisnis UMKM Fashion

Pelajari Industrinya

Kunci penting untuk sukses dalam industri apa pun adalah pengetahuan. Tak terkecuali industri fashion. Meskipun penting untuk memahami dasar-dasar berbisnis di bidang fashion, penting juga untuk memahami sejarah dan mengikuti tren fashion yang ada saat ini. Mengetahui tren industri yang ditekuni itu sangat penting, terutama dengan mode yang terus berubah dan bermunculan secara musiman, kamu tentunya tidak ingin bisnis UMKM fashion milikmu merugi karena ketinggalan tren.

Seperti kata pepatah "sejarah berulang dengan sendirinya", memahami tren mode yang telah terjadi sebelumnya sangatlah berguna. Memiliki gagasan tentang tren mode masa lalu akan memungkinkan kamu untuk memprediksi dengan lebih baik tren apa yang akan terjadi di masa depan. Dengan itu, koleksi pakaian bisnis UMKM fashion milikmu tetap menjadi tren dan relevan dengan demografi pasar.

Bangun Relasi

Membangun relasi dengan sesama pemilik bisnis UMKM fashion bukan hanya semata-mata untuk menambah rekanan atau untuk membesarkan ruang pertemanan kamu. Dengan relasi, kamu bisa menambah wawasan tentang industri bisnis fashion langsung dari para pelakunya. Terkadang apa yang terjadi di industri fashion membutuhkan lebih dari sekedar observasi saja. Memiliki relasi dengan pelaku industri lainnya akan menambah pengetahuan dan skill merancang pakaian yang belum kamu ketahui. Bisa saja suatu saat di masa depan, relasi kamu akan mengajak bisnis UMKM milikmu untuk berkolaborasi dengan mereka. Menarik, bukan?

Beradaptasi dengan Perubahan Tren

Industri fashion terus berubah tiap masa ke masa. Kemampuan untuk berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat adalah salah satu kunci untuk bertahan. Tentu saja, ini bisa menjadi hal yang sangat menegangkan. Menghadapi pergantian tren industri fashion tentunya bisa menjadi hal yang sangat menegangkan. Kamu mungkin akan mengalami rasa takut gagal atau kekhawatiran bila produkmu tidak disukai lagi oleh masyarakat. Beradaptasi dengan perubahan tren dapat menjadi cara terbaik bagi bisnis UMKM milikmu untuk menghadapi perubahan tren yang cepat. Buatlah inovasi-inovasi kecil dalam produkmu yang sekiranya dapat menopang perubahan yang terjadi.

Bisnis UMKM Fashion

Berikan Layanan Pelanggan yang Terbaik

Mengapa layanan pelanggan begitu penting? Menyediakan layanan pelanggan yang hebat dapat menghasilkan lebih banyak peluang pemasaran dan penjualan. Memenuhi kepuasan pelangganmu sangat penting untuk menjaga bisnis UMKM milikmu tumbuh dengan sukses. Layanan pelanggan dapat membantu bisnis UMKM melakukan lebih dari sekadar mendukung keinginan pelanggan. Hal ini juga dapat membantu kamu meningkatkan hampir setiap aspek bisnis UMKM milikmu.

Contohnya, bisnismu hanya mengandalkan uang tunai dan transfer bank sebagai alat pembayaran bisnis. Tetapi, para pelangganmu mengandalkan berbagai metode pembayaran. Melihat fenomena ini, kamu harus mulai menyediakan layanan pembayaran yang dapat mengakomodasi semua metode pembayaran dari pelangganmu guna meningkatkan pengalaman positif pelanggan dan meningkatkan efisiensi bisnismu.

Tingkatkan Performa Pembayaran Bisnis UMKM dengan OY! Bisnis

Bisnis UMKM Fashion

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis kamu. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan performa UMKM, kami menghadirkan berbagai fitur dan layanan pembayaran bisnis yang dapat membantu usaha UMKM milikmu meningkatkan performa pembayaran.

Segera daftarkan UMKM milikmu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang