Sistem Pembayaran yang Harus Digunakan untuk Jualan Online Kamu

Luthfa
|
January 28, 2022

Sistem Pembayaran yang Harus Digunakan untuk Jualan Online Kamu ­- Kegiatan jualan online semakin diminati masyarakat. Hal ini seakan menandakan bahwa masyarakat memang lebih nyaman untuk belanja secara daring.

Oleh karena itulah, penting bagi pemilik bisnis online untuk menyediakan sistem pembayaran yang juga mempermudah pelanggan untuk bertransaksi. Dibutuhkan sistem pembayaran yang aman dan nyaman digunakan oleh para pelanggan.

Berikut beberapa sistem pembayaran yang direkomendasikan untuk digunakan saat jualan online.

Sistem Pembayaran yang Harus Digunakan untuk Jualan Online Kamu

sistem pembayaran untuk jualan online

Saat hendak memulai jualan online, sistem pembayaran jadi salah satu hal yang tak boleh dilewatkan. Apalagi, terdapat banyak sistem pembayaran yang bisa kamu terapkan dalam bisnis online kamu.

Meski begitu, hindari sistem pembayaran yang rumit karena akan membuat konsumen enggan untuk kembali berbelanja di toko online kamu. Berikut ada sejumlah sistem pembayaran yang cocok digunakan untuk jualan online.

Virtual account

sistem pembayaran untuk jualan online

Transaksi dengan transfer bank memang merupakan cara lama yang sampai saat ini masih digemari oleh banyak orang. Namun, sistem pembayaran ini tak lagi mengharuskan pelanggan untuk menyalin dan menempel nomor rekening pedagang di mobile banking atau mesin ATM, lalu menginput nominal uang yang harus dibayarkan.  

Saat ini, sudah ada layanan virtual account yang memudahkan pelanggan dalam bertransaksi dengan menggunakan opsi pembayaran transfer bank. Pelanggan hanya perlu menyalin nomor virtualnya saja, lalu pembayaran akan diproses secara otomatis.

Virtual account tentu harus menjadi salah satu alternatif pembayaran yang ada di jualan online kamu.

Kartu kredit

sistem pembayaran untuk jualan online

Sistem pembayaran berikutnya yang harus kamu gunakan untuk jualan online adalah kartu kredit. Banyak orang yang lebih memilih membayar dengan kartu kredit karena dapat dicicil hingga berbulan-bulan.

Dengan kartu kredit, transaksi pembelian akan terhitung sebagai tagihan kartu kredit atau hutang. Penggunaan kartu kredit juga memudahkan pelanggan yang berdomisili di luar negeri sehingga sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin menjangkau pembeli dari luar Indonesia.

E-wallet

sistem pembayaran untuk jualan online

E-wallet atau dompet digital adalah salah satu sistem pembayaran yang sangat diandalkan oleh masyarakat saat ini. Bukan tanpa alasan, penggunaannya yang sangat praktis karena menggunakan uang digital membuat masyarakat sangat bergantung pada e-wallet.

Beberapa contoh e-wallet yang banyak digunakan masyarakat antara lain, Gopay, OVO, DANA, LinkAja, Doku, dan lain sebagainya. Perusahaan penyedia layanan e-wallet juga kerap memberikan promo, baik berupa potongan harga maupun cashback.

Tak heran kalau saat ini banyak jualan online yang menyediakan e-wallet sebagai salah satu opsi pembayarannya.

QRIS

sistem pembayaran untuk jualan online

Sistem pembayaran dengan QRIS juga jadi hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin memulai jualan online. Sebab, banyak orang yang gemar membayar dengan QRIS. Pelanggan tinggal scan, pembayaran akan langsung diproses.

Untuk menyediakan metode pembayaran dengan QRIS, kamu cukup menyediakan satu QR code saja. Dengan QRIS, kamu bisa menerima pembayaran dari berbagai sumber rekening, termasuk bank atau e-wallet.

Cash on delivery

sistem pembayaran untuk jualan online

Cash on delivery (COD) atau bayar di tempat adalah salah satu cara pembayaran terfavorit. Sistem pembayaran ini sangat memudahkan pembeli yang tidak memiliki fasilitas internet banking atau mobile banking seklaigus merasa malas jika harus datang ke bank atau ATM terdekat.

Tingkatkan Performa Bisnis dengan OY! Bisnis

Setelah mengetahui sistem pembayaran yang harus digunakan untuk jualan online, sekarang saatnya kamu untuk mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, kepengin meraih lebih banyak pelanggan dari bisnis UMKM kamu? Tunggu apalagi, mari daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023