Sistem Pembayaran Dalam Bisnis

Mutia
|
May 3, 2021

Perkembangan bisnis online di Indonesia yang tengah berkembang pesat seperti sekarang nggak lepas dari peran teknologi yang kini sudah semakin canggih. Perkembangan bisnis online di Indonesia yang semakin pesat bisa terlihat dari banyaknya orang yang mulai menjual berbagai macam hal di ragam marketplace yang ada. Masyarakat dari bermacam-macam lapisan dan usia berlomba-lomba untuk menjual produk yang mereka tawarkan.

Banyaknya pilihan e-marketplace atau toko online menarik minat banyak orang yang ingin memulai berbisnis. Hal ini juga diimbangi dengan tingginya minat masyarakat untuk berbelanja secara online.

Tingginya minat belanja online dikarenakan oleh kemudahan yang ditawarkan kepada pembeli. Pelanggan bisa membeli barang yang mereka inginkan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, banyak sekali tawaran promo dengan harga menarik pada saat-saat tertentu.

Kemudahan lain yang didapatkan dari belanja online adalah banyaknya pilihan sistem pembayaran. Pelanggan diberikan kebebasan untuk memilih cara pembayaran yang mereka inginkan, mulai dari tatap muka, bayar di awal, bayar di akhir, atau transaksi virtual. Pilihan sistem pembayaran yang beragam ini sangat membantu pembeli, khususnya di saat pandemi seperti ini.

Nah, sistem pembayaran apa saja yang bisa kamu gunakan saat belanja online? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Transfer Bank

sistem pembayaran

Untuk membayar belanjaan online, transfer melalui ATM adalah salah satu cara yang paling sering digunakan. Walau cara ini adalah salah satu pilihan sistem pembayaran yang bisa digunakan, transfer uang menggunakan mesin ATM bisa memakan waktu karena harus mencari ATM dan antre.

Namun, dengan berkembangnya teknologi, pelanggan nggak hanya bisa transfer antar bank melalui mesin ATM saja. Pelanggan juga bisa transfer menggunakan mobile banking dan internet banking dari masing-masing bank. Cara transfer uang antar bank dengan e-banking merupakan salah satu cara yang efektif untuk membayar belanjaan onlinemu.

Kartu Kredit

sistem pembayaran

Sistem pembayaran selanjutnya bisa menggunakan kartu kredit. Saat selesai memilih barang yang diinginkan, pembeli harus memasukkan nomor kartu kredit, kode CVV, serta informasi data diri yang tertera di kartu. Setelah itu, proses pembayaran secara otomatis dilakukan.

Selain itu, sering kali pembayaran dengan kartu kredit memberi promo menarik seperti potongan harga hingga cicilan 0% bagi para penggunanya.

Cash on Delivery (COD)

sistem pembayaran

Meski banyak pelanggan yang memilih untuk mengurangi pertemuan dengan penjual, masih ada yang memilih untuk melakukan pembayaran saat barang sudah sampai tujuan. Salah satu alasan sistem pembayaran ini masih digunakan adalah karena untuk memastikan kelayakan barang yang telah dibeli.

Penjual yang menyediakan sistem pembayaran COD biasanya adalah yang menjual produk elektronik, alas kaki, baju, sampai makanan. Sistem COD membutuhkan penjual untuk mengantar barang secara langsung kepada pembeli. Keuntungan dari menggunakan sistem pembayaran ini adalah kamu nggak harus bayar biaya ongkos kirim karena barang nggak diantar oleh kurir, tapi kamu langsung bertemu dengan pembeli.

Aplikasi Finansial

sistem pembayaran

Dengan berkembangnya teknologi, banyak sekali aplikasi finansial maupun e-wallet yang menjadi pilihan untuk membayar belanjaanmu. Aplikasi finansial bisa kamu download di ponselmu dan bisa memudahkanmu saat transaksi belanja online.

Untuk e-wallet, kamu bisa melakukan top up saldo agar bisa digunakan untuk membayar tagihan belanjaanmu. Salah satu aplikasi finansial yang bisa membantumu untuk top up saldo adalah OY! Indonesia. Dengan OY!, kamu bisa top up saldo berbagai e-wallet seperti DANA, GoPay, dan Link Aja untuk membayar belanjaan onlinemu.

Selain bisa digunakan untuk top up saldo, kamu juga bisa transfer antar bank tanpa biaya admin dengan OY! Kamu cukup sambungkan rekening pribadimu dengan akun OY! dan kamu sudah bisa melakukan transfer uang dengan mudah.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download OY! sekarang dan buat transaksi belanja onlinemu jadi lebih mudah!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023