Kegunaan Virtual Account untuk Bisnis UMKM

Atia Tobing
|
January 14, 2022

Kegunaan Virtual Account untuk Bisnis UMKM - Mengikuti perkembangan teknologi merupakan kewajiban bagi setiap pemilik bisnis. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi sangat mempengaruhi cara masyarakat melakukan berbagai aktivitas, termasuk saat melakukan transaksi.

Sebelumnya, kegiatan transaksi dilakukan dengan menggunakan uang tunai. Kehadiran teknologi memungkinkan masyarakat untuk bertransaksi secara cashless atau non tunai. Salah satu metode pembayaran cashless berbasis digital adalah Virtual Account.

Virtual Account merupakan salah satu metode pembayaran digital yang digemari oleh masyarakat, khususnya untuk memenuhi kebutuhan bisnis, termasuk bisnis UMKM. Alasannya adalah metode pembayaran ini menawarkan layanan perbankan layaknya sistem rekening bank biasa kepada bisnis, hanya saja Virtual Account berkonsep virtual.

Transaksi melalui Virtual Account memiliki keunggulan tersendiri yang membuat metode pembayaran ini penting dalam pengelolaan bisnis UMKM, loh. Lantas, apa kegunaan Virtual Account untuk bisnis UMKM?

Telusuri selengkapnya pada artikel OY! Indonesia berikut ini!

Apa itu Virtual Account dan Bagaimana Perkembangannya?

bisnis umkm

Sebelum membahas tentang kegunaan Virtual Account untuk bisnis UMKM, mari kenal lebih dalam tentang Virtual Account!

Virtual Account (VA) adalah salah satu metode pembayaran virtual yang bekerja secara otomatis melalui akun yang dibuat khusus untuk setiap pelanggan. Metode pembayaran ini dapat digunakan melalui berbagai fitur dari ATM, internet banking, mobile banking, atau aplikasi financial technology (fintech). Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerjanya adalah pengguna Virtual Account akan mendapatkan nomor rekening VA (VA number) pada setiap transaksi. Selanjutnya, masing-masing pelanggan akan diberikan Virtual Account yang unik dan berbeda.

Akun virtual ini terdiri dari nomor ID nasabah yang dibuat oleh bank. Virtual Account dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan transaksi. Transaksi melalui metode pembayaran ini juga menyediakan berbagai keuntungan yang dapat memudahkan para pelaku bisnis UMKM dalam menjalankan bisnis, terutama bisnis online.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara penggunaan Virtual Account, klik tautan ini.

Jika dilihat dari perkembangannya, Virtual Account sedang ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan berbagai jenis pembayaran online. Seperti yang telah dijelaskan di atas, rekening jenis ini menawarkan keuntungan yang sama seperti struktur rekening bank fisik, namun Virtual Account dikemas dengan konsep virtual tanpa biaya admin pembuatan dan minimum saldo awal. 

Itulah konsep dan perkembangan dari Virtual Account yang perlu kamu ketahui. Selanjutnya, mari kita bahas tentang manfaat penggunaan Virtual Account untuk bisnis UMKM.

Ketahui manfaat penggunaan VA untuk bisnis UMKM pada ulasan di bawah ini!

Manfaat Penggunaan Virtual Account untuk Bisnis UMKM

bisnis umkm

Penggunaan Virtual Account tidak hanya menguntungkan bagi pelaku bisnis UMKM tetapi juga para pelanggan. Berikut beberapa manfaat penggunaan Virtual Account untuk bisnis UMKM.

Meningkatkan Efisiensi Bisnis UMKM

Dengan menggunakan Virtual Account, kamu tentu bisa meningkatkan efisiensi bisnis kamu. VA dapat mengurangi berbagai tantangan dalam menerima pembayaran dari pelanggan, seperti menyediakan kemudahan kepada pelanggan agar mereka mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Kepuasan pelanggan tentu mampu memajukan bisnis UMKM karena penjualan akan terus meningkat!

Alat Identifikasi Pembayaran Berupa Kode Unik

Di dalam Virtual Account, ada suatu kode unik. Kode unik ini memiliki fungsi sebagai alat identifikasi sumber dana yang berasal dari rekening pelanggan dari bisnis UMKM kamu. Jadi, transaksi akan dikonfirmasi secara lebih cepat.

Verifikasi Pembayaran yang Cepat dan Praktis

Ada beberapa hal yang berbeda dari transfer uang manual dan transfer dengan Virtual Account. Untuk transfer manual, konfirmasi pembayaran atau pengiriman uang biasanya dilakukan oleh bank secara manual. Konfirmasi pembayaran tersebut nantinya akan diterima dalam bentuk bukti transfer seperti struk atau notifikasi dari e-Banking.

Sementara itu, Virtual Account akan melakukan verifikasi dan konfirmasi transaksi secara otomatis sehingga pemilik bisnis UMKM tidak perlu menunggu konfirmasi pembayaran dari pelanggan. Pendeteksian akan langsung terjadi ketika transaksi berhasil dilakukan.

Kustomisasi Akun Sesuai Kebutuhan

Virtual Account dapat dibuat dan diatur sesuai dengan kebutuhan bisnis UMKM. Pengaturannya meliputi jenis penggunaan Virtual Account, limit penerimaan uang serta berapa kali penggunaan akun tersebut.

Pelanggan Dapat Melakukan Transfer dari Akun Bank yang Berbeda dengan Penjual

Dari sisi pelanggan, penggunaan Virtual Account dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan saat melakukan pembayaran! Mengapa demikian?

Salah satu keunggulan terbesar dari Virtual Account adalah pelanggan tidak perlu memiliki rekening bank yang sama dengan rekening milik bisnis UMKM. Fitur dari Virtual Account ini tentunya akan mempermudah pelanggan untuk melakukan transfer serta membantu meningkatkan penerimaan pembayaran. 

Sudah jelas kan pentingnya kegunaan Virtual Account untuk bisnis UMKM? Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan kamu tentang metode pembayaran virtual ini, ya!

Berbicara tentang Virtual Account, kamu harus tahu layanan Virtual Account terbaik untuk bisnis kamu. Layanan VA yang dapat kamu andalkan adalah OY! Virtual Account dari OY! Bisnis. 

Yuk, kenali lebih dalam tentang OY! Virtual Account!

Tingkatkan Performa Pembayaran Bisnis dengan OY! Virtual Account

bisnis umkm

OY! Indonesia menghadirkan OY! Bisnis sebagai solusi pembayaran bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh semua pemilik bisnis, termasuk UMKM. Kini, pemilik bisnis UMKM dapat meningkatkan efisiensi bisnis UMKM dengan OY! Virtual Account yang dihadirkan oleh OY! Bisnis, loh!

OY! Virtual Account akan memudahkan kamu dalam membuat nomor Virtual Account sendiri. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan kustomisasi nomor VA yang diinginkan. 

Virtual Account yang dihadirkan oleh produk OY! Virtual Account pun berasal dari bank populer di Indonesia sehingga memudahkan pelanggan untuk membayar sesuai dengan bank miliknya. Lalu, setiap transaksi yang berhasil dilakukan nantinya bisa langsung kamu pantau melalui satu dashboard berbasis web. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam melakukan rekonsiliasi data.

OY! Virtual Account yang dimiliki oleh OY! Indonesia tentunya sangat dibutuhkan bagi kamu yang ingin meningkatkan performa penjualan bisnis UMKM. Sebab, kamu dapat menerima pembayaran secara real time 24/7, termasuk pada hari libur sekali pun!

Bagi kamu yang ingin menggali informasi mengenai cara OY! Indonesia membantu mengembangkan bisnis UMKM, cari tahu informasinya di sini.  


Tunggu apa lagi? Daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis sekarang untuk menikmati kemudahan dalam bertransaksi dengan OY! Virtual Account dan produk OY! Bisnis lainnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang