Jenis Usaha UMKM di Bidang Kuliner dengan Modal Minim

Luthfa
|
November 9, 2021

Ada begitu banyak pilihan usaha UMKM di bidang kuliner yang bisa dimulai dengan modal minim. Meski tidak memiliki pengetahuan di bidang kuliner, tidak perlu khawatir sebab tidak semua pebinis kuliner memiliki kemampuan memasak yang mumpuni.

Selama kamu mengikuti tren kuliner yang berkembang, serta mempelajari trik pembuatannya dari orang yang lebih berpengalaman, kamu sudah bisa membuka usaha UMKM di bidang kuliner. Yang terpenting, kamu harus rajin melakukan trial and error agar produkmu diterima masyarakat.

Nah, kalau penasaran jenis usaha UMKM di bidang kuliner apa saja yang bisa dimulai dengan modal minim, berikut kami berikan rekomendasinya.

Jenis Usaha UMKM di Bidang Kuliner dengan Modal Minim

Tak semua bisnis kuliner harus dimulai dengan modal besar. Pasalnya, ada banyak usaha UMKM di bidang kuliner yang bisa dirintis dengan modal minim. Cukup dengan modal Rp2 juta sampai Rp5 juta, kamu sudah bisa menjalankannya. 

Berikut beberapa jenis usaha UMKM di bidang kuliner dengan modal minim namun dinilai cukup menjanjikan:

Martabak

usaha UMKM di bidang kuliner

Siapa yang tidak suka martabak? Nampaknya hampir semua orang menyukai camilan satu ini. Martabak menjadi usaha UMKM di bidang kuliner yang minim modal karena bahan bakunya tidak banyak dan harganya pun relatif terjangkau.

Supaya modal usaha yang dikeluarkan tidak terlalu besar, kamu bisa berjualan secara online terlebih dahulu dengan bergabung sebagai merchant di aplikasi antar makanan online. Jika keuntungannya sudah terlihat, barulah kamu bisa menyewa toko atau membeli gerobak untuk berjualan.

Menjual martabak dibutuhkan skill khusus mengingat adonannya cukup sulit dibuat hanya dengan sekali percobaan. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa belajar langsung dengan ahlinya. Untuk membedakan produk kamu dengan yang lainnya, kamu bisa menambahkan aneka topping maupun varian rasa yang digemari generasi millennial.

Sambal kemasan

usaha UMKM di bidang kuliner

Tak bisa dimungkiri bawah orang Indonesia sangat menyukai sambal. Bahkan banyak orang yang tak bisa makan tanpa sambal. Hal inilah yang membuka peluang bagi kamu untuk berjualan sambal kemasan.

Jenis usaha UMKM satu ini terbilang sangat menjanjikan karena sebagian besar orang suka sesuatu yang praktis, termasuk soal urusan makanan. Sambal kemasan homemade pasti akan menarik perhatian masyarakat dan banyak diburu.

Tidak hanya satu jenis, kamu bisa menciptakan beragam jenis sambal yang umumnya disukai orang Indonesia, seperti sambal matah, sambal terasi, sambal cumi asin, sambal goang, dan lain sebagainya. Pasarkan produk ini secara online agar menjangkau lebih banyak pelanggan.

Minuman kekinian

usaha UMKM di bidang kuliner

Selain makanan, jenis usaha UMKM minuman kekinian juga tak boleh kamu lewatkan. Ada begitu banyak jenis produk minuman kekinian yang bisa dijual ke masyarakat. Sebut saja teh susu boba, thai tea, kopi susu, dan jus sehat, dan minuman teh varian rasa.

Buatlah merek kamu sendiri dan ciptakan produk serupa dengan memberikan sentuhan kreativitas di dalamnya. Entah menyediakan menu khusus yang menjadi signature drink produk kamu atau menggunakan kemasan dan logo yang unik.

Roti bakar

usaha UMKM di bidang kuliner

Usaha UMKM di bidang kuliner selanjutnya yang bisa dimulai dengan modal minim adalah roti bakar. Layaknya martabak, roti bakar juga memiliki banyak peminat. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukainya. Selain itu, hidangan satu ini pun cocok dinikmati kapan saja.

Menjual roti bakar tidak membutuhkan keahlian khusus seperti menjual martabak. Namun, diperlukan inovasi dan kreativitas dalam menciptakan menu baru agar usaha UMKM roti bakar dapat menarik perhatian pembeli.

Angkringan

usaha UMKM di bidang kuliner

Meski berasal dari Yogyakarta, nyatanya tempat makan satu ini selalu dicari oleh para penikmat makanan. Ya, harganya yang murah meriah serta pilihan menunya yang bervariasi menjadi daya tarik angkringan.

Target pasarnya memang tidak seluas bisnis kuliner lainnya, tapi kamu bisa menyasar para pekerja kantoran atau muda-mudi yang gemar berkuliner malam hari. Usaha UMKM di bidang kuliner satu ini tentu jadi ide bisnis yang tepat bagi kamu yang bingung mau membuka usaha makanan apa.

Tingkatkan Penjualan Usaha UMKM di Bidang Kuliner dengan OY! Bisnis

Setelah mengetahui jenis usaha UMKM di bidang kuliner, kini saatnya kamu mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, OY! Bisnis dapat membantu meningkatkan penjualan usaha UMKM kamu, bukan? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang