5 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Jualan Online

Atia Tobing
|
February 4, 2022

5 Rekomendasi Aplikasi untuk Jualan Online - Seperti yang kita ketahui, penggunaan gadget kini sudah menjadi alat yang penting dalam kehidupan masyarakat di era digital. Hampir semua orang memanfaatkan gadget yang mereka punya untuk membantu mereka melakukan kegiatan sehari-hari.

Selain itu, para pemilik bisnis pun bisa memanfaatkan teknologi untuk memajukan bisnisnya. Di era yang serba canggih seperti sekarang, setiap pemilik bisnis dianjurkan untuk beralih ke sistem bisnis online dan mulai jualan online.

Pengelolaan bisnis online tentu berbeda dengan bisnis offline. Salah satu pembeda utamanya adalah bisnis online dapat berkembang secara pesat dengan bantuan berbagai inovasi teknologi. Sebagai contoh, para pemilik bisnis dapat menggunakan sejumlah aplikasi yang dapat membantu proses jualan online.

Lantas, apa saja aplikasi tersebut? Tenang, kami akan membahas 5 rekomendasi aplikasi yang berguna untuk jualan online. Baca terus artikel OY! berikut ini, ya!

Pentingnya Memanfaatkan Aplikasi untuk Jualan Online

jualan online

Perkembangan teknologi yang terjadi di era digital terjadi sangat cepat dan progresif. Semakin canggih eranya, semakin banyak inovasi yang bermunculan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Bayangkan saja, penggunaan gadget adalah kebiasaan yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat. Melalui gadget, berbagai aplikasi dapat dipakai untuk mempermudah proses kegiatan yang dilakukan, termasuk pengelolaan bisnis jualan online.

Apabila kamu memiliki suatu bisnis, kamu bisa memanfaatkan aplikasi untuk jualan online, loh. Saat ini, banyak aplikasi yang bisa kamu pilih, namun bukan berarti kamu harus menggunakan semuanya. Kamu perlu memilah dan memilih platform jualan online yang terbukti mampu memajukan bisnis.

Sebagai informasi, internet merupakan tempat untuk mencari informasi, termasuk produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk itu, setiap bisnis harus beradaptasi dan beralih ke platform digital dan menggunakan aplikasi terpilih.

Apa saja aplikasi untuk jualan online? Jangan khawatir, kami sudah menyiapkan daftar rekomendasi aplikasi untuk jualan online di bawah ini!

5 Rekomendasi Aplikasi untuk Jualan Online

Banyaknya jumlah aplikasi yang tersedia mungkin akan membingungkan kamu dalam memilih aplikasi yang tepat untuk bisnis jualan online kamu. Maka dari itu, pastikan kamu memilih aplikasi-aplikasi yang dapat menguntungkan bisnis yang sedang kamu kelola.

Berikut 5 rekomendasi aplikasi untuk jualan online yang wajib kamu gunakan!

Aplikasi E-Commerce

jualan online

Aplikasi jualan online pertama yang akan kita bahas adalah aplikasi e-Commerce. Apa itu e-Commerce?

Aplikasi e-Commerce adalah aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk berjualan secara online. Intinya, e-Commerce menawarkan produk dari brand tertentu. Produk yang dijual beragam tetapi hanya dijual oleh satu penjual saja dalam satu akun yang dibuat di aplikasi. 

Penggunaan e-Commerce sangat menguntungkan bagi para pemilik bisnis, terutama bisnis yang baru saja mulai. Salah satu keuntungan dari penggunaan aplikasi e-Commerce adalah kamu dapat mengurangi biaya operasional bisnis, termasuk sewa toko, strategi pemasaran dan logistik, serta rantai pasokan. Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan aplikasi ini untuk jualan online!

Aplikasi Marketplace

jualan online

Selanjutnya, aplikasi jualan online yang harus kamu gunakan adalah marketplace. Marketplace adalah platform yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli di internet, baik melalui website maupun aplikasi yang diakses lewat smartphone.

Marketplace memiliki keunggulan tersendiri, yakni pengunjungnya yang terus meningkat. Faktanya, marketplace memang didesain untuk mengumpulkan calon pembeli yang hendak mencari barang incarannya. Jadi, kamu boleh mulai mempertimbangkan penggunaan aplikasi ini untuk jualan online!

Aplikasi Edit Foto atau Video

jualan online

Untuk memasarkan bisnis secara online, kamu harus aktif di media sosial. Buat dan unggah konten secara konsisten agar jumlah pelanggan kamu meningkat.

Contohnya, pemilik bisnis kuliner bisa membuat konten berupa foto atau video yang menampilkan makanan atau minuman yang dijual. Pastikan foto atau video yang akan dijadikan konten mampu menggiurkan dan membuat masyarakat yang melihat foto tersebut ingin melakukan pembelian. 

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi edit foto atau video. Edit foto atau video sedemikian rupa untuk menghasilkan konten yang berkualitas agar bisa mengembangkan bisnis jualan online kamu!

Aplikasi Penulisan Konten

jualan online

Walaupun terdengar mudah, penulisan konten tidak boleh disepelekan. Agar konten kamu dilirik oleh calon pelanggan, tulislah konten yang informatif, bermanfaat, dan bahkan menguntungkan mereka.

Untuk memajukan bisnis, kamu bisa mengandalkan rekomendasi aplikasi jualan online berikutnya, yakni aplikasi penulisan konten. Kini, banyak aplikasi yang bermanfaat bagi para content writer yang bekerja di bidang pemasaran dalam suatu bisnis. Tidak ada salahnya kan jika kamu menggunakan aplikasi ini?

Aplikasi Jasa Pengiriman

jualan online

Rekomendasi aplikasi untuk jualan online terakhir yang akan kita bahas adalah aplikasi jasa pengiriman. Aplikasi ini tentunya sangat penting karena bisnis online pasti akan sering mengirim paket berisi produk yang dibeli oleh para pelanggan.

Pilih aplikasi pengiriman yang mampu mengantar paket pengiriman ke berbagai lokasi secara cepat agar pelanggan tidak menunggu paket kiriman terlalu lama. Selain itu, cari layanan kurir yang mampu menjamin kondisi barang saat diterima oleh pelanggan.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi untuk jualan online. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kamu yang berencana untuk berjualan secara daring!

Sebagai seorang pemilik bisnis, kamu harus selalu mencari cara untuk memajukan bisnis kamu. Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas pelayanan yang kamu berikan kepada pelanggan. 

Kualitas pelayanan dapat berupa banyak hal, termasuk metode transaksi bisnis. Metode pembayaran yang mudah dan cepat tentu akan membuat pelanggan nyaman saat melakukan pembelian dari bisnis jualan online kamu. Nah, kamu bisa menggunakan OY! Payment Link dari OY! Bisnis untuk menyediakan kemudahan dala bertransaksi kepada pelanggan!

Kenali lebih dalam tentang OY! Payment Link dari OY! Bisnis pada penjelasan berikut ini!

Tingkatkan Performa Sistem Pembayaran Bisnis dengan OY! Payment Link

jualan online

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan menggunakan produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan banyak pilihan metode pembayaran, seperti transfer bank, e-Wallet, virtual account, kartu kredit, dan QRIS. Proses pembayarannya pun mudah, cepat, dan tidak ribet sama sekali!

Jika metode pembayaran yang kamu sediakan untuk pelanggan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan, penjualan bisnis jualan online kamu pasti akan meningkat! Produk OY! Payment Link akan mengoptimalkan kualitas pelayanan, termasuk dalam hal rekonsiliasi keuangan. Semua transaksi yang kamu lakukan akan tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Apabila kamu ingin menggali informasi untuk mencari tahu bagaimana OY! Bisnis dapat membantu bisnis UMKM atau bisnis korporat/perusahaan berkembang di era digital dan selama pandemi berlangsung, jangan khawatir! Klik tautan ini untuk UMKM dan tautan ini untuk bisnis korporat/perusahaan.

Tertarik untuk bergabung di OY! Bisnis? Yuk, daftarkan bisnis kamu sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi dengan pelanggan dan mengembangkan bisnis jualan online yang sedang kamu kelola!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023