Cara Meningkatkan Omzet Usaha UMKM

Atia Tobing
|
December 30, 2021

Cara Meningkatkan Omzet Usaha UMKM - Di era pandemi seperti sekarang, penurunan omzet merupakan salah satu malapetaka yang tidak dapat dihindari oleh hampir semua bisnis. Dengan adanya penurunan omzet, perkembangan bisnis otomatis akan terhambat.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, terutama krisis ekonomi yang dialami oleh mayoritas masyarakat yang mengharuskan mereka untuk berhemat. Alhasil, kerugian bisnis menghampiri para pemilik bisnis, khususnya usaha UMKM.

Setiap pengusaha tentunya mengharapkan omzet dari usahanya selalu meningkat dari waktu ke waktu. Nah, meskipun situasi saat ini tidak mendukung, kamu tetap bisa mengembangkan dan meningkatkan omzet bisnis kamu!

Untuk mencapai hal tersebut, kamu perlu mengetahui cara yang tepat untuk meningkatkan omzet usaha UMKM. Pelajari caranya pada artikel OY! berikut ini!

Meningkatkan Omzet Usaha UMKM di Tengah Pandemi: Apakah Bisa?

Memiliki suatu usaha UMKM di tengah pandemi pastinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Zaman yang kian canggih pun telah membuat persaingan bisnis menjadi sangat ketat. Semakin maju zamannya, semakin kompetitif pula dunia bisnis.

Sulitnya mengelola dan mempertahankan bisnis di kala maraknya pandemi COVID-19 merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi oleh semua pengusaha. Mempertahankan bisnis saja susah, apalagi meningkatkan omzet, kan?

Memang, meningkatkan omzet usaha UMKM mungkin tampak mustahil jika dilakukan selama pandemi berlangsung. Namun, dengan menerapkan strategi yang tepat, kamu pasti bisa membuat omzet usahamu meroket!

Lantas, bagaimana cara meningkatkan omzet usaha UMKM? Tenang, kami akan bahas caranya pada ulasan di bawah ini!

Cara Efektif Meningkatkan Omzet Usaha UMKM

Dengan niat dan strategi yang tepat, kamu bisa mencapai apa pun yang kamu harapkan. Begitu pula saat kamu ingin meningkatkan omzet usaha UMKM di era pandemi yang mengancam para pengusaha.

Berikut cara meningkatkan omzet usaha UMKM yang mampu membantu kamu yang sedang mengalami penurunan omzet!

Buat Strategi Bisnis Baru

usaha umkm

Jika kamu ingin meningkatkan omzet usaha UMKM, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat strategi bisnis baru. Mengapa demikian?

Dalam berbisnis, kamu akan menghadapi berbagai perubahan yang mengharuskan kamu untuk mengubah strategi usaha UMKM yang biasanya kamu terapkan. Apabila kamu tidak mengubah strategi bisnis, kamu pasti akan sulit mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan.

Pandemi COVID-19 merupakan contoh yang tepat untuk menunjukkan betapa pentingnya menyusun strategi bisnis baru. Banyak perubahan yang terjadi selama pandemi berlangsung, misalnya perubahan gaya hidup masyarakat yang “terpaksa” hemat dan membatasi belanja. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan sebuah riset tentang kebutuhan masyarakat dan merundingkan strategi bisnis dengan tim bisnis kamu! 

Memperluas Target Pasar

usaha umkm

Semua pemilik usaha pasti sudah memiliki rencana bisnis yang jelas, termasuk target pasar yang ingin disasar. Namun, jika bisnismu tidak menunjukkan lonjakan omzet setelah sekian lama, memperluas target pasar adalah cara yang tepat untuk meningkatkan omzet usaha UMKM.

Jika kamu belum pernah menentukan target pasar, kamu bisa menentukannya berdasarkan demografi konsumen, umur, perilaku, budaya, dan lain-lain. Cari tahu kalangan masyarakat yang kemungkinan akan membeli produk atau menggunakan jasa dari usaha UMKM kamu. Lalu, pastikan penentuan target pasar sudah sesuai dengan kebutuhan pemasaran.

Setelah menentukan target pasar secara spesifik, kamu juga wajib memperluas target pasar secara geografis. Dengan bantuan teknologi dan internet, hal ini dapat dilakukan dengan menawarkan pengiriman produk ke luar kota, antar pulau, dan bahkan ke luar negeri. Jangan pernah membatasi wilayah pengiriman produk dari usaha UMKM, ya!

Menerapkan Pemasaran yang Efektif

usaha umkm

Apakah kamu tidak memasarkan produk atau jasa dari usaha UMKM yang sedang kamu jalankan? Jika tidak, kamu harus segera menerapkan strategi pemasaran UMKM yang mampu meningkatkan penjualan. Dengan jumlah penjualan yang kian meningkat, omzet pasti akan meningkat pula!

Jenis pemasaran yang terbukti efektif di era digital adalah pemasaran online atau digital marketing dengan membuat berbagai konten yang mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Tahukah kamu bahwa penerapan digital marketing akan membantu kamu dalam menjangkau target pasar yang lebih luas?

Di samping itu, kamu juga bisa meyakinkan calon pelanggan kalau produk atau jasa dari bisnismu berkualitas melalui konten atau promosi. Namun, tidak semua orang mudah percaya dengan konten atau promosi. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu konten yang bisa kamu buat adalah konten testimoni dari pelanggan yang menunjukkan kepuasan terhadap usaha UMKM kamu. Upaya ini mampu mengubah pikiran orang yang awalnya tidak percaya menjadi ingin membeli produk atau memakai jasa dari bisnismu.

Menawarkan Diskon kepada Pelanggan

usaha umkm


Strategi pemasaran yang patut kamu coba untuk meningkatkan omzet usaha UMKM adalah menawarkan diskon kepada pelanggan. Siapa sih yang tidak senang saat ada diskon harga?

Pengadaan diskon secara berkala tentu akan membuat orang tertarik untuk melihat dan membeli produk atau jasa dari bisnismu. Akibatnya, penjualan dapat meningkat dan keuntungan berlipat!

Memberikan Pelayanan Terbaik Setiap Saat

usaha umkm

Mengembangkan suatu bisnis tidak hanya sebatas memperhatikan kualitas produk atau jasa saja. Agar semakin efektif, kamu juga harus memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Sebaik apa pun kualitas produk atau jasa, pelayanan yang buruk tentu akan mengecewakan pelanggan.

Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan setia dengan bisnismu. Cara meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan menciptakan kondisi yang nyaman bagi pelanggan. Jangan sekali-sekali mengecewakan pelanggan karena sekali pun mereka kecewa, kemungkinan besar mereka tidak akan membeli produk atau menggunakan jasa dari usaha UMKM kamu.

Lakukan Evaluasi Strategi Bisnis secara Berkala

usaha umkm


Terakhir, lakukan evaluasi strategi bisnis secara berkala. Apakah strategi bisnis yang baru mampu meningkatkan omzet usaha UMKM atau tidak?

Sebagai contoh, pastikan produk atau layanan yang kamu tawarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jika ternyata ada produk atau layanan yang tidak memberikan keuntungan, jangan ragu untuk menghapusnya dari daftar produk atau layanan dan coba menawarkan produk atau layanan yang baru.

Sekian cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan omzet usaha UMKM. Semoga bermanfaat!

Berbicara tentang bisnis, kamu pasti ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Bentuk pelayanan ada bermacam-macam, loh. Salah satunya adalah memberikan kemudahan dan kenyamanan saat pelanggan melakukan transaksi ke bisnismu. Bagaimana caranya?

Pakai saja fitur Reusable Payment Link dari OY! Bisnis!

Tingkatkan Performa Pembayaran Bisnis dengan Reusable Payment Link dari OY! Bisnis

usaha umkm

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis, termasuk usaha UMKM. Sebagai sistem pembayaran yang bertujuan untuk memudahkan segala proses pembayaran, OY! Bisnis memiliki produk OY! Payment Link yang dapat membantu kamu dalam mengatur proses pembayaran bisnis secara efektif. 

Nah, OY! Payment Link kini memiliki satu fitur baru yang memudahkan kamu dalam membuat tautan pembayaran untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Fitur tersebut adalah Reusable Payment Link. Selain memberikan pelayanan terbaik, kamu juga perlu memiliki sistem pembayaran bisnis yang menguntungkan bagi kamu dan tentunya pelanggan!

Fitur baru ini memungkinkan kamu dalam membuat tautan pembayaran yang berfungsi untuk menerima lebih dari satu transaksi pembayaran. Tautan pembayaran ini dapat digunakan secara terus menerus, tanpa batas waktu!

Apabila kamu ingin menggali informasi tentang bagaimana OY! Bisnis dapat membantu usaha UMKM berkembang di era digital dan selama pandemi berlangsung, jangan khawatir! Kamu bisa telusuri informasinya di sini.


Tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi dari produk-produk OY! Bisnis. Dengan OY! Bisnis, kamu bisa mengembangkan usaha UMKM serta mendukung strategi peningkatan omzet yang sudah kamu rencanakan!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang