UMKM Indonesia: Bagaimana Perkembangannya?

Atia Tobing
|
November 18, 2021

UMKM Indonesia: Bagaimana Perkembangannya? - Perkembangan zaman tentu sangat berpengaruh terhadap dunia bisnis, tak terkecuali bisnis UMKM. Situasi saat ini yang serba digital dapat menjadi kesempatan emas bagi para pemilik UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka secara pesat, loh.

Kini, mayoritas UMKM Indonesia mulai bersaing dengan bisnis-bisnis besar seperti korporasi. Kalangan pengusaha muda yang melek teknologi cenderung memiliki sifat inovatif dalam memajukan usaha dengan berbagai macam strategi. Alhasil, UMKM kian berkembang dari tahun ke tahun.

Ingin tahu bagaimana perkembangan UMKM Indonesia saat ini? Simak selengkapnya pada artikel OY! berikut ini!

Bisnis UMKM di Indonesia

umkm Indonesia

UMKM merupakan jenis bisnis yang memegang peranan penting dalam perekonomian nasional. Faktanya, hampir semua bisnis di Indonesia tergolong bisnis UMKM.

Memang, UMKM Indonesia masih sering dianggap sebagai bisnis kecil atau rumahan oleh masyarakat. Di balik anggapan tersebut, usaha mikro, kecil, dan menengah kian berkembang secara berkala dan siap menyaingi mulai dari bisnis korporasi nasional hingga internasional. Kok bisa?

Sejumlah usaha UMKM Indonesia berhasil menembus pasar global dan membawa nama negara ke mancanegara. Salah satu faktor yang mendorong pencapaian ini adalah budaya Indonesia yang begitu khas dan beranekaragam. Tentunya negara lain akan ingin membeli produk buatan negara lain, terutama produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Nah, sebenarnya perkembangan UMKM Indonesia saat ini seperti apa sih? Telusuri lebih lanjut di bawah ini, ya!

Bagaimana Perkembangan UMKM Indonesia?

umkm Indonesia


UMKM Indonesia telah mengalami perubahan yang cukup drastis. Perubahan ini dapat dilihat dari jumlah unit yang selalu meningkat, cara pengelolaan, bentuk usaha, strategi bisnis UMKM, dan metode pembayaran yang awalnya manual menjadi digital.

Tidak bisa dimungkiri bahwa kemajuan teknologi menyebabkan UMKM Indonesia berkembang secara signifikan. Penggunaan sarana teknologi dan platform mampu mendukung perkembangan UMKM dan memperluas pasar target.

Di samping itu, perkembangan UMKM di Indonesia juga tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari pemerintah, salah satunya adalah bantuan dana. Pemerintah sangat menganjurkan para pebisnis untuk menciptakan berbagai inovasi dan mengelola bisnis secara komprehensif agar bisa dilirik oleh para pelaku bisnis di luar negeri.

Indonesia merupakan negara yang dianugerahi keanekaragaman budaya. Selain harus melestarikan kearifan lokal, pelaku UMKM Indonesia bisa menjadikan budaya sebagai peluang emas untuk masuk ke pasar global!

Kearifan Lokal Goes International

umkm Indonesia

Memiliki negara yang kaya akan budaya merupakan suatu nilai plus tersendiri untuk para pengusaha. Tahukah kamu bahwa sekarang sudah banyak pecinta produk UMKM Indonesia di seluruh dunia?

Sebagai contoh, kain batik sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat asing karena batik merupakan salah satu ciri khas budaya Indonesia yang sangat digemari. Mereka sangat apresiasi dengan proses produksi batik yang dilakukan secara manual dengan tangan (handmade) dan menilai batik sebagai produk yang unik dan istimewa.

Meningkatnya permintaan masyarakat asing terhadap batik memicu usaha batik UMKM Indonesia menciptakan berbagai inovasi, misalnya baju batik untuk semua usia serta tas dan sapu tangan bermotif batik. Inovasi tersebut akan berujung pada perkembangan bisnis dan pertumbuhan ekonomi nasional.

UMKM Indonesia: Dari Rumah, Ke Toko

umkm Indonesia


Pengelolaan UMKM Indonesia dahulu pastinya sangat berbeda dengan sekarang. Sebelumnya, bisnis rumahan berjualan di rumah sendiri atau mengantar pesanan kepada pelanggan. Akibat minimnya informasi, para pelaku usaha masih sulit dalam menyebarkan pasar usaha dan memasarkan produk mereka. 

Nah, salah satu bukti nyata perkembangan UMKM Indonesia adalah pembangunan toko oleh para pengusaha rumahan. Produk-produk yang mereka olah bisa dipamerkan dan dijual di sebuah toko atau butik. Kemajuan yang luar biasa, bukan?

Tak hanya toko fisik saja, bisnis UMKM juga bisa berjualan secara online berupa online shop. Peralihan metode pembayaran manual ke digital tentu wajib dilakukan sebagai upaya awal membangun bisnis online.

Metode Pembayaran UMKM Indonesia: Dari Manual, ke Digital

umkm Indonesia

Memanfaatkan platform digital untuk berjualan merupakan strategi yang patut dicoba oleh seluruh pemilik UMKM. Upaya ini harus dibekali dengan pengetahuan tentang bisnis digital, penggunaan media sosial untuk pemasaran, dan yang terpenting adalah penerapan metode pembayaran digital.

Kehadiran internet telah membuat masyarakat lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan dengan belanja online. Selain praktis, banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pelanggan jika melakukan pembelian dari online shop, seperti kenyamanan dalam melakukan transaksi ke penjual.

Sebagai seorang pengusaha UMKM, kamu pun akan diuntungkan apabila menyediakan metode pembayaran digital kepada pelanggan. Metode pembayaran digital memungkinkan kamu untuk menerima pembayaran dari pelanggan dengan mudah dan cepat serta meningkatkan performa bisnis secara keseluruhan.

Pilihlah metode pembayaran digital yang mampu memajukan bisnis. Di Indonesia, penyedia sistem pembayaran terbaik untuk UMKM adalah OY! Bisnis.

Apa itu OY! Bisnis? Baca selengkapnya pada ulasan berikut ini!

Majukan Sistem Pembayaran Bisnis UMKM dengan Bergabung di OY! Bisnis

umkm Indonesia


OY! Bisnis adalah solusi yang tepat untuk memajukan sistem pembayaran bisnis guna mengembangan bisnis UMKM Indonesia. Layanan dari OY! Bisnis dijamin akan memenuhi ekspektasimu dan pelanggan karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan melalui fitur-fitur yang tersedia.

Sederhanakan sistem pembayaran yang kompleks menjadi sederhana untuk mengatasi persaingan bisnis yang begitu ketat. Terlebih lagi, keunggulan dari OY! Bisnis adalah kamu bisa menghemat biaya operasional bisnis dan mengatasi segala hambatan transaksi.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai sistem pembayaran digital terbaik untuk UMKM, cari tahu di sini.

Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis sekarang untuk memajukan sistem pembayaran bisnis UMKM Indonesia!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang