Tren Bisnis Online di Bidang Kuliner di Tahun 2022

Luthfa
|
January 31, 2022

Tren Bisnis Online di Bidang Kuliner di Tahun 2022 - Bisnis online di bidang kuliner selalu memiliki peluang untuk sukses. Hal ini karena makanan menjadi kebutuhan primer manusia sehingga selama manusia masih membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, bisnis kuliner tidak akan pernah mati.

Jika kamu tertarik menjalani bidang ini dan memilih kuliner sebagai pilihan bisnisnya, ada sejumlah pilihan usaha kuliner yang bisa kamu jalankan di tahun ini. Tak perlu khawatir soal modal karena beberapa jenis usaha kuliner tidak membutuhkan modal besar.

Ini dia tren bisnis online di bidang kuliner tahun 2022 yang bisa dijadikan ide usaha.

Tren Bisnis Online di Bidang Kuliner di Tahun 2022

tren bisnis online di bidang kuliner

Bisnis online di bidang kuliner jadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan di era pandemi seperti sekarang ini. Bahkan belakangan terakhir mulai banyak bermunculan varian makanan dan minuman kekinian terbaru yang diminati semua kalangan usia.

Media promosi yang memudahkan juga menjadi alasan mengapa bisnis ini kian meroket dan memiliki prospek yang cerah. Nah, bagi kamu yang hendak memulai bisnis kuliner, ada beberapa tren bisnis online di bidang kuliner yang bisa dijadikan ide usaha.

Beberapa kuliner di bawah ini selalu dicari pelanggan sehingga bisa mendatangkan untung besar.

Kopi susu

tren bisnis online di bidang kuliner

Jika sebelumnya kopi hanya menjadi minuman kalangan dewasa dan orang tua, kini hampir seluruh anak muda menyukainya. Menu kopi susu yang booming pada 5 tahun terakhir membuat usaha kopi jadi salah satu tren bisnis online di bidang kuliner yang paling diperhitungkan.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa membuat kopi susu kemasan terlebih dahulu, lalu memasarkannya di jejaring media sosial atau situs jualan online, seperti marketplace. Apabila bisnis online ini telah meraup keuntungan, barulah kamu bisa membuka toko offline.

Supaya lebih banyak orang yang tertarik dengan produk kopi kamu, buatlah menu yang beragam, mulai dari menu varian kopi hingga menu non kopi untuk menyasar kalangan yang tidak menyukai kopi.

Frozen food

Siapa yang menyangka kalau penjualan frozen food kian meningkat selama pandemi. Hal ini karena banyak orang yang lebih menginginkan makanan yang cepat dimasak. Oleh karenanya, tren bisnis online di bidang kuliner satu ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Kamu bisa menjual makanan yang mudah dibekukan tapi bertahan lama, seperti pempek, bakso, chicken nugget, dan lain sebagainya. Namun, bila ingin berbisnis di bidang ini dan menjualnya secara online, kamu harus memerhatikan jasa pengiriman yang digunakan.

Pilihlah kurir yang memang bisa mengirim makanan beku dalam waktu cepat. Kamu harus bisa memastikan bahwa makanan beku yang dikirim akan sampai dengan aman sampai tujuan.

Dessert box

tren bisnis online di bidang kuliner

Tren bisnis online di bidang kuliner ini juga memiliki banyak peminat. Dessert yang diartikan sebagai makanan penutup atau pencuci mulut selalu mempunyai tempat di hati masyarakat. Hal ini karena banyak orang membutuhkan makanan manis untuk meningkatkan mood atau untuk diberikan kepada orang terkasih sebagai hampers.  

Bentuk dessert box bisa berupa kue, pudding, atau sesuatu yang dingin seperti es krim. Kamu bisa berkreasi dengan rasa-rasa kekinian, seperti matcha, tiramisu, dan lain sebagainya.

Selain itu, penting juga untuk memilih jasa pengiriman yang tepat agar dessert box tidak meleleh selagi dikirim oleh kurir. Jadi, pilih jasa pengiriman instan yang bisa mengantar makanan ini dalam waktu kurang dari 3 jam.

Hampers kue/camilan

Meski hanya laris di musim-musim tertentu saja, namun tren bisnis online di bidang kuliner satu ini merupakan salah satu usaha kuliner yang menjanjikan di tahun ini. Sejak pandemi, banyak orang yang saling bertukar makanan dengan mengirim hampers kue atau camilan.  

Sediakan hampers berisi aneka kue maupun camilan yang enak disantap kapan saja. Kamu juga bisa menyertakan minuman atau dessert di dalam hampers tersebut agar isinya lebih bervariasi.

Bisnis online ini sangat cocok bagi kamu yang tidak memiliki banyak modal tapi tetap ingin sukses menjadi seorang pebisnis kuliner.

Katering makanan sehat

tren bisnis online di bidang kuliner

Dua tahun terakhir ini, banyak orang yang lebih memerhatikan kondisi kesehatannya. Banyak orang yang mulai rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat semata-mata agar tidak terpapar virus COVID-19.

Tingginya kesadaran akan kesehatan masyarakat saat ini dapat kamu manfaatkan sebagai peluang untuk membuka bisnis online katering makanan sehat. Tren bisnis online di bidang kuliner ini dinilai sangat menjanjikan karena saat ini banyak orang yang kepengin makan makanan sehat tapi enggan untuk membuatnya.

Agar bisnis online kamu ini semakin dilirik, tawarkan harga yang bersaing dengan tetap mempertahankan kualitas makanan yang dibuat. Selain itu, variasikan menu hariannya supaya pelanggan tidak merasa bosan.

Tingkatkan Performa Bisnis Online di Bidang Kuliner dengan OY! Bisnis

Setelah mengetahui tren bisnis online di bidang kuliner, sekarang saatnya kamu untuk mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, kepengin meraih lebih banyak pelanggan dari bisnis online di bidang kuliner yang kamu jalani? Tunggu apalagi, mari daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023