Inilah Peluang UMKM untuk Masuk Pasar Global

Atia Tobing
|
November 9, 2021

Peluang UMKM - UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan jenis usaha yang kerap diminati oleh mayoritas masyarakat. Alhasil, tak heran apabila UMKM telah berkontribusi secara efektif dan progresif dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Walaupun terkesan mustahil, ternyata UMKM memiliki peluang untuk masuk pasar global, loh! UMKM mampu bersaing dengan bisnis dari negara lain jika disertakan dengan persiapan yang matang serta strategi yang optimal karena persaingan bisnis secara global pastinya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Lantas, seberapa besar peluang UMKM di Indonesia untuk masuk pasar global? Simak selengkapnya pada artikel OY! berikut ini, ya!

Peluang UMKM Menembus Pasar Global: Apakah Bisa?

peluang umkm


Saat ini, UMKM menjadi pusat perhatian masyarakat dan terbukti memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian nasional. Maraknya perkembangan UMKM di Indonesia mendorong pemerintah untuk mempertimbangkan peluang UMKM untuk bersaing secara global.

Untuk menembus pasar global, produk lokal akan bersaing dengan produk dari negara lain. Agar bisa unggul dalam persaingan tersebut, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Republik Indonesia berkolaborasi dengan para pelaku UMKM dan mendukung mereka untuk masuk pasar global, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Menurut Kemenkop UKM, jumlah UMKM lokal yang mampu menembus pasar global kian meningkat. Ada beberapa bidang usaha yang berpotensi untuk diekspor, misalnya kuliner, kerajinan tangan, agribisnis, dan fashion.

Sebagai upaya untuk mempermudah proses ekspor dan mewujudkan peluang UMKM untuk masuk pasar global, pemerintah akan membantu para pelaku UMKM. Pihak pemerintah akan mengakses layanan perizinan ekspor dan impor barang serta menyediakan informasi mengenai kesempatan pasar, regulasi pajak keluaran, dan regulasi negara yang akan dituju, melalui Lembaga National Single Window (LNSW) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Bagaimana Cara UMKM Menghadapi Pasar Global?

peluang umkm

Sebelum menghadapi pasar global, langkah awal yang bisa kamu lakukan sebagai seorang pemilik UMKM adalah memastikan apakah bisnis yang kamu jalani sukses di pasar lokal. Jika kamu sudah yakin bahwa bisnismu mampu bersaing di kancah internasional, inilah kesempatan kamu untuk mewujudkan peluang UMKM untuk masuk pasar global!

Kini, Kemenkop UKM menyediakan program untuk mendorong para pelaku UMKM untuk bisa menembus pasar global. Berdasarkan program tersebut, cara yang bisa diterapkan adalah berusaha meningkatkan skala ekonomi dan perluasan pasar serta mendorong UMKM agar memiliki produk yang kompetitif, baik di pasar lokal maupun global.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi peluang UMKM untuk masuk pasar global adalah menerapkan sistem UMKM go online atau go digital. Pemerintah menganjurkan semua bisnis lokal untuk menjalankan digitalisasi. Dengan masuk ke dalam ekosistem digital, UMKM lokal diharapkan bisa masuk dalam rantai pasok global.

Masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar peluang UMKM untuk masuk ke pasar global. Namun, kamu pasti bisa mewujudkannya!

Sekarang Giliranmu untuk Mewujudkan Peluang UMKM!

peluang umkm


Semua pemilik bisnis kecil di Indonesia memiliki peluang UMKM yang sama untuk masuk pasar global, tak terkecuali kamu! Jadi, kamu pun juga bisa mengembangkan UMKM sampai menyaingi bisnis internasional.

Tentunya kamu harus mempersiapkan diri secara matang dan tidak memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi. Semua pebisnis mulai dari nol, kamu pun demikian. Oleh karena itu, tumbuhkan sifat realistis dan tetap berusaha dan mengasah kemampuanmu dalam berbisnis.

Nah, kamu bisa mulai dengan melakukan berbagai upaya yang mampu memperbesar peluang UMKM. Tingkatkan pelayanan terhadap pelanggan, susun strategi pemasaran yang efektif, dan perluas wawasan tentang cara mengelola usaha dengan baik dan benar.

Di samping itu, salah satu upaya yang mampu mendukung peluang UMKM untuk menghadapi pasar global adalah mengaplikasikan sistem pembayaran terbaik dalam bisnismu. Sistem pembayaran bisnis terbaik bisa kamu dapatkan dengan bergabung di OY! Bisnis.

Telusuri lebih lanjut tentang OY! Bisnis pada ulasan di bawah ini!

Terapkan Sistem Pembayaran yang Komprehensif dengan Bergabung di OY! Bisnis

peluang umkm


OY! Bisnis adalah solusi yang tepat untuk mengembangkan sistem pembayaran bisnis serta memenuhi peluang UMKM untuk menembus pasar global. Layanan dari OY! Bisnis dijamin akan memenuhi ekspektasimu dan pelanggan karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan melalui fitur-fitur yang tersedia.

Sederhanakan sistem pembayaran yang kompleks menjadi sederhana untuk mengatasi persaingan bisnis yang begitu ketat. Terlebih lagi, keunggulan dari OY! Bisnis adalah kamu bisa menghemat biaya operasional UMKM dan mengatasi segala hambatan transaksi.


Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis sekarang untuk mewujudkan peluang UMKM untuk masuk pasar global dan memudahkan proses transaksi bisnis!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023