Cara Jualan Online di E-Commerce

Shafira
|
February 1, 2022

Cara Jualan Online di E-commerce - Masa depan e-commerce bisa dibilang sangat cerah. Namun, mempelajari cara memulai bisnis e-commerce memang butuh sedikit waktu untuk menguasainya. Selain membutuhkan kerja keras, perlu untuk mempelajari langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan potensi penjualan online di e-commerce.

Untuk membantu, kami telah menyusun artikel komprehensif tentang cara terbaik untuk memulai bisnis jualan online di e-commerce. Artikel ini berisi panduan yang telah diatur berdasarkan langkah terpenting yang akan kamu hadapi saat meneliti, meluncurkan, dan mengembangkan bisnis e-commerce hingga menghasilkan keuntungan.

Mari simak artikel berikut ini.



Jualan Online E-commerce OY! Bisnis OY! Indonesia



Cara Jualan Online di E-Commerce

Langkah #1: Menentukan produk untuk dijual


Langkah pertama dalam memulai bisnis e-commerce adalah mengetahui produk apa yang ingin kamu jual secara online. Bagian ini seringkali menjadi bagian yang paling menantang ketika kamu memulai bisnis e-commerce untuk pertama kalinya. Ada banyak cara untuk menghasilkan ide bisnis jualan yang bagus. Misalnya kamu atau seseorang yang kamu kenal mungkin memiliki pengalaman pribadi yang buruk dengan sebuah produk atau jasa—dan kamu tahu bahwa kamu memiliki potensi untuk menyempurnakan produk atau jasa tersebut dengan lebih baik. Atau mungkin terjadi kesenjangan total di pasar: misalnya, terdapat permintaan untuk produk tertentu tetapi tidak ada yang berhasil memenuhinya.

Jika kamu merasa terjebak untuk menentukan ide yang bagus atau ingin menghasilkan ide yang lebih baik, ada beberapa cara untuk melakukan brainstorming ide. Tuliskan semua ide bisnis yang terlintas di pikiranmu. Catat setiap ide itu, lakukan riset kecil-kecilan, dan baca ulang kembali ketika pikiranmu dalam kondisi ‘segar’.

Langkah #2: Evaluasi ide jualan

Cara terbaik untuk memulai bisnis e-commerce adalah memastikan kembali bahwa kamu sudah siap dengan ide yang kamu pilih sebelum mulai menjalankan bisnis. Cara yang bisa dibilang terbaik untuk memvalidasi produk jualanmu adalah dengan membuat beberapa penjualan awal. Penting untuk melihat potensi nilai jual dalam produkmu di mata pelanggan. 

Riset pasar, survei, dan pendapat dari teman dan keluarga dapat mengarahkanmu ke arah yang benar, tetapi validasi produk nyata hanya terjadi ketika uang mulai berpindah tangan. Pastikan ide jualanmu ini ‘menjual’ dan diminati oleh banyak orang.

Langkah #3: Mendapatkan produk jualan

Setelah mendapatkan ide produk yang kuat, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis e-commerce adalah mencari tahu di mana dan bagaimana kamu akan mendapatkan produk tersebut. Apakah melalui supplier atau kegiatan produksi sendiri? Apabila kamu berniat untuk memproduksi sendiri barang jualanmu, pastikan kamu memiliki sumber daya yang tepat untuk melakukan kegiatan tersebut. Jika barang jualan berasal dari supplier, carilah agen supplier yang terpercaya dengan teliti.

Langkah #4: Lihat dan pelajari pesaing bisnismu

Kamu telah menemukan produk jualanmu, mengevaluasi potensinya, dan mencari pemasok—sekarang saatnya untuk fase selanjutnya tentang cara memulai bisnis jualan online di e-commerce. Kamu harus benar-benar melihat dan mempelajari pesaing bisnis jualan online-mu sehingga kamu tahu apa yang akan kamu hadapi dan bagaimana caranya kamu dapat membedakan bisnismu dari bisnis mereka.

Langkah #5: Menulis rencana bisnis

Saatnya untuk menulis rencana bisnis jualan online-mu untuk membantu memulai bisnis e-commerce milikmu sendiri. Rencana bisnis adalah peta jalan yang membantu menyatukan ide dan pemikiran. Rencana bisnis sangat penting dalam menentukan apa yang harus diprioritaskan, menghindari kesalahan bisnis umum, dan cara menjangkau pelanggan baru secara efektif.





Langkah #6: Mempersiapkan aspek teknis untuk bisnis jualan online


Selain mencari tahu apa yang harus dijual di e-commerce, keputusan lain yang menantang adalah menentukan nama bisnis atau merek dagangmu serta memutuskan nama domain yang akan kamu pakai di e-commerce. Setelah kamu memilih nama yang mudah diingat dan mendaftarkan domain yang sesuai, saatnya untuk membuat logo sederhana untuk melambangkan bisnismu.



Langkah #7: Memilih saluran penjualan e-commerce


Setelah kamu benar-benar siap untuk mengetahui cara memulai e-commerce, kamu harus memilih saluran e-commerce penjualan tempat pelangganmu akan berbelanja. Saluran penjualan yang tepat akan bergantung pada produk dan target pelangganmu, tetapi ada setiap opsi saluran e-commerce yang tepat dapat saling melengkapi bisnismu.



Langkah #8: Bersiap untuk meluncurkan jualan di e-commerce


Saat kamu mempersiapkan peluncuran bisnis jualan online, kamu perlu mengetahui cara menjalankan bisnis online di situs e-commerce. Untuk memulai, ada beberapa elemen penting seperti metode pengiriman dan pemenuhan persyaratan yang perlu dipersiapkan. Kamu juga dapat menentukan indikator kinerja utama bisnismu di awal sehingga, setelah toko online-mu diluncurkan, kamu tahu ukuran keberhasilan apa saja yang harus dilacak.



Langkah #9: Mendapatkan pelanggan pertama


Memulai perusahaan e-commerce dengan sukses juga membutuhkan pemasaran. Setelah kamu meluncurkan toko online, kerja keras untuk memasarkan produk jualan online dimulai. Banyak pemilik bisnis baru yang mempertimbangkan untuk memasarkan produk mereka secara langsung, tetapi dengan semakin kuatnya pemasaran digital, kini pemasaran produk bertumpu pada metode ini karena dapat mengarahkan produk kepada target pelanggan dengan cepat dan akurat.


Langkah #10: Memasarkan toko e-commerce dan barang jualan online milikmu


Pemasaran melalui media sosial dapat membantumu membangun audiens yang akan terlibat langsung dengan bisnismu. Metode pemasaran ini juga dapat menciptakan berbagai sumber traffic yang terus mendatangkan pelanggan dan membantu mengenalkan bisnis jualan online milikmu di hadapan miliaran orang secara online.


Tingkatkan Efisiensi Pembayaran Bisnis dengan OY! Bisnis dari OY! Indonesia


Jualan Online E-commerce OY! Bisnis OY! Indonesia


Selain menyusun strategi untuk memulai jualan online di e-commerce, kamu juga harus menyiapkan sistem pembayaran yang nyaman untuk pelangganmu. OY! Bisnis dari OY! Indonesia hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk memudahkan segala proses pembayaran, OY! Bisnis memiliki layanan OY! Payment Link yang dapat membantu mengatur kanal pembayaran bisnis secara efektif. Cukup dengan mengirimkan tautan pembayaran khusus kepada pelanggan, kamu sebagai pemilik bisnis dapat menerima pembayaran secara langsung. 

Segera daftarkan bisnismu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023