5 Ide Bisnis UMKM Kekinian yang Patut Dicoba di 2022

Luthfa
|
January 22, 2022

Ide Bisnis UMKM Kekinian yang Patut Dicoba di 2022 – Jika kamu selama ini kepengin memulai bisnis tapi belum yakin, tahun 2022 ini adalah saatnya. Saat ini ada begitu banyak ide bisnis UMKM kekinian yang bisa kamu coba.

Soal modal tak perlu khawatir sebab kebanyakan bisnis bisa dijalani dengan modal yang minim. Asalkan ada niat dan kerja keras, bisnis kecil yang kamu rintis pasti bisa berkembang. Meski begitu, jangan langsung mengharapkan untung berkali lipat, ya.

Berikut beberapa ide bisnis UMKM kekinian yang bisa kamu coba di tahun 2022.

Ide Bisnis UMKM Kekinian yang Patut Dicoba di 2022

Mau mulai terjun ke dunia bisnis tapi masih bingung mencari ide bisnis UMKM? Tenang, kami punya beberapa rekomendasi ide bisnis kekinian yang berpeluang cuan di tahun 2022 ini. Modalnya pun tak seberapa karena kamu bisa memulainya dengan modal minim terlebih dahulu.

Ini dia daftar ide bisnis UMKM kekinian yang bisa kamu coba di tahun ini!

Masakan Korea

Efek Hallyu wave di Indonesia benar-benar fenomenal. Buktinya kini banyak masyarakat yang mengalami demam drakor (drama Korea) dan juga K-Pop (Korean Pop).  Bahkan, saking fenomenalnya, banyak sekali restoran Korea yang membuka cabangnya di Tanah Air.

Mulai dari coffee shop, restoran cepat saji, dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula penjual snack khas Korea yang membuka gerainya, baik di mall maupun di pinggir jalan.

Hal inilah yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk merambah ide bisnis UMKM yang sama. Jika kamu punya skill masak dan mencintai dunia K-Pop atau drakor, tak ada salahnya untuk menjajal bisnis masakan Korea.

Ada banyak menu masakan Korea yang mudah dibuat, seperti bibimbap, kimbap, jajangmyeon, tteokbokki, odeng, dan lain-lain.

Katering sehat/menu diet

Tak bisa dimungkiri bahwa kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin tinggi. Hal inilah yang lantas menciptakan peluang bisnis yang bagus untuk mencoba peruntungan ide bisnis UMKM katering makanan sehat.

Salah satu alasan mengapa ide bisnis UMKM ini menjanjikan sebab banyak orang ingin mengonsumsi makanan sehat tapi tidak mampu untuk menyiapkan menu sehatnya sendiri. Sibuk karena berkegiatan di luar rumah jadi alasan utamanya.

Untuk itu, kamu bisa menjadikan bisnis ini sebagai mata pencaharianmu di tahun 2022.

Coffee Shop

Punya modal lebih untuk menjalani bisnis? Coba saja bikin coffee shop. Ide bisnis UMKM satu ini sangat berpeluang mengingat kopi susu jadi minuman primadona belakangan tahun terakhir. Gerai coffee shop juga mulai menjamur, mulai dari yang hanya sebatas pekarangan rumah saja, hingga sebesar kafe pada umumnya.

Jika tak ada skill membuat kopi, kamu bisa mempekerjakan seorang barista. Nah, agar bisnis kamu berkembang pesat, jangan hanya fokus berjualan secara offline, tapi juga bidik pasar online. Kamu bisa berjualan kopi susu yang dikemas dalam botol plastik dan menjualnya melalui jasa media sosial, e-commerce, atau melalui layanan pengantar makanan online.

Bisnis peralatan zero waste

Selain kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan, kini masyarakat juga mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dengan menggerakkan kampanye zero waste. Banyak orang yang mulai menjalani hidup dengan menggunakan peralatan yang bisa didaur ulang serta mengurangi penggunaan plastik.

Dengan adanya tren ini, kamu bisa berjualan ide bisnis UMKM zero waste, seperti berjualan tumbler, kotak makan, tote bag, stainless straw, dan masih banyak lagi. Untuk memikat pelanggan, kamu pun harus aktif dalam melakukan edukasi tentang pentingnya memulai gaya hidup zero waste di media sosial.

Les privat online

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang tua yang membutuhkan jasa les privat online. Keterbatasan untuk tatap muka langsung mengharuskan anak untuk menerima pelajaran dari rumah melalui media gadget.

Untuk itu, bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan, cobalah untuk membuka jasa les privat online. Tentukan tarif yang tidak terlalu mahal agar ide bisnis UMKM ini dapat bersaing dengan les privat online lain yang lebih dulu eksis.

Tingkatkan Performa Bisnis UMKM Kamu dengan OY! Bisnis

Setelah mengetahui ide bisnis UMKM kekinian tahun 2022, kini saatnya kamu untuk mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, kepengin meraih lebih banyak pelanggan dari bisnis UMKM kamu? Tunggu apalagi, mari daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023