7 Ide Usaha UMKM Terbaik yang Patut Kamu Coba

Atia Tobing
|
November 15, 2021

Usaha UMKM - Saat ini, menjadi seorang pengusaha yang sukses dan handal merupakan impian sebagian besar masyarakat, terutama kalangan anak muda. Siapa sih yang tidak mau memiliki bisnis yang maju?

Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu harus mulai dari awal, yaitu membangun usaha UMKM. Pilihlah jenis usaha dengan mempertimbangkan beberapa ide usaha yang berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Kamu tentu tidak ingin mengalami kerugian bisnis yang besar, kan?

Jangan khawatir, kita punya beberapa ide usaha UMKM terbaik yang patut kamu coba. Penasaran? Ketahui jawabannya dengan membaca artikel OY! berikut ini!

Pentingnya Memilih Jenis Usaha UMKM yang Tepat

Jika kamu ingin menjadi seorang pemilik usaha UMKM, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan jenis usaha yang akan dibangun. Pemilihan jenis usaha merupakan hal penting yang harus direncanakan dan dipikirkan secara matang. Mengapa demikian?

Memulai suatu usaha UMKM tentunya bukan hal yang mudah. Salah satu hal yang perlu disiapkan adalah modal usaha. Bayangkan saja, apabila kamu memilih jenis usaha yang salah, kamu pasti akan rugi dan kalah saing. 

Untuk itu, mari kita bahas 7 ide usaha UMKM terbaik yang patut kamu coba. Simak selengkap pada ulasan di bawah ini!

Ide-Ide Usaha UMKM Terbaik di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, tren bisnis terus mengalami perubahan. Oleh karena itu, pastikan kamu menyusun ide-ide usaha yang diminati oleh mayoritas masyarakat.

Berikut 7 ide usaha UMKM terbaik di Indonesia yang patut kamu coba!

Kuliner Kekinian

usaha UMKM

Ide usaha UMKM pertama yang patut kamu coba adalah usaha kuliner kekinian. Di Indonesia, bisnis kuliner kian berkembang, apalagi jika makanan atau minuman yang dijual mengikuti tren kuliner yang sedang booming di kalangan masyarakat.

Tren kuliner kekinian memang tidak ada habisnya! Umumnya, orang akan cenderung ingin mencoba makanan atau minuman yang ramai diperbincangkan oleh masyarakat, khususnya di media sosial. Jadi, jenis usaha UMKM ini bisa kamu coba, ya!

Health Food: Makanan atau Minuman Herbal, Detox, Diet

usaha umkm

Kehadiran pandemi COVID-19 telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan masyarakat, termasuk gaya hidup dan pola makan. Kini, masyarakat lebih sadar dan paham tentang pentingnya menjaga pola makan dan mengonsumsi nutrisi yang cukup bagi tubuh mereka. 

Fakta tersebut bisa kamu jadikan peluang saat memilih jenis usaha UMKM, loh! Sebagai seorang pengusaha, kamu harus inovatif dan mempertimbangkan segala kebutuhan konsumen dengan memberikan solusi kepada mereka. Untuk hal ini, solusinya adalah membangun bisnis makanan atau minuman kesehatan (health food), seperti herbal, detox, diet, dan lain sebagainya.

Fotografi

usaha UMKM

Apakah kamu seorang fotografer handal atau memiliki hobi mengambil foto dengan kamera? Jika betul demikian, ide usaha UMKM yang cocok buat kamu adalah usaha fotografi!

Dengan membangun jenis usaha UMKM ini, kamu bisa menyediakan jasa dokumentasi foto dan video serta jasa tambahan lainnya seperti editing dan penyedia konsep fotografi untuk berbagai event, misalnya pre wedding, pernikahan, wisuda, ulang tahun, anniversary atau bahkan untuk keperluan pembuatan konten di media sosial.

Content Writing atau Copywriting

usaha UMKM

Sebelumnya, kita bahas tentang usaha fotografi yang mampu menyediakan jasa dokumentasi untuk konten media sosial. Nah, kamu juga bisa buka usaha UMKM yang menyediakan jasa freelance penulisan konten (content writing) atau copywriting untuk berbagai perusahaan. Apa bedanya content writing dan copywriting?

Content writing adalah penulisan konten atau tulisan berupa tips, informasi atau lainnya yang diunggah secara online, sedangkan copywriting adalah penulisan konten atau tulisan persuasif yang berisi informasi tentang produk atau jasa dari suatu perusahaan yang bertujuan untuk promosi. Keduanya merupakan strategi pemasaran yang cukup penting dalam suatu perusahaan sehingga kamu bisa sediakan jasa freelance ini sebagai peluang usaha UMKM!

Makeup Artist (MUA)

usaha UMKM

Selain jasa content writing atau copywriting, jasa lain yang bisa kamu tawarkan sekaligus dijadikan sebagai usaha UMKM adalah jasa tata rias atau yang sering disebut dengan makeup artist (MUA). Jenis bisnis ini cocok untuk para pecinta makeup yang mampu melakukan tata rias secara profesional.

Usaha UMKM ini biasanya dibutuhkan di acara-acara penting seperti wisuda, lamaran, dan pernikahan serta kegiatan lainnya yang membutuhkan photoshoot profesional. Jika kamu sudah cukup mahir, kamu juga bisa membuat kelas atau kursus makeup sebagai bisnis sampingan!

Floris

usaha umkm

Ide usaha UMKM berikutnya yang patut kamu coba adalah menjadi seorang floris. Menjual aneka bunga bisa menghasilkan banyak keuntungan loh, apalagi masyarakat Indonesia yang sering dan gemar mengadakan berbagai acara!

Seperti halnya usaha UMKM tata rias, bisnis yang menjual bunga, karangan bunga, buket bunga, dan lain-lain akan sangat diminati oleh masyarakat apabila rangkaiannya atau kemasannya menarik dan beda dari yang lain. Itulah kunci agar bisnis bisa menonjol, yakni mempunyai nilai jual tersendiri yang mampu mengungguli kompetitor. Asah kreativitas dan kembangkan sifat inovatif dalam berbisnis!

Thrift Shop (Bisnis Loak)

usaha umkm

Terakhir, ide usaha UMKM yang cukup menjanjikan di kalangan milenial adalah loak (thrift shop). Jangan salah, anak-anak muda kini banyak yang beli baju dari thrift shop, mengingat harga yang jauh lebih murah dibandingkan toko baju biasa serta kualitas baju yang masih cukup bagus untuk dipakai.

Untuk jenis usaha yang satu ini, kamu harus pastikan semua produk yang akan kamu loak masih memiliki kualitas yang bagus, tidak rusak, dan masih layak pakai. Dengan menjual barang yang kamu punya ke orang lain, kamu bisa memperoleh keuntungan yang besar apabila diiringi dengan strategi UMKM yang optimal. 

Sekian penjelasan tentang ide-ide usaha UMKM terbaik yang patut kamu coba. Perlu diketahui bahwa semua ide usaha yang telah diterangkan di atas termasuk jenis usaha yang minim modal sehingga tidak perlu repot menyediakan modal yang besar!

Setelah menentukan jenis usaha yang ingin ditekuni, langkah selanjutnya adalah menyusun strategi bisnis agar pelanggan puas dengan produk dan layanan yang kamu berikan. Salah satu layanan yang perlu diprioritaskan adalah layanan transaksi dengan pelanggan. 

Nah, kamu bisa menghadirkan metode pembayaran terbaik untuk pelanggan dengan menggunakan OY! E-Wallet dari OY! Bisnis. Telusuri lebih lanjut pada ulasan berikut ini!

Hadirkan Metode Pembayaran Terbaik untuk Pelanggan dengan OY! E-Wallet dari OY! Bisnis

OY! Bisnis menghadirkan berbagai produk yang dapat meningkatkan performa pembayaran bisnis dan mendukung strategi usaha UMKM. Terima pembayaran dari pelanggan secara mudah dan efisien dengan menggunakan salah satu fitur unggulan OY! Bisnis, yaitu OY! E-Wallet. 

OY! E-Wallet adalah produk yang menyediakan berbagai macam e-Wallet untuk menerima pembayaran bisnis UMKM secara online. Dengan produk ini, kamu bisa menerima pembayaran hanya dari satu dashboard serta memberikan pelanggan kebebasan dalam memilih metode pembayaran. 

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai sistem pembayaran digital terbaik untuk UMKM, cari tahu di sini.


Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis untuk menyediakan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi kepada pelanggan serta memajukan usaha UMKM kamu!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023