Jenis Sistem Pembayaran dalam Bisnis Online

Luthfa
|
May 3, 2021

Kecanggihan teknologi saat ini telah memengaruhi segala aspek dalam kehidupan, termasuk dalam kegiatan bisnis. Hal ini dapat dilihat dari sistem pembayaran yang semakin canggih. Tak lagi menggunakan sistem pembayaran manual, kini para penjual memanfaatkan teknologi dengan merancang sistem pembayaran secara online.

Ya, transaksi dengan uang tunai kini tak lagi banyak dilakukan sebab masyarakat lebih memilih untuk menggunakan dompet digital atau e-wallet serta mobile banking yang merupakan produk dari sebuah Bank. Dengan cara tersebut, transaksi pun jadi lebih mudah dan praktis. Selain memudahkan, sistem pembayaran online juga terbilang aman.

Ditinjau dari tingkat keamanannya dan aksesbilitasnya, terdapat beberapa sistem pembayaran online yang paling sering digunakan masyarakat. Apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya.

Internet Banking

Jenis Sistem Pembayaran dalam Bisnis Online

Di urutan pertama ada internet banking. Sistem pembayaran yang diluncurkan oleh Bank ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Penggunaannya yang mudah menjadi alasan utamanya.

Untuk menggunakan internet banking, pengguna hanya perlu membuka website yang memuat layanan banking. Kemudian, masukkan nominal dan nomor rekening yang dituju. Setelah itu, transaksi pengiriman dana pun akan langsung diproses.

Anda sebagai pemilik bisnis pun dapat melakukan hal yang sama, tapi dengan tujuan berbeda. Dengan internet banking, Anda bisa mengecek transaksi yang telah masuk.

Kartu Kredit

Jenis Sistem Pembayaran dalam Bisnis Online

Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit juga sangat digemari oleh sebagian orang. Dengan kartu kredit, semua orang bisa berbelanja baik secara offline maupun online.

Selain itu, kartu kredit juga memungkinkan penggunanya untuk berbelanja hingga ke mancanegara. Hal ini dikarenakan terdapat logo Visa atau Mastercard yang ada pada kartu kredit sehingga penggunaannya dalam transaksi internasional jadi lebih mudah.  

Virtual Account

Jenis Sistem Pembayaran dalam Bisnis Online

Selanjutnya ada virtual account yang saat ini digemari oleh pelanggan maupun pemilik bisnis. Virtual account sendiri merupakan rekening tidak nyata yang dibuatkan oleh Bank untuk kemudian bisa digunakan oleh pelanggan saat hendak melakukan pembayaran secara online.  

Yang membuat sistem pembayaran ini digemari adalah karena pelanggan tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran sebab tagihan yang masuk akan terekam secara otomatis. Dengan kepraktisan inilah, sistem pembayaran virtual account wajib digunakan oleh pemilik bisnis.

Gerai Ritel

Jenis Sistem Pembayaran dalam Bisnis Online

Pembayaran melalui gerai ritel seperti Alfamart, Indomaret, dan Alfa Express juga masih menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat. Selain karena transaksinya yang mudah, kehadiran gerai ritel yang tersedia di mana-mana juga membuat pelanggan merasa nyaman.

E-Wallet

Jenis Sistem Pembayaran dalam Bisnis Online

Kecanggihan teknologi telah melahirkan dompet digital atau yang biasa disebut dengan e-wallet. Sebagai alat pembayaran terkini, dompet digital telah meminimalisasi penggunaan uang tunai. Sebab, hanya dengan menggunakan smartphone, siapa saja bisa bertransaksi di mana pun dan kapan pun.

Penggunaan e-wallet juga sangat mudah, ditambah lagi kini hampir semua toko baik secara offline maupun online menyediakan pembayaran dengan menggunakan e-wallet. Cukup berikan nomor handphone atau kode tertentu dan transaksi akan berjalan dengan mudah.

Bergabung dengan Payment Getaway Indonesia

Dengan beragam kemudahan yang ditawarkan dari sistem pembayaran digital sudah seyogyanya seorang pelaku bisnis mulai menyediakan sistem pembayaran seperti ini. Selain memengaruhi engagement terhadap konsumen, sistem pembayaran secara online juga akan meningkatkan penjualan.  

Untuk itu, Anda bisa mulai mengembangkan sistem pembayaran yang dimiliki saat ini dengan memanfaatkan layanan yang dimiliki OY! Bisnis. Sebagai salah satu payment gateway Indonesia, OY! Bisnis akan membantu Anda dalam menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account, dan kartu kredit.

Oleh karena itu, mari daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis untuk mendapatkan kenyamanan dalam mengelola bisnis!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023