Kenali Cara Mengoptimalkan Digitalisasi UMKM

Atia Tobing
|
November 9, 2021

Digitalisasi UMKM - Pesatnya perkembangan teknologi telah mendorong terjadinya transformasi digital di Indonesia. Perubahan gaya hidup masyarakat yang kini makin bergantung pada teknologi memaksa para pelaku UMKM untuk mengubah operasional usaha mereka dengan menggunakan platform digital.

Transformasi digital tentu bukanlah hal yang mudah dicapai. Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan secara matang karena usaha UMKM yang awalnya beroperasi secara offline harus menentukan cara yang tepat untuk mengoptimalkan digitalisasi UMKM.

Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan digitalisasi UMKM? Kenali caranya pada artikel OY! berikut ini!

Mengapa UMKM Harus Didigitalisasi?

Sebelum kita membahas tentang cara mengoptimalkan digitalisasi UMKM, alangkah baiknya kita bahas alasan mengapa UMKM harus didigitalisasi terlebih dahulu. Berikut penjelasannya!

Seperti yang telah kita ketahui, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan pada seluruh sektor perekonomian selama 2 tahun terakhir. Berbagai jenis usaha mengalami berbagai hambatan dan tekanan. Salah satu jenis usaha yang paling terdampak adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Untuk mengatasi hal tersebut, digitalisasi UMKM merupakan salah satu upaya efektif yang harus dilakukan oleh para pemilik UMKM agar bisa mempertahankan bisnis mereka. Di samping itu, proses digitalisasi UMKM juga berfungsi untuk meningkatkan performa, pemasaran, dan penjualan secara online, mengingat tren belanja online yang makin digemari oleh masyarakat.

Nah, sudah jelas kan pentingnya digitalisasi UMKM? Sekarang waktunya bahas tentang cara mengoptimalkan digitalisasi UMKM. Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

5 Cara Mengoptimalkan Digitalisasi UMKM

Jika kamu merupakan seorang pengusaha yang ingin digitalisasi UMKM, kamu harus tahu cara mengoptimalkan upaya kamu dalam melakukan hal tersebut agar usahamu membuahkan hasil. Berikut 5 cara mengoptimalkan digitalisasi UMKM!

Offline ke Online (e-Commerce)

digitalisasi umkm

Sebagai pemula, hal pertama yang perlu kamu lakukan agar digitalisasi UMKM optimal adalah membuka toko online di e-Commerce. Mulailah berjualan di platform e-Commerce yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memajukan bisnis kamu!

E-Commerce bukan hanya sebatas marketplace untuk menjual produk atau jasa secara daring saja, loh. Platform ini juga mampu memperluas jangkauan pemasaran, memudahkan pelanggan saat melakukan pembelian, mendatangkan pelanggan dari sosial media atau mesin pencari, dan masih banyak lagi.

Untuk mengoptimalkan digitalisasi UMKM, kamu bisa mendaftarkan bisnis kamu di berbagai platform e-Commerce. Upaya ini akan meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pelanggan serta mempromosikan UMKM di dunia maya.

Aktif di Website dan Media Sosial (Online Presence)

digitalisasi umkm

Selanjutnya, cara yang tepat untuk mengoptimalkan digitalisasi UMKM adalah membangun online presence. Apa itu online presence?

Online presence bisa diartikan sebagai kehadiran online. Artinya, platform bisnis kamu, baik website maupun media sosial, mendapatkan perhatian yang lebih banyak dari para pengguna internet dibandingkan dengan kompetitor. Alhasil, bisnismu akan dikenal dan diminati oleh banyak orang. 

Dalam mengoptimalkan digitalisasi UMKM, fungsi utama dari online presence adalah menggaet pelanggan baru ketika mereka mengunjungi platform bisnis kamu. Masyarakat akan cenderung percaya dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan apabila online presence bisnismu aktif dan interaktif.

Pemasaran Online

digitalisasi umkm

Setelah membangun online presence dalam bisnismu, cara mengoptimalkan digitalisasi UMKM berikutnya yang patut kamu lakukan adalah pemasaran online (online marketing). Online marketing dapat membantu para pelaku UMKM dalam melakukan riset untuk mengetahui produk yang diminati oleh konsumen. Riset ini dapat membantu kamu dalam merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Online marketing merupakan salah satu strategi utama untuk mengoptimalkan digitalisasi UMKM karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh. Dengan menerapkan online marketing, kamu bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas, menghemat waktu dan biaya, memudahkan proses pemilihan target pasar, dan lain sebagainya.

Komunitas Belajar tentang Digitalisasi UMKM

digitalisasi umkm

Menyusun strategi untuk memajukan usaha UMKM memang penting, namun menambah wawasan juga tak kalah penting dalam menjalani suatu bisnis. Tanpa pengetahuan yang cukup, kamu pastinya akan mengalami kesulitan ketika ingin mengoptimalkan digitalisasi UMKM.

Perbanyak ilmu kamu tentang digitalisasi UMKM dengan sesama pelaku bisnis, khususnya yang sudah UMKM go online. Jangan malu untuk bertanya sebanyak-banyaknya dengan mereka yang sudah berpengalaman. Lebih baik bertanya daripada sesat di jalan, kan?

Sistem Pembayaran Digital

digitalisasi umkm

Cara mengoptimalkan digitalisasi UMKM yang terakhir adalah menerapkan sistem pembayaran digital. Poin ini pastinya wajib dilakukan karena proses digitalisasi bisnis tidak akan bisa berlangsung apabila suatu bisnis belum menyiapkan metode pembayaran online.

Kini, banyak layanan pembayaran online yang ditawarkan untuk membantu para pelaku UMKM dalam menerapkan sistem pembayaran digital. Jadi, kamu harus cermat dalam memilih layanan pembayaran online.

Nah, kita punya solusi terbaik untuk kamu. Jika kamu ingin menerima pembayaran dari pelanggan dengan mudah dan efisien, pakai OY! Virtual Account dari OY! Bisnis saja! Ketahui alasannya pada ulasan berikut ini!

Optimalkan Performa Pembayaran Bisnis dengan OY! Virtual Account dari OY! Bisnis

OY! Bisnis menyediakan berbagai fitur yang dapat meningkatkan efisiensi pembayaran bisnis dan mengoptimalkan digitalisasi UMKM. Salah satu fitur tersebut OY! Virtual Account.

Dengan menggunakan OY! Virtual Account, kamu bisa melakukan kustomisasi nomor Virtual Account yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, setiap transaksi yang dilakukan bisa dipantau setiap detailnya melalui satu dashboard sehingga kamu tidak perlu repot mengecek transaksi secara manual.


OY! Virtual Account yang disediakan oleh OY! Bisnis tentunya sangat bermanfaat bagi para pemilik UMKM yang ingin meningkatkan performa penjualan dan memudahkan proses pembayaran dengan pelanggan. Sebab, kamu dapat menerima pembayaran secara real time 24/7, termasuk hari libur.

Segera daftarkan bisnismu di OY! Bisnis untuk menikmati kemudahan dalam melakukan transaksi online guna mengoptimalkan digitalisasi UMKM!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023