Jenis-jenis Bisnis Online

Luthfa
|
October 5, 2021

Bisnis online jadi salah satu bisnis yang kini banyak diminati. Pengaplikasiannya yang mudah serta keuntungan yang menjanjikan menjadi daya tarik tersendiri. Bisnis online juga bukan hanya menguntungkan penjual tapi juga pembeli karena mereka bisa dengan mudah berbelanja tanpa perlu keluar rumah.

Seiring dengan maraknya bisnis online, jasa pembayaran online juga ikut meningkat. Saat ini ada begitu banyak pilihan jasa pembayaran online yang bisa Anda gunakan. Tentunya ini adalah hal yang patut dipertimbangkan bila Anda ingin mulai merintis bisnis online karena lewat jasa pembayaran tersebut, Anda bisa memudahkan konsumen dalam bertransaksi.

Sebelum Anda menjalankan bisnis online, ada baiknya untuk memahami jenis-jenis bisnis online terlebih dahulu. Bisnis online sendiri terbagi menjadi beberapa kategori dan beberapa di antaranya bisa dijalankan tanpa modal sama sekali.

Berikut ulasan lengkap mengenai jenis-jenis bisnis online yang patut Anda ketahui.

Jenis Bisnis Online yang Paling Populer Saat Ini

Penting untuk memahami jenis bisnis online bagi Anda yang berencana menjalankan bisnis secara daring. Lantas, apa saja bisnis online yang populer saat ini? Berikut jenis bisnis online yang dinilai paling menguntungkan.

1. Bisnis online berdasarkan tempat berjualan

Bisnis online dari website sendiri

Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat website, Anda bisa memulai bisnis dari website Anda sendiri. Namun kalau tidak punya, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuat website untuk membuat website khusus yang menampilkan produk Anda.

Lewat website inilah nantinya Anda bisa mempromosikan bisnis online milik Anda. Selain website, Anda juga bisa membuat blog khusus untuk produk yang hendak Anda pasarkan. Penyedia blog gratis seperti Blogspot dan WordPress bisa dijadikan pilihan.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat memasarkan produk Anda. Media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook dianggap sebagai platform terbaik untuk berjualan secara online. Soal sistem pembayarannya, Anda bisa memanfaatkan jasa pembayaran online untuk menjembatani Anda dan konsumen dalam bertransaksi.

Bisnis online di marketplace

Marketplace juga menjadi tempat terbaik untuk memulai bisnis online. Apalagi saat ini ada begitu banyak pilihan marketplace yang bisa dimanfaatkan. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan target bisnis Anda.

Sistem penggunaan marketplace juga terbilang mudah sehingga dapat dioperasikan oleh orang awam. Soal sistem keamanannya, marketplace dinilai aman dan terpercaya.

2. Bisnis online berdasarkan sistemnya

Bisnis online reseller

Jika Anda tertarik pada bisnis online yang tidak memerlukan banyak modal, reseller bisa menjadi salah satu pilihannya. Reseller bisa dibilang mirip dengan pedagang konvensional, sebab kamu harus lebih dahulu membeli barang ke supplier atau produsen dan menjualnya pada konsumen.

Anda bisa membeli beberapa barang terlebih dahulu dan membelinya kembali jika ada pesanan berikutnya. Selain itu, tugas reseller dalam menjalankan bisnis online adalah menyediakan ruang untuk produk yang akan dijualnya.

Bisnis online dropship

Dropshipper menjadi salah satu bisnis online yang kini sangat diminati oleh banyak orang. Bagaimana tidak, untuk menjadi seorang dropshipper, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali karena Anda adalah pihak ketiga yang hanya bertugas untuk menawarkan barang pada konsumen tanpa perlu membelinya terlebih dahulu.

Jadi, ketika konsumen tertarik dengan barang yang Anda tawarkan dan hendak membelinya, Anda bisa meneruskannya pada produsen dan produsenlah yang akan mengirimkannya pada konsumen.

Bisnis online produk handmade

Jika reseller dan dropshipper bergantung pada pada produsen, jenis bisnis online satu ini bisa Anda atur sendiri sesuai keinginan. Anda bisa membuat produk handmade seperti baju, sepatu, aksesoris, dan kebutuhan lainnya.

Dengan membuatnya sendiri, Anda bisa menjamin kualitas produk. Itu artinya, Anda bisa membangun kepercayaan konsumen dengan lebih baik.

Jika dalam menjalani bisnis ini Anda menghadapi masalah dalam menyediakan metode pembayaran untuk konsumen, Anda bisa memanfaatkan jasa pembayaran online untuk memudahkan pelanggan Anda dalam melakukan pembayaran.

3. Bisnis online yang paling banyak diminati

Bisnis fashion

Bisnis fashion online menjadi salah satu bisnis online yang juga banyak diminati. Fashion sendiri memiliki cakupan yang luas, mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesori, dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih jenis bisnis fashion yang diinginkan. Dengan bisnis fashion, Anda bisa menjangkau lebih banyak kalangan usia karena bisnis ini mencakup semua gender dan usia.

Bisnis kuliner

Saat ini bisnis online dalam bidang kuliner juga sangat menjanjikan. Cakupan kuliner pun sangat beragam, mulai dari camilan, makanan, roti, kue, dan minuman. Untuk memulai bisnis kuliner secara online, Anda hanya perlu memasak dari rumah dan mengantarkannya kepada konsumen dengan menggunakan jasa kurir online.

Bisnis jasa

Selain menjual produk, dunia maya juga menyediakan tempat untuk Anda yang ingin menawarkan usaha berupa jasa. Jika Anda memiliki bakat atau latar belakang kemampuan yang bisa menghasilkan uang, seperti menjadi illustrator, graphic designer, atau penulis lepas, cobalah untuk memanfaatkannya. Banyak situs-situs yang bisa membantu Anda menjual jasa yang Anda miliki.

Bergabung dengan OY! Bisnis, Payment Gateway Terlengkap di Indonesia

Bagi pebisnis yang terbiasa melakukan transaksi dalam jumlah besar dan ingin melakukan pengiriman uang dalam waktu yang cepat, Anda bisa menggunakan jasa payment gateway seperti OY! Bisnis. Lewat OY! Bisnis, Anda bisa memanfaatkan produk disbursement yang memudahkan Anda dalam mengirimkan dana dalam jumlah besar. 

OY! Bisnis memiliki dua produk disbursement yakni API dan Bulk Disbursement. Keduanya dilengkapi dengan sistem yang akan membuat transaksi menjadi lebih cepat dan praktis. Selain itu, OY! Bisnis juga mematok tarif yang lebih murah untuk setiap transaksi yang berlangsung.

Jika biasanya Anda harus membayar Rp6.500 pada transaksi transfer ke beda rekening, OY! Bisnis hanya mengenakan biaya Rp4.000 saja. Tentunya hal ini bisa menghemat biaya operasional bisnis Anda.

Tunggu apalagi, mari bergabung dengan OY! Bisnis dan nikmati keuntungan dalam bertransaksi!


Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang