Cara Mencari Pendanaan untuk Bisnis UMKM

Shafira
|
November 29, 2021

Cara Mencari Pendanaan untuk Bisnis UMKM - Usaha mikro, kecil dan menengah atau bisnis UMKM adalah salah satu pendorong terkuat pembangunan ekonomi, inovasi dan lapangan kerja. Namun, akses ke produk dan layanan keuangan sering diidentifikasi sebagai penghalang penting bagi pertumbuhan bisnis UMKM. 

Mencari pendanaan untuk bisnis UMKM merupakan suatu tantangan besar bagi siapa pun yang ingin mencoba terjun ke dunia usaha. Bisnis UMKM seringkali membutuhkan modal untuk tumbuh. Pendanaan modal ini bisa berasal dari berbagai sumber. 

Namun sebelum kamu mulai mencari dana, kamu harus memiliki rencana bisnis yang solid dengan garis besar yang jelas tentang bagaimana kamu berencana untuk menggunakan dana modal tersebut.

Ada beberapa cara mencari pendanaan untuk kamu yang baru akan memulai bisnis UMKM. Simak artikel di bawah ini.

Pendanaan Bisnis UMKM

Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan program yang diluncurkan pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan penyaluran dana usaha guna memberdayakan bisnis UMKM di Indonesia. 

Dana usaha yang disalurkan berbentuk pinjaman bank yang dapat dilunasi dengan model cicilan berdasarkan bunga yang telah disepakati dalam jangka waktu tertentu. KUR tidak hanya bersifat sebagai program permodalan bisnis UMKM, namun juga memiliki upaya untuk meningkatkan sektor riil serta memberdayakan bisnis UMKM.

Pendanaan Bisnis UMKM

Program Pelatihan dan Pendanaan

Pemerintah kerap bekerja sama dengan berbagai pihak yang ingin mendukung UMKM dengan menyelenggarakan program pelatihan dan pendanaan untuk bisnis UMKM. Program ini dapat diikuti oleh para pelaku UMKM untuk mendapatkan pelatihan yang menunjang keberlangsungan bisnis serta kesempatan untuk mendapatkan pendanaan dalam beberapa aspek bisnis seperti manajerial, pemasaran, produksi, atau dari segi aspek quality control produk dan layanan.

Program pelatihan dan pendanaan ini bisa dibilang paket lengkap karena pelaku bisnis UMKM tidak hanya menerima pendanaan, tetapi juga mendapatkan pelatihan bisnis yang diberikan dari para ahlinya. Selain itu, para pelaku bisnis UMKM dapat saling bertemu dan berkenalan sehingga menambah relasi jaringan bisnis.

Crowdfunding

Crowdfunding adalah proses sumber penggalangan dana dari masyarakat umum yang dilakukan melalui internet atau dengan memanfaatkan jejaring media sosial. Biasanya, crowdfunding dilakukan melalui media penggalangan dana untuk bisnis seperti Patreon, Fundable, GoFundMe, atau Kickstarter. 

Crowdfunding tidak hanya memungkinkan bisnis UMKM mengumpulkan dana, tetapi juga membantu bisnis UMKM mendapatkan validasi ide-ide atau inovasi dari masyarakat atau perusahaan penggalangan itu. Di Indonesia, konsep crowdfunding masih dalam tahap awal dan belum menjadi pilihan kebanyakan bisnis UMKM. Namun proses crowdfunding memiliki cakupan yang besar di masa mendatang.

Pinjaman Melalui Perusahaan Multifinance

Proses atau cara kerja perusahaan multifinance terbilang mirip dengan proses yang ada di bank. Tahap pertama setelah pengajuan pinjaman sudah dilakukan adalah pihak multifinance akan melakukan analisa atas pengajuan kredit calon nasabah yang akan menghasilkan skor kredit. 

Setelah itu, apabila skor kredit telah didapat dan calon nasabah dinyatakan diperbolehkan untuk diberikan pinjaman, calon nasabah dapat meminjam dana dan harus membayar pinjaman dengan sistem angsuran berikut dengan bunga yang telah disetujui sesuai produk pembiayaan yang dipilih dan sesuai tenor waktu yang disepakati.

Pinjaman Melalui Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Dalam konsep peer-to-peer lending, ada dua peran yaitu peminjam atau pendana yang memberi pinjaman. Kedua peran tersebut memiliki peran dan manfaat untuk hal finansial. P2P Lending akan menghubungkan pendana dengan peminjam dana secara online. Setiap orang bisa memberikan atau mengajukan pinjaman uang kepada siapa saja dengan berbagai tujuan saat menggunakan P2P lending.

Metode ini membantu mempertemukan pihak peminjam dengan pihak pendana tanpa menggunakan jasa dari lembaga perbankan. Sistem P2P dapat menjadi alternatif kegiatan pinjam-meminjam uang yang prosesnya tidak sekompleks pinjaman melalui lembaga resmi seperti bank dan jasa kredit. Peminjaman uang dapat dilakukan dengan sesama pengguna sistem P2P yang artinya peer-to-peer.

Tingkatkan Performa Pembayaran Bisnis UMKM dengan OY! Bisnis

Pendanaan Bisnis UMKM

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis kamu. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan performa UMKM, kami menghadirkan berbagai fitur dan layanan pembayaran bisnis yang dapat membantu usaha UMKM milikmu meningkatkan performa pembayaran.

Segera daftarkan UMKM milikmu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang