Tips Efektif Membangun Brand Image untuk Bisnis Anda

Atia Tobing
|
August 31, 2021

Setiap jenis bisnis, baik berskala kecil, menengah, maupun besar, wajib memiliki strategi pengembangan bisnis yang jelas dan terarah. Hal ini karena kemajuan suatu bisnis hanya dapat dicapai apabila strategi yang diterapkan tepat sasaran. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan membangun brand image. 

Membangun brand image dalam suatu bisnis merupakan hal yang perlu dilakukan oleh setiap pebisnis, terutama di era digital seperti sekarang. Faktanya, perusahaan atau bisnis dengan brand image yang kuat akan cenderung bertahan di pasar atau marketplace dengan persaingan yang kian ketat.

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya perlu menyusun strategi yang efektif agar bisa membangun brand image bisnis Anda. Agar usaha Anda membuahkan hasil, Anda dapat menerapkan beberapa tips efektif membangun brand image versi OY! Bisnis. Ketahui lebih lanjut tips tersebut pada artikel berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Brand Image?

Brand Image

Sebelum membahas tips membangun brand image untuk bisnis Anda, alangkah baiknya untuk membahas pengertian dari brand image terlebih dahulu. Brand image atau citra merek merupakan pandangan, ide, dan kesan seseorang terhadap suatu perusahaan, bisnis atau produk tertentu.

Brand image umumnya akan mempengaruhi pikiran calon pelanggan untuk memilih brand yang ingin mereka beli atau gunakan. Jadi, setiap bisnis perlu menyusun strategi yang tepat untuk membangun brand image bisnis agar dilirik oleh banyak calon pelanggan.

Ibaratnya sebuah reputasi yang harus dijaga dan diperhatikan, brand image bisnis pun harus dijaga dan diperhatikan agar masyarakat tidak memandang sebelah mata. Dalam dunia bisnis, membangun brand image sangat penting dan harus diterapkan sebagai salah satu strategi marketing bisnis.

Mengapa Membangun Brand Image dalam Suatu Bisnis Penting?

Membangun Brand Image Bisnis

Membangun brand image menjadi salah satu kunci penting yang akan membuat bisnis Anda tetap bertahan dan unggul di dalam persaingan bisnis yang ketat. Oleh karena itu, para pelaku bisnis berlomba-lomba dan mencari cara yang tepat untuk mendapatkan brand image yang kredibel agar mendapatkan perhatian dan loyalitas dari pelanggan mereka.

Tujuan dari membangun brand image adalah untuk melekatkan persepsi pelanggan terhadap produk dan brand bisnis Anda. Apabila bisnis Anda memiliki brand image yang lemah, bisnis Anda otomatis akan kalah saing dengan para kompetitor.

Strategi membangun brand image suatu bisnis tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, di balik kerumitannya, banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan setelah berhasil membangun brand image bisnis Anda, seperti bertambahnya jumlah pelanggan secara drastis.

Untuk memulai strategi membangun brand image, Anda bisa memulai dari strategi dasar terlebih dahulu, misalnya dengan menerapkan sejumlah tips. Jangan khawatir, kami sudah menyiapkan beberapa tips bagi Anda yang ingin membangun brand image bisnis secara efektif. Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Tips Efektif Membangun Brand Image dalam Bisnis

Tips Penting Membangun Brand Image dalam Bisnis

Membangun Brand Identity

Jika Anda ingin membangun brand image bisnis Anda, salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah membangun brand identity atau identitas merek bisnis Anda. Apa yang dimaksud dengan brand identity?

Brand identity adalah kumpulan dari seluruh elemen yang diciptakan oleh perusahaan atau brand untuk menggambarkan citra yang tepat bagi pelanggan. Sebagai contoh, perusahaan besar dengan identitas merek yang kuat akan mudah dikenali oleh masyarakat, baik melalui logo, warna maupun elemen tertentu. 

Brand image dan brand identity saling berkaitan sehingga keduanya harus diprioritaskan. Semakin baik citra dari suatu bisnis, semakin banyak keuntungan yang dapat diperoleh oleh bisnis tersebut. Jadi, pastikan bisnis Anda memiliki citra yang baik agar terlihat kredibel dan terpercaya.

Mengetahui Tujuan Bisnis

Selanjutnya, Anda wajib mengetahui tujuan bisnis Anda. Jika bisnis Anda belum memiliki tujuan yang jelas, segera tentukan tujuannya. Hal ini dikarenakan tujuan bisnis memegang peran penting dalam membangun brand image.

Apabila Anda menjalankan bisnis tanpa adanya tujuan, proses membangun brand image tidak akan efektif. Umumnya, mayoritas calon pelanggan ingin tahu tentang suatu bisnis sebelum melakukan pembelian produk dari bisnis tersebut, misalnya tujuan bisnis dan testimoni pelanggan. 

Menunjukkan Keunggulan Bisnis

Tips Penting Membangun Brand Image dalam Bisnis

Inti dari proses membangun brand image adalah menyampaikan keunggulan dari suatu bisnis. Keunggulan bisnis Anda juga perlu ditunjukkan dan dijadikan sebagai pembeda dari produk kompetitor Anda.

Salah satu cara efektif menunjukkan keunggulan bisnis Anda adalah melakukan pencitraan karakter brand. Karakter brand bisnis Anda tentu harus tampak lebih menonjol dibandingkan kompetitor. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan brainstorming dengan para anggota business team Anda untuk menentukan karakter brand bisnis Anda yang meliputi keunggulan produk, keunggulan layanan bisnis, dan lain sebagainya.   

Menentukan Target Pasar

Tips berikutnya adalah menentukan target pasar bisnis Anda. Penentuan target bisnis bisa berdasarkan demografi konsumen, umur, perilaku, lokasi geografis, budaya, dan lain-lain. Pastikan penentuan target bisnis Anda sudah sesuai dengan kebutuhan pemasaran.

Setelah mengetahui target pasar yang tepat secara spesifik, Anda bisa menyusun strategi pemasaran yang paling cocok untuk bisnis Anda. Alhasil, bisnis Anda pun akan berkembang dengan pesat dan brand image bisnis Anda akan melekat di pikiran dan hati pelanggan.

Melakukan Promosi

Kegiatan promosi dengan strategi pemasaran yang tepat tentu merupakan salah satu cara meningkatkan pencitraan merek bisnis Anda. Apabila brand Anda sudah cukup terkenal, Anda tetap harus melakukan promosi berkelanjutan secara konsisten.

Para brand besar pun masih terus melakukan aktivitas promosi berkelanjutan. Hal tersebut dilakukan untuk menunjukan kepada konsumen bahwa mereka aktif melayani pelanggan secara online. Jadi, Anda juga perlu melakukan promosi dan melakukan komunikasi pemasaran dengan sentuhan personal kepada konsumen.

Sekian tips efektif membangun brand image bisnis. Kami harap tips di atas bermanfaat dan mampu menjadi panduan awal Anda dalam membangun brand image bisnis Anda.

Di samping kualitas produk, suatu bisnis dapat dikatakan sebagai bisnis yang memiliki brand image kuat apabila para pelanggan merasa puas dengan layanan bisnis tersebut. Customer experience yang diberikan kepada pelanggan juga dapat mempengaruhi citra bisnis sehingga perlu diprioritaskan. 

Salah satu bentuk customer experience yang mampu membuat pelanggan Anda berpaling ke bisnis Anda adalah sistem pembayaran online yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Oleh karena itu, Anda perlu memilih sistem pembayaran online yang terbaik untuk bisnis Anda, yaitu OY! Bisnis.

Terapkan Sistem Pembayaran Online Terbaik dalam Bisnis Anda dengan Bergabung di OY! Bisnis

OY! Bisnis

OY! Bisnis adalah penyedia jasa pembayaran online yang memberikan berbagai alternatif bagi penggunanya dalam melakukan transaksi, khususnya para pebisnis. Sebagai sistem pembayaran terbaik di Indonesia, OY! Bisnis menyediakan fitur-fitur yang dapat membantu proses pembayaran bisnis Anda.

Fitur OY! Bisnis dapat digunakan oleh semua jenis bisnis, mulai dari bisnis berskala kecil seperti UMKM hingga bisnis berskala besar seperti korporasi atau perusahaan. Penerimaan dan pengiriman uang dengan fitur OY! Bisnis akan mengoptimalkan sistem pembayaran bisnis karena prosesnya cepat, mudah, dan praktis.

Segera daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis untuk mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi serta mengoptimalkan customer experience pelanggan Anda.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang