Digitalisasi UMKM: Solusi di Tengah Pandemi yang Berbuah Cuan

Luthfa
|
November 10, 2021

Digitalisasi UMKM menjadi solusi di tengah sulitnya perekonomian bangsa saat ini. Tak bisa dimungkiri bahwa pandemi telah memberikan dampak yang luar biasa terhadap seluruh sektor dalam perekonomian.

UMKM menjadi salah satu yang paling terkena dampaknya. Namun, di tengah situasi sulit tanpa kepastian, sekelompok UMKM nyatanya masih bisa bertahan. Berkat penerapan digitalisasi UMKM, para pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah mampu mengambil peluang dan manfaat dari pandemi yang terjadi.

Lantas, apa sebenarnya yang membuat digitalisasi menguntungkan UMKM? Simak penjelasan lebih lanjut mengenai digitalisasi UMKM melalui ulasan berikut ini!

Digitalisasi UMKM

digitalisasi umkm, solusi di tengah pandemi

Digitalisasi UMKM sejatinya merupakan paksaan yang harus dilakukan para pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah agar bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19. Paksaan ini muncul setelah kebiasaan belanja masyarakat mendadak berubah akibat kebijakan pembatasan sosial.

Kegiatan belanja yang tadinya dilakukan secara offline berganti menjadi online. Tak ada lagi kegiatan jual beli tatap muka yang terjadi, yang ada hanya kurir ekspedisi dan ojek online yang meramaikan sudut jalan dengan membawa banyak barang hasil belanja online pelanggan.

Adanya hal ini lantas memaksa para pemilik usaha UMKM untuk beradaptasi dengan fenomena yang terjadi. Pemilik usaha dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara menerapkan digitalisasi UMKM.

Dengan go digital, pelaku usaha tidak kehilangan pasar. Justru sebaliknya, pelanggan bertambah dan cuan melimpah.

Manfaat Digitalisasi UMKM

digitalisasi umkm, solusi di tengah pandemi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa digitalisasi layaknya harga mati bagi pemilik usaha UMKM jika ingin melewati krisis akibat pandemi COVID-19. Sebab dengan beralih ke digital, UMKM bisa mempertahankan kondisi usahanya.

Tak hanya itu, beberapa manfaat lain pun dapat kamu peroleh dengan cara UMKM go online. Apa saja?

Menjangkau pasar yang lebih luas

digitalisasi umkm, solusi di tengah pandemi

Manfaat digitalisasi UMKM yang pertama adalah jangkauan pasar yang lebih luas. Dengan media internet, siapa pun bisa menemukan toko kamu, termasuk orang yang tinggal di luar negeri.

Kecanggihan teknologi juga memudahkan distribusi produk menjadi lebih mudah tanpa terhalang waktu maupun jarak. Itu artinya kamu bisa mengirim barang ke mana pun tujuannya.

UMKM menjadi lebih profesional

digitalisasi umkm, solusi di tengah pandemi

Digitalisasi UMKM tidak hanya berpotensi meraup lebih banyak pelanggan, tapi juga membuat usaha UMKM menjadi lebih profesional. Hal ini karena usaha UMKM yang go digital akan dinilai lebih oleh calon pelanggan, terlebih jika usaha tersebut telah memiliki website dan media sosial.

Meminimalisir kehilangan market

digitalisasi umkm, solusi di tengah pandemi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa digitalisasi UMKM akan membuat pelanggan betah berbelanja di toko kamu. Masyarakat yang telah merasa nyaman berada di ekosistem digital akan menjadikan kegiatan belanja online sebagai kebiasaan yang tak bisa lepas dari hidup mereka.

Jika bisnismu tidak mampu menyesuaikan dengan kebiasaan ini, maka bersiaplah untuk kehilangan pasar. Sebab bagaimanapun, pelanggan semakin dimanjakan dengan kemudahan akses online.

Biaya operasional lebih rendah

digitalisasi umkm, solusi di tengah pandemi

Manfaat digitalisasi UMKM selanjutnya adalah menekan biaya operasional. Ya, pelaku usaha UMKM yang dulunya harus menyewa toko untuk berjualan kini tak perlu lagi melakukan hal tersebut. Sebab, semua aktivitas bisa dilakukan secara online, termasuk kegiatan pemasaran.

Kamu hanya perlu mengunggah foto produk di laman internet agar pelanggan bisa melihat produkmu secara detail. Tinggalkan ulasan pelanggan lain mengenai produk yang kamu jual agar calon pelanggan dapat mempercayai kualitas produk buatanmu.

Dengan pemasaran serta penjualan yang dilakukan secara online, biaya operasional jadi bisa ditekan. Kamu pun dapat menghemat pengeluaran dan memanfaatkannya untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Pertumbuhan lebih cepat

digitalisasi umkm, solusi di tengah pandemi

Tak bisa dimungkiri bahwa digitalisasi UMKM akan membuat pertumbuhan UMKM berjalan lebih cepat. Bukan tanpa alasan, kecepatan penyebaran informasi serta pemanfaatan platform digital secara maksimal akan mendatangkan lebih banyak pelanggan sehingga potensi penjualan dapat meningkat.

Sukseskan Digitalisasi UMKM dengan OY! Bisnis

Wujudkan digitalisasi UMKM dengan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, kepengin mewujudkan digitalisasi UMKM dengan OY! Bisnis? Tunggu apalagi, mari daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang