Peluang Usaha UMKM Kuliner di Tengah Pandemik

Luthfa
|
December 14, 2021

Peluang Usaha UMKM Kuliner di Tengah Pandemik - Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Alhasill, kini banyak orang yang mencari peruntungan dengan beralih profesi menjadi pengusaha guna memenuhi kebutuhan hidup.

Selama pandemi, ada beberapa sektor yang menjadi peluang usaha. Selain sektor industri alat-alat kesehatan dan farmasi, sektor food and beverage juga masuk ke dalam kategori yang high demand atau tinggi permintaan di tengah pandemi Covid-19.

Bisa dibilang kini usaha UMKM kuliner menjadi primadona karena dianggap paling stabil dan menguntungkan. Meski tingkat konsumtif masyarakat menurun karena harus berhemat, tapi jika hanya sekadar beli camilan saja, mereka tetap tertarik untuk membeli.

Itulah mengapa sektor food and beverage menjadi salah satu yang patut dipertimbangkan bila ingin mencoba menjadi pengusaha. Nah, bagi kamu yang masih maju mundur untuk membangun usaha UMKM kuliner, mari kita simak peluang usaha kuliner di tengah pandemi berikut ini.

Peluang Usaha UMKM Kuliner di Tengah Pandemik

usaha UMKM kuliner

Usaha UMKM kuliner adalah bisnis yang sangat mudah karena bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk oleh mereka yang tidak bisa masak sekali pun. Selain membuka usaha sendiri, kamu juga bisa membeli merk dagang dengan menjadi pemilik franchise.

Jenis usaha UMKM kuliner pun beragam, mulai dari camilan, minuman, lauk-pauk, atau makanan berat lainnya. Banyaknya varian makanan yang bisa dicoba tentunya membuka peluang besar untuk terjun ke bidang ini.

Supaya kamu lebih yakin, berikut beberapa alasan memilih usaha kuliner sebagai pilihan utama dalam berbisnis.

Pasarnya sangat besar

usaha UMKM kuliner

Usaha UMKM kuliner sangat menjanjikan karena pasarnya begitu besar. Selama semua orang butuh makan, maka bisnis ini tidak akan pernah mati. Baik itu makanan berat atau makanan ringan semacam camilan dan minuman, semua jenis makanan ini bakal tetap laku di pasaran.

Bisnis kuliner juga memungkinkan pembeli untuk melakukan pembelian berulang sehingga sehingga meningkatkan peluang permintaan yang luar biasa. Yang terpenting, pilihlah target pasar serta media berjualan yang tepat agar modal cepat kembali.

Modal yang tidak terlalu besar

usaha UMKM kuliner

Usaha UMKM kuliner merupakan usaha yang fleksibel karena dapat dimulai dari skala kecil dan modal terjangkau. Jumlah makanan yang diproduksi pun dapat disesuaikan dengan jumlah modal yang dimiliki serta dapat menggunakan peralatan yang ada di dapur.

Oleh karenanya, bisnis kuliner adalah pilihan dan alternatif yang tepat bagi yang ingin memulai usaha.

Risiko rendah

usaha UMKM kuliner

Dibandingkan dengan bisnis lain, usaha UMKM kuliner memiliki risiko yang lebih rendah. Kalau tidak laku, makanan bisa dikonsumsi sendiri. Meski besar atau kecilnya risiko menjual makanan dan minuman tergantung dari jenis yang diperdagangkan, tapi tetap saja risikonya masih jauh lebih rendah.

Jika ingin menjual makanan segar yang cepat basi, sebaiknya mulai dari skala kecil terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar mengantisipasi jika produk tidak laku. Barulah Ketika permintaan sudah stabil, kamu bisa meningkatkan produksi.

Banyak jenis makanan yang bisa dijadikan ide usaha

usaha UMKM kuliner

Jika kamu tertarik untuk membuka usaha UMKM kuliner, tak perlu khawatir kalau kamu akan kehabisan ide sebab ide tentang kuliner tidak ada habisnya. Terlebih saat ini ada begitu banyak makanan dan minuman kekinian yang bisa kamu coba duplikasi dan kreasikan sesuai dengan kreativitas kamu.

Selalu ada kuliner yang muncul setiap hari. Kamu bisa menggabungkan dua makanan (food hybrid) atau mengkreasikan resep lama sehingga menjadi makanan baru. Semakin kreatif dalam mengolah makanan, semakin besar kesempatan untuk sukses di bidang ini.

Menguntungkan

usaha UMKM kuliner

Alasan utama mengapa usaha UMKM kuliner adalah pilihan yang tepat untuk dicoba di tengah pandemi karena bisnis ini sangat menguntungkan. Rata-rata keuntungan yang didapat berkisar di atas 20%, sedangkan untuk kelas menengah yang mengutamakan image dan layanan berkisar di atas 40%.

Tingkatkan Performa Usaha UMKM Kamu dengan Bergabung di OY! Bisnis

Menggunakan OY! Bisnis milik OY! Indonesia adalah kewajiban jika ingin meningkatkan performa usaha UMKM. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagi kamu yang ingin menggali informasi mengenai usaha UMKM di Indonesia atau ingin mengetahui bagaimana cara OY! Indonesia membantu pengelolaan keuangan UMKM, cari tahu informasinya di sini.  

Bagaimana, tertarik menggunakan OY! Indonesia? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang