Tips Sukses Bangun Bisnis UMKM di Masa Kritis

Luthfa
|
December 10, 2021

Pandemi Covid-19 menjadi momen tersulit bagi para pemilik bisnis UMKM. Bagaimana tidak, aturan pemerintah yang mengharuskan seluruh lapisan masyarakat beraktivitas dari rumah menyebabkan sebagian usaha mikro, kecil, dan menengah terpaksa gulung tikar.

Faktor penyebabnya tak lain tak bukan adalah karena kehilangan pembeli. Para pemilik usaha yang hanya mengandalkan bisnis offline memang sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Selama pandemi, masyarakat mulai beralih ke toko online dan berbelanja secara daring.

Hal inilah yang seharusnya menjadi perhatian para calon pelaku usaha bila ingin mendirikan bisnis di tengah masa kritis seperti sekarang ini. Beralih ke digital dan membangun toko online jadi salah satu cara jika ingin tetap eksis di tengah pandemi.

Selain itu, bisnis UMKM juga bisa melakukan cara di bawah ini agar bisnis yang baru dibangun dapat terus bertahan dan sukses menghasilkan cuan.

Tips sukses bangun bisnis umkm di masa kritis

tips bangun bisnis UMKM

Perlu disadari bahwa menjalankan bisnis UMKM di masa pandemi seperti sekarang ini memang bukan hal yang mudah. Namun, seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”, tentu ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan penjualan.

Berikut beberapa cara untuk merancang binsis UMKM yang menguntungkan di masa kritis.

Fokus pada satu bisnis di awal

tips bangun bisnis UMKM

Siapa, sih, yang tidak mau langsung sukses dengan memiliki banyak cabang sekaligus? Tentu ini menjadi dambaan semua pemilik usaha. Akan tetapi, jangan langsung tergoda dengan keuntungan yang besar dan punya cabang yang banyak.

Fokuslah pada satu bisnis terlebih dahulu sampai bisnis UMKM yang kamu jalani saat ini stabil dan menghasilkan keuntungan yang konsisten. Lagipula, dengan fokus di satu bisnis, kamu jadi bisa lebih mudah memantau dan memahami mengenai perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

Terlebih jika kamu masih muda pasti membutuhkan banyak pengalaman dari membangun sebuah bisnis UMKM pertama kali. Ini akan menjadi bekal bagi kamu kelak untuk memulai bisnis menguntungkan lainnya.

Berjualan secara online

tips bangun bisnis UMKM

Pandemi telah mengubah kebiasaan masyarakat saat berbelanja. Tak lagi datang ke toko, kini masyarakat lebih nyaman untuk membeli barang secara online. Dengan belanja online, konsumen dapat meminimalisir kontak dengan orang lain sehingga mencegah penyebaran virus corona.

Oleh karenanya, bangunlah bisnis UMKM online shop ketimbang harus membuka toko offline. Cara ini akan memudahkanmu dalam meraih pelanggan dari berbagai kalangan. Kamu bisa berjualan di marketplace atau e-commerce.

Jika punya budget lebih, kamu bisa membuat website online shop sendiri dengan mengandalkan jasa pembuat website yang terpercaya. Biasanya orang-orang lebih tertarik untuk berbelanja melalui website karena mereka bisa melihat produk yang diinginkan secara lebih detail. 

Memanfaatkan seluruh platform media sosial

tips bangun bisnis UMKM

Tips sukses bangun bisnis UMKM di masa kritis selanjutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Promosikan bisnis UMKM kamu di seluruh jejaring media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube.

Kamu juga bisa mengandalkan fitur Ads yang disediakan oleh masing-masing platform. Dengan mengiklankan produk kamu di media sosial, peluang untuk meningkatkan penjualan akan terbuka lebar.

Mengadopsi sistem pembayaran praktis

tips bangun bisnis UMKM

Bisnis UMKM yang dijalankan secara daring tidak lengkap rasanya tanpa didukung dengan sistem pembayaran yang praktis. Untuk menyediakan metode pembayaran online, kamu bisa menggunakan jasa payment gateway.

Payment gateway akan membantu kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran online yang dikehendaki pelanggan. Misalnya, pembayaran dengan cara transfer bank, virtual account, e-wallet, dan QRIS.

Rutin buat promosi

tips bangun bisnis UMKM

Salah satu cara paling ampuh agar sukses membangun bisnis UMKM di masa krisis adalah dengan rutin membuat promosi. Sebagaimana yang kita tahu, semua orang menyukai promo sehingga penting untuk menjadikan hal ini sebagai kegiatan reguler bisnis UMKM kamu.

Namun, buatlah promosi yang menarik agar lebih banyak orang yang tergiur untuk belanja di toko kamu. Bentuk promosi yang dibuat bisa berupa cashback, promo buy 1 get 1, atau limited offer yang hanya diberikan selama beberapa saat saja.

Tingkatkan Penjualan Bisnis UMKM Kamu dengan Bergabung di OY! Bisnis

Menggunakan OY! Bisnis milik OY! Indonesia adalah salah satu strategi pemasaran UMKM yang bisa kamu lakukan jika ingin meningkatkan penjualan bisnis UMKM. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagi kamu yang ingin menggali informasi mengenai bisnis UMKM di Indonesia atau ingin mengetahui bagaimana cara OY! Indonesia membantu pengelolaan keuangan UMKM, cari tahu informasinya di sini.  

Bagaimana, tertarik menggunakan OY! Indonesia? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023