7 Contoh Usaha UMKM yang Menguntungkan

Luthfa
|
November 9, 2021

Pengin mulai usaha tapi masih bingung dengan contoh usaha UMKM yang menjanjikan? Jika kita membahas mengenai contoh UMKM, memang ada begitu banyak usaha yang bisa kita jalani. Hanya saja, kita harus menentukan mana yang paling menguntungkan mengingat persaingan bisnis UMKM kini semakin ketat.

UMKM sebagai tolak punggung roda perekonomian bangsa memang menjadi ruang bagi para pebisnis yang ingin memulai usaha dari nol. Dengan menjadi bagian dari UMKM, kamu juga sekalian berkontribusi kepada negara.

Bagi kamu yang hendak merintis usaha kecil atau menengah, berikut contoh usaha UMKM yang dinilai punya prospek yang bagus.

Contoh Usaha UMKM

Ini dia beberapa contoh usaha UMKM yang menjanjikan:

Contoh usaha UMKM kebutuhan ibu dan anak

contoh usaha UMKM yang menguntungkan

Kebutuhan bayi sangatlah banyak, apalagi bayi yang baru lahir. Mulai dari diapers, baju bayi, selimut, pakaian lengkap dari topi hingga kaos kaki, gurita, bedong, perlengkapan mandi, alat makan, perawatan kulit, stroller, dan masih banyak lagi.

Ibu yang baru melahirkan juga memerlukan banyak kebutuhan yang mampu menunjang kegiatan menyusuinya. Misalnya baju, bra, bantal menyusui, nursing cover, alat pumping ASI, kantong ASIP, dan ASI booster

Hal inilah yang membuat usaha UMKM kebutuhan ibu dan anak sangat menjanjikan. Di samping banyak peminatnya, harga barang-barang tersebut juga relatif sehingga dapat disesuaikan dengan kantong masyarakat.

Jadi, jika kamu masih bingung mau usaha UMKM di bidang apa, contoh usaha UMKM satu ini tentu tak boleh dilewatkan.

Contoh usaha UMKM di bidang internet

contoh usaha UMKM yang menguntungkan

Siapa sih yang tidak butuh internet? Di era digital seperti sekarang ini yang semua kegiatan sudah dilakukan secara online membuat masyarakat harus hidup berdampingan dengan internet. Tentunya contoh usaha UMKM satu ini adalah peluang yang sangat menjanjikan karena semua orang membutuhkan internet.

Kamu bisa memulainya dengan berjualan pulsa atau paket data terlebih dahulu. Jika sudah memiliki banyak pelanggan, kamu bisa mengembangkan usaha ini dengan berjualan aksesoris gadget, seperti casing handphone, powerbank, dan lain sebagainya.

Contoh usaha UMKM di bidang kebersihan

contoh usaha UMKM yang menguntungkan

Kamu punya modal lebih? Jika iya, cobalah membuka jasa laundry kiloan. Contoh usaha UMKM di bidang kebersihan ini sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya bagi mereka yang sibuk berkegiatan sampai tidak memiliki waktu untuk sekadar mencuci dan menyetrika baju. 

Kalau ternyata di sekitar rumahmu sudah banyak jasa laundry baju, kamu bisa merambah jenis lainnya. Misalnya helm, boneka, karpet, dan selimut. Bahkan saat ini juga sudah banyak jasa laundry yang membuka penawaran khusus untuk pencucian perlengkapan bayi, seperti stroller, bouncer, dan gendongan.

Contoh usaha UMKM di bidang fashion

contoh usaha UMKM yang menguntungkan

Usaha di bidang fashion tidak pernah mati. Hal ini karena tren fashion selalu berubah setiap tahunnya. Usaha di bidang ini pun dapat dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu menyewa toko untuk berjualan.

Lingkup industri fashion sangat luas, mulai dari baju, celana, aksesoris, hingga sepatu. Kamu bisa menjual produk merek terkenal atau menjual produk buatan sendiri. Merek-merek lokal pun kini banyak dicari oleh orang Indonesia. Itulah alasannya mengapa contoh usaha UMKM di bidang fashion begitu menjanjikan.

Contoh usaha UMKM di bidang kecantikan

contoh usaha UMKM yang menguntungkan

Jika punya skill make up, tak ada salahnya untuk menjadi seorang MUA atau Make Up Artist. Bisnis ini semakin populer karena semakin banyak perempuan yang butuh jasa MUA. Jasa ini bisanya dibutuhkan di momen pernikahan, wisuda, lamaran, photoshoot, dan acara besar lainnya.

Untuk kamu yang sudah mahir memegang kuas make up, kamu juga bisa membuat kelas atau kursus make up sendiri.

Contoh usaha UMKM di bidang kuliner

contoh usaha UMKM yang menguntungkan

Sama dengan usaha di bidang fashion, contoh usaha di bidang kuliner pun tidak ada matinya. Di Indonesia sendiri, bisnis kuliner ini bisa dibilang menjadi primadona. Terlebih saat ini ada layanan antar makanan yang membuat usaha ini semakin berjaya.

Dengan menggunakan layanan antar makanan online, kamu jadi bisa memesan makanan dengan lebih mudah. Bagi kamu yang hendak memulai usaha kecil di bidang kuliner, bekerja sama dengan layanan antar makanan online adalah sebuah keharusan karena kamu akan mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Contoh usaha UMKM di bidang agrobisnis

contoh usaha UMKM yang menguntungkan

Pandemi membuat orang belanja apa pun secara online, termasuk belanja buah dan sayur. Hal inilah yang menjadi peluang bagi kamu untuk terjun di bidang agrobisnis. Kamu tidak perlu menyediakan lahan besar, cukup dengan memanfaatkan pekarang rumah, lalu tanam bibit tanaman dan rawat sampai panen.

Kamu bisa memulainya dengan bibit tanaman seperti cabai, jeruk nipis, kangkung, dan bayam. Dari hasil usaha di agrobisnis ini, kamu bisa menjualnya secara online. Tak perlu khawatir soal pangsa pasarnya, yang terpenting fokuslah pada kualitas produk agrobinis yang dihasilkan.

Tingkatkan Penjualan Bisnis Kamu dengan OY! Bisnis

Setelah mengetahui contoh usaha UMKM apa saja yang bisa diikuti, kini saatnya untuk fokus pada pengembangan bisnisnya. Dalam prosesnya, kamu harus memerhatikan sistem pembayaran bisnis guna meraih lebih banyak pelanggan.

Jika ingin berjualan secara online, penting untuk menggunakan OY! Bisnis. Dengan OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran yang diinginkan konsumen, misalnya virtual account.

Di OY! Bisnis, kamu bisa membuat nomor virtual account bisnis kamu sendiri. Setelah nomor virtual account dibuat, kamu bisa menyebarkannya langsung di aplikasi perpesanan. Tentunya cara ini sangat memudahkan pelanggan dalam belanja di toko kamu.

Bagaimana, tertarik bergabung di OY! Bisnis? Ayo daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati keuntungan terima dan kirim pembayaran secara praktis!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023