5 Ide Jualan Online Paling Menjanjikan untuk Bisnis UMKM

Atia Tobing
|
January 4, 2022

5 Ide Jualan Online Paling Menjanjikan untuk Bisnis UMKM - Saat ini, menjadi seorang pengusaha yang sukses dan handal merupakan impian sebagian besar masyarakat, terutama kalangan anak muda. Peluang sukses bisnis online yang cukup menjanjikan telah membuat masyarakat tertarik untuk memiliki online shop.

Apabila kamu ingin memiliki suatu bisnis, kamu tentunya harus mulai dari awal, yaitu membangun bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah terlebih dahulu. Pemilihan jenis bisnis online juga perlu kamu lakukan. Caranya adalah mempertimbangkan beberapa ide jualan online yang mampu menghasilkan keuntungan. Seperti apa ide jualan online yang cocok untuk bisnis UMKM?

Jangan khawatir, kita punya beberapa ide jualan online paling menjanjikan untuk bisnis UMKM. Penasaran? Simak selengkapnya pada artikel OY! berikut ini!

Tahun Baru, Ide Bisnis UMKM Baru!

Jika kita berbicara tentang bisnis, berbagai inovasi perlu dilakukan oleh setiap pemilik bisnis. Sifat inovatif mampu membantu kamu dalam menyesuaikan permintaan atau kebutuhan masyarakat (demand) yang umumnya berubah dari waktu ke waktu. 

Suatu tren bisnis pastinya tidak akan eksis selamanya. Seiring dengan berjalannya waktu, tren bisnis baru akan menggantikan tren sebelumnya. Apalagi di era digital seperti sekarang yang telah membuat masyarakat gemar berbelanja secara daring di bisnis-bisnis online yang memiliki tren yang cepat berubah.

Nah, kita baru saja menyambut tahun baru nih! Awal tahun baru merupakan waktu yang tepat untuk mempertimbangkan ide bisnis UMKM baru bagi para pemilik UMKM serta para pemula yang berencana untuk memulai suatu bisnis UMKM online.

Bagi kamu yang telah memiliki suatu bisnis UMKM namun tidak kunjung berkembang sesuai dengan harapan, inilah saatnya kamu mencoba berjualan online. Seluruh bisnis wajib menerapkan digitalisasi untuk menyesuaikan tren belanja online yang kian marak saat ini, termasuk bisnis UMKM.

Agar jualan online yang kamu usahakan membuahkan hasil yang menguntungkan, kamu perlu mengetahui beberapa ide jualan online yang paling menjanjikan untuk bisnis UMKM. Apa saja ide-idenya?

Telusuri lebih lanjut ide jualan online yang paling menjanjikan untuk bisnis UMKM pada ulasan di bawah ini!

5 Ide Jualan Online Paling Menjanjikan untuk Bisnis UMKM

Apabila kamu ingin mencoba jualan online, alangkah baiknya kamu mempertimbangkan jenis bisnisnya secara matang. Salah satu hal yang perlu kamu ketahui adalah ide jualan online yang memiliki potensi untuk unggul di kalangan masyarakat.

Berikut 5 ide jualan online yang paling menjanjikan yang penting bagi kamu yang ingin membangun bisnis UMKM!

Kuliner yang Sedang Trending

ide jualan online

Ide jualan online pertama yang patut kamu coba adalah bisnis UMKM kuliner makanan atau minuman yang sedang trending atau booming. Mengapa demikian?

Di Indonesia, tren kuliner kekinian akan selalu menjadi pusat perhatian masyarakat. Mereka akan cenderung ingin mencoba makanan atau minuman yang sedang ramai diperbincangkan, khususnya di media sosial. Jadi, jenis bisnis UMKM ini bisa menjadi pilihan kamu saat mulai jualan online!

Bingung ingin pilih makanan atau minuman apa yang akan dijual? Tenang, kamu bisa cari tahu tentang tren makanan atau minuman yang digemari oleh masyarakat saat ini, mulai dari bertanya dengan teman hingga menelusuri sendiri melalui media sosial. Agar bisnis kuliner kamu lebih menarik, buat inovasi baru dari makanan dan minuman yang sedang trending, misalnya varian rasa baru yang unik dan bikin orang penasaran!

Kuliner Makanan Sehat (Healthy Food)

ide jualan online

Seperti yang kita ketahui, kita baru saja memasuki tahun baru 2022. Berhubungan dengan tahun baru, mayoritas orang akan membuat beberapa resolusi tahun baru yang ingin mereka capai. Salah satu resolusi tahun baru yang umum direncanakan oleh masyarakat adalah menerapkan hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan membiasakan diri konsumsi makanan bergizi.

Di samping itu, kehadiran pandemi COVID-19 juga telah membuat masyarakat lebih sadar dan paham tentang pentingnya menjaga pola makan dan mengonsumsi nutrisi yang cukup bagi tubuh mereka. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan hal-hal ini sebagai peluang emas dalam membangun bisnis UMKM online.

Ide jualan online kuliner makanan sehat (healthy food) ada berbagai macam, mulai dari minuman herbal seperti jamu tradisional hingga catering makanan sehat. Kembangkan kreativitasmu saat berinovasi supaya bisnis UMKM kamu laris manis!

Jasa Content Writing atau Copywriting

jualan online

Tak hanya penjualan produk saja, ide jualan online yang menjanjikan untuk bisnis UMKM juga dapat berupa jasa atau layanan, loh! Sebagai contoh, jasa pengetikan freelance yang menyediakan berbagai jasa seperti penulisan konten (content writing) atau copywriting untuk bisnis lain. Apa perbedaan dari content writing dan copywriting?

Content writing adalah penulisan konten atau tulisan berupa tips, informasi atau tulisan lainnya yang diunggah secara online. Di lain sisi, copywriting adalah penulisan konten atau tulisan persuasif yang berisi informasi tentang produk atau jasa dari suatu perusahaan yang bertujuan untuk promosi dan meningkatkan penjualan. 

Keduanya merupakan strategi pemasaran yang perlu diterapkan dalam suatu perusahaan. Dengan adanya kebutuhan terhadap jasa pengetikan, kamu tentunya bisa mempertimbangkan ide jualan online yang menyediakan jasa-jasa tersebut!

Fashion

jualan online

Selanjutnya, ide jualan online untuk bisnis UMKM yang bisa kamu coba adalah bisnis fashion. Jenis bisnis ini berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar, terutama pada momen-momen tertentu seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Bisnis fashion merupakan salah satu bisnis yang sangat progresif, mengingat banyaknya tren fashion yang populer di kalangan anak muda.  Selama kamu terus mengikuti tren bisnis dan berinovasi, bisnis UMKM fashion yang kamu kelola dapat memperoleh keuntungan yang tidak kalah besar dari toko-toko baju di pusat perbelanjaan.

Sebagai informasi, bisnis fashion yang dapat kamu bangun tak hanya menjual pakaian baru saja. Kamu juga bisa menjual pakaian bekas yang masih layak pakai. Jenis bisnis fashion ini disebut thrift store. Jangan salah, bisnis thrift store cukup menjanjikan dan digemari oleh kalangan anak muda. 

Alasan utamanya adalah harga pakaian bekas yang sudah dicuci dan masih terlihat seperti baru akan sangat berbeda jauh dibandingkan membeli pakaian baru. Jadi, apabila kamu mampu memilih pakaian dan memasarkan setiap produk dengan baik, kamu pasti akan sukses menjalankan ide jualan online ini!

Reseller 

bisnis umkm

Terakhir, ide jualan online yang menjanjikan bagi pengusaha pemula adalah reseller. Sama seperti ide lainnya, bisnis reseller membutuhkan banyak kesabaran dan komitmen. Apa itu bisnis reseller?

Bisnis reseller adalah jenis bisnis yang memungkinkan kamu untuk menjual kembali produk yang telah kamu beli. Produk ini dapat kamu beli dari pihak supplier atau produsen. Pada dasarnya, kamu adalah perantara antara produsen dan pelanggan.

Modal bisnis UMKM reseller relatif terjangkau. Oleh karena itu, jenis bisnis ini merupakan salah satu pilihan bisnis terbaik bagi para pemula.

Itulah 5 ide jualan online paling menjanjikan bagi kalian yang ingin memulai bisnis UMKM. Selamat mencoba!

Setelah menentukan ide jualan online, langkah selanjutnya adalah menyusun strategi bisnis agar pelanggan puas dengan produk dan layanan yang kamu berikan. Salah satu layanan yang perlu diprioritaskan adalah layanan transaksi dengan pelanggan.  

Dengan bergabung di OY! Bisnis, kamu bisa memberikan kemudahan kepada pelanggan saat melakukan pembayaran. Telusuri lebih lanjut tentang OY! Bisnis beserta keuntungannya pada ulasan berikut ini!

Lancarkan Proses Pembayaran Bisnis UMKM dengan Bergabung di OY! Bisnis

bisnis umkm

OY! Bisnis merupakan solusi terbaik untuk semua jenis transaksi bisnis UMKM serta mengembangkan sistem pembayaran bisnis. Layanan dari OY! Bisnis dijamin akan memenuhi ekspektasi pelanggan dalam bertransaksi karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan melalui produk-produk yang dapat diakses di situs web OY! Indonesia.

Selain memilih ide jualan online yang paling menjanjikan, kamu juga harus menyederhanakan sistem pembayaran yang kompleks untuk menyediakan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan. Terlebih lagi, keunggulan dari OY! Bisnis adalah kamu bisa menghemat biaya operasional bisnis dan mengatasi segala hambatan transaksi. Hal ini hanya bisa kamu dapatkan di OY! Indonesia!

Apabila kamu ingin menggali informasi tentang bagaimana OY! Bisnis dapat membantu bisnis UMKM berkembang di era digital dan selama pandemi berlangsung, jangan khawatir! Kamu bisa telusuri informasinya di sini.


Tunggu apa lagi? Daftarkan bisnis UMKM kamu di OY! Bisnis sekarang juga untuk menyediakan segala kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi kepada pelanggan serta mendukung kesuksesan ide jualan online yang telah kamu pilih!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang